TIPS Mendapatkan Foto Bagus Lewat Smartphone

0

Smartphone Android saat ini sudah mendukung kalian untuk menjadi fotografer yang handal. Smartphone android ini sudah didesain menggunakan resolusi kamera yang pasti mumpuni di bidangnya. 

Apabila kalian memahami cara melakukan pemotretan yang bagus hanya dengan smartphone Android, hasilnya mungkin serupa dengan foto-foto yang dihasilkan fotografer profesional di luar sana. 

Kemudian bagaimana cara kalau kalian bisa mendapatkan foto bagus dan berkualitas hanya dengan smartphone? Tidak terlalu sulit sebenarnya. Kalian juga bisa mengikuti cara berikut agar bisa memotret dengan baik.

Tips Mendapatkan Foto Bagus Lewat Smartphone

  1. Menggunakan Bantuan Cahaya dari Belakang atau dari Samping

Ini adalah teknik memotret paling sederhana. Caranya dengan mempertimbangkan arah cahaya smartphone kalian sebelum memotret. 

Cahaya lampu atau matahari saat memotret juga membantu objek foto kita jadi lebih tajam, terlihat terang, dan mencolok. 

Lebih bagus lagi jika cahaya yang datang berasal dari belakang objek foto kalian. Selain membuat foto foto jadi terlihat lebih terang, pantulan cahaya akan menambah estetika keindahan foto yang kita hasilkan.

Dengan demikian, kita juga harus peka terhadap adanya cahaya di sekitar objek yang akan kita foto.

 

  1. Cari Fokus dengan Mendekati Objek Foto

Biasanya saat kalian memakai smartphone Android, salah satu kelemahannya adalah resolusi. Ketika kalian memakai fitur zoom yang ada di smartphone Andorid, umumnya resolusi akan menurun. Hasilnya, foto kalian akan terlihat lebih buram dan tidak akan cerah.

Cara fokusnya bagaimana? Bisa kalian lakukan dengan cara mendekatkan smartphone atau layar kamera ke objek yang akan kita foto. 

Dengan cara manual begini, resolusi kalian tidak berkurang dan foto yang dihasilkan jadi lebih maksimal.

  1. Stabilkan Tangan

Sebenarnya, untuk memotret bagus menggunakan kamera smartphone Android itu tidak sulit. Selain harus memilih smartphone dengan fitur kamera yang canggih, kalian juga harus bisa menstabilkan tangan saat melakukan pemotretan.

Kalau tangan kalian bergetar atau goyang, hasil fotonya akan jadi blur. Lebih bagus lagi kalau kalian memakai tripod kamera smartphone.

Tripod kamera smartphone ini akan menjaga kestabilan smartphone kalian sehingga bisa memotret objek foto dengan maksimal tanpa adanya getaran atau goyangan sedikit pun.

 

  1. Atur Shutter Speed Kamera

Mengatur Shutter Speed Kamera juga menjadi pilihan bagus untuk kalian yang ingin mendapatkan hasil jepretan berdasarkan cahaya yang diserap oleh kamera smartphone.

Cara mengatur shutter speed pada kamera Andorid cukup mudah. Kalian bisa memakai bantuan aplikasi kamera yang sudah tersedia di Google Play Store saat ini. Download aplikasi kamera tersebut kemudian cari fitur atau tool ‘Suhtter’ pada aplikasi yang kalian download tadi. Setelah itu, pilihlah kecepatan maksimalnya. Seperti 2 detik, 1 detik, atau 5 detik. 

Perlu kalian ketahui, semakin cepat lama kecepatan shutter speed, maka kamera smartphone akan menyerap banyak cahaya. Sedangkan ketika semakin cepat shutter speed maka kamera smartphone akan mampu menyerap sedikit cahaya.

Kalau sudah selesai, potret objek foto seperti biasa dan kamera smartphone kalian akan mempunyai kecepatan shutter sesuai dengan apa yang sudah kalian atur sebelumnya ya, Gaes.

 

  1. Atur Fitur ISO

ISO merupakan sebuah fitur dalam smartphone kamera Android yang berguna untuk mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera smartphone kalian pada cahaya.

Semakin tinggi ISO, maka semakin tinggi tingkat sensitivitas lensa pada cahaya dan sebaliknya. 

Pengaturan ISO sendiri bergantung pada cahaya di sekitar objek. Kalau cahaya di sekitar objek cukup, maka kalian bisa mengatur ISO ke tingkat yang rendah.

Dengan demikian, kalian bisa mengurangi noise dalam foto. Sebaliknya, ketika objek berada di area yang cahayanya minim, aturlah ISO ke tingkat yang lebih tinggi. Ini berguna untuk objek foto terlihat dengan jelas. Kelemahannya, kalian akan melihat banyak noise pada hasil foto, karena semakin tinggi ISO, maka akan makin meningkatkan kontras.

 

  1. Matikan atau Nyalakan HDR pada Saat yang Tepat

Pasti kalian sudah tahu istilah HDR karena terbaca jelas saat membuka kamera. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkan atau menon aktifkan HDR di kamera smartphone Android?

HDR atau High Dynamic Range dipakai untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan lebih dinamis. Ketika kalian mengaktifkan fitu HDR, maka kamera smartphone otomatis akan meningkatkan pencahayaan sesuai kebutuhna dan kondisi di sekitar objek foto tersebut.

Biasanya, saat HDR kalian aktifkan, maka foto yang kalian hasilkan jadi lebih terang atau cerah. 

Untuk kalian para pemula dalam penentuan sudut pencahayaan, fitur HDR ini sangat terasa manfaatnya.

 

  1. Menggunakan Smartphone Android yang Tepat

Gaes, memang sih tidak semua smartphone Android tepat untuk memotret, khususnya untuk tujuan fotografi yang profesional. Kalian harus menggunakan smartphone Android yang bagus dengan fitur kamera yang canggih agar hasilnya jadi maksimal.

Beberapa smartphone Android seperti Huawei P30 Pro, Apple iPhone 11 Pro Max, Samsung Galaxy Note 10+, dan juga OPPO Reno 10x zoom sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat hasil foto serupa atau setara dengan hasil fotografer profesional lewat smartphone Android.

 

  1. Memahami Komposisi

Saat kalian memahami komposisi, maka foto kalian akan jadi lebih artistik. Ada berbagai komposisi yang bisa kalian aplikasikan saat melakukan pemotretan. Misal, kalian bisa memotret dengan fokus bentuk, warna, atau garis yang unik di sekitar objek foto agar hasilnya nanti lebih kuat dan menarik perhatian.

Kalian juga bisa menampilkan komposisi yang mudah dan sederhana. Untuk objek foto tertentu, komposisi seperti ini justru membuat hasil foto jadi lebih menarik dan artistik.

Kalian bisa mengurangi beberapa hal yang mungkin saja bisa mengganggu keindahan foto kalian. Kalian dapat menghilangkan, menutupi, atau memindahkan sudut pemotretan agar hal yang dirasa tidak perlu tidak akan ada di dalam foto kalian.

 

  1. Merawat Smartphone

Sebuah smartphone jika tidak ada perawatan yang baik, maka kualitas smartphone Android kalian, termasuk kualitas kameranya akan turun. Oleh karena itu, kalian juga harus mengerti bagaimana cara merawat smartphone agar performanya terus terjaga dengan baik.

Misalnya, kalian harus bisa menghindarkan smartphone kalian dari benturan keras, utamanya di bagian yang dekat kamera smartphone. Selain hal tersebut, kalian juga harus selalu membersihkan smartphone dengan kain lembut secara perlahan, terutama bagian lensa kamera. Dengan demikian, debu yang menempel akan bersih dan kalian nanti bisa mendapatkan foto terbaik

Demikian sembilan tips mendapatkan foto yang bagus versi saya. Semoga bisa bermanfaat, dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.