Tips Mengaktifkan Smart Sidebar di Smartphone OPPO Terbaru

ColorOs memang menjadi antarmuka andalan OPPO yang mempunyai cukup banyak fitur menarik. Salah satunya adalah Smart Sidebar yang rilis sejak ColorOs 6.

0

Salah satu perangkat smartphone yang kemudian banyak diminati karena mempunyai spesifikasi tangguh dan mumpuni performanya adalah OPPO.

Perangkat smartphone sampai saat ini menjadi alat yang dapat membantu berbagai kegiatan sehari-hari banyak orang. Mulai dari menjalin relasi, bisnis, belajar jarak jauh, sampai menyelesaikan banyak project besar lainnya.

Salah satu perangkat smartphone yang kemudian banyak diminati karena mempunyai spesifikasi tangguh dan mumpuni performanya adalah OPPO.

ColorOs memang menjadi antarmuka andalan OPPO yang mempunyai cukup banyak fitur menarik. Salah satunya adalah Smart Sidebar yang rilis sejak ColorOs 6. Fitur ini adalah sebuah panel melayang yang berisi pintasan aplikasi.

Dengan hadirnya fitur ini, akses ke sejumlah tools dan aplikasi kemudian jadi lebih cepat, misalnya screenshot, screen recorder, dan sebagainya. 

Kalian juga dapat melakukan kustomisasi isi Smart Sidebar dengan meletakkan aplikasi sesuai kemauan kalian.

Bermanfaat sebagai akses cepat, Smart Sidebar menjadi fitur yang wajib kalian aktifkan. Kalian pun dapat memasukkan aplikasi yang sering kalian pakai, misalnya aplikasi chat dan sosial media ke dalam panel Smart Sidebar.

Apabila diaktifkan, diaktifkan, Smart Sidebar akan muncul di bagian samping layar kiri. Smart Sidebar akan berbentuk garis kecil apabila sedang tidak dipakai. Kalian juga dapat memindahkan garis tersebut ke atas atau ke bawah, juga ke sisi layar lainnya.

Lalu bagaimana caranya untuk dapat mengaktifkan Smart Sidebar di perangkat smartphone OPPO?

Tidak perlu khawatir, Gaes. Caranya sangat mudah kok. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan Smart Sidebar di OPPO Terbaru

Pada dasarnya untuk dapat mengaktifkan smart sidebar di perangkat smarpthone Oppo terbaru adalah pekerjaan yang sangat mudah. 

Kalian dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara pergi ke menu Setting atau Pengaturan. 

Jika sudah, maka selanjutnya silahkan kalian pilih Alat Serba Guna. Setelah itu langsung saja tap opsi Smart Sidebar. Yang terakhir, kalian hanya perlu mengaktifkan Smart Sidebar.

Sampai di langkah terakhir di atas kalian telah berhasil mengaktifkan Smart Sidebar di perangkat smartphone OPPO kalian. Panel Smart Sidebar secara default akan tampil di sisi kanan layar.

Berikutnya, kalian dapat mengatur tampilan garis panel Smart Sidebar. Terdapat tiga pilihan yaitu BeningBawaan dan Buram. Kalian dapat menyesuaikan seberapa jelas garis Smart Sidebar tampil di bagian samping layar.

Sementara itu, untuk memindahkan garis Smart Sidebar kalian bisa melakukannya dengan cara tap dan tahan garis sambil diseret ke bagian tengah layar sampai garis tersebut dapat dipindahkan.

Di samping itu, kalian dapat juga memilih aplikasi apa saja yang akan kalian masukkan ke dalam panel Smart Sidebar. Kalau di panel ditemukan ikon aplikasi dengan tanda hijau. Maka, aplikasi tersebut akan terbuka di tampilan pop-up apabila ditarik ke tengah layar.

Untuk kalian para pengguna Realme, cara mengaktifkan Smart Sidebar di perangkat smartphone Realme juga sama dengan OPPO. Walaupun terdengar beda antara Realme UI dan ColorOS. Tetapi, sejumlah pengaturan masih sama antara keduanya.

Itu tadi artikel tentang cara mengaktifkan sidebar di smartphone OPPO.

Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi.Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.