Tips Mengaktifkan USB Debugging di Semua Android

0

Android merupakan salah satu sistem yang Open Sources, dimana semua orang dapat mengubah atau mengembangkan aplikasi-aplikasi sendiri tanpa harus ada persetujuan dari pihak Android itu sendiri. Bahkan dengan Root, semua aktifitas di Android bisa dikontrol penuh tanpa halangan dan hambatan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengaktifkan USB debugging di smartphone Android. Apa itu USB Debugging?

Baca Juga : Cara Backup Data Android Dengan Aplikasi Helium Tanpa Root

Fitur dari USB Debugging sebenarnya sudah ada di semua perangkat Android dari yang pertama sampai yang paling baru sekarang. Fungsi Utama USB Debugging yaitu membangun jembatan dari antara perangkat Android dan PC memakai Android SDK (Software Development Kit).

Opsi ini memang hanya untuk para pengembang aplikasi android atau developers android saja, Tidak semua orang bisa dengan mudah memakai fitur USB Debugging.

Biasanya, bagi pengguna yang ingin melakukan root melalui PC pastinya harus mengaktifkan Mode USB Debugging, hal inilah yang harus kalian lakukan sebagau pengguna Android untuk mengaktifkan USB Debugging melalui Smartphone Android.

Baca Juga : 3 Cara Menghubungkan Layar Smartphone ke Laptop tanpa Root

Di samping ntuk mengakses RootUSB Debugging juga dipakai oleh para developers dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi tertentu, memasang custom ROM, memodifikasi ROM, atau sampai membangun ROM milik developers itu sendiri.

Yang utama adalah USB Debugging bertujuan untuk menyambungkan sistem Android dengan PC agar bisa membaca dan menulis sistem Android.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android

Semua smartphone Android sudah dibekali dengan Fitur USB Debugging yang tersembunyi dan mungkin belum kalian ketahui.

Baca Juga : Semua Tentang USB Type C yang Harus Diketahui

Cara yang akan saya bagikan bisa kalian terapkan pada semua perangkat Android. Mulai dari SAMSUNG Galaxy, OPPO, Lenovo, ASUS ZenFone, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, Smartfreen Andromax, Advan, Sony Experia, dan lain-lain.

Untuk OS nya sendiri caranya akan sedikit berbeda tapi pada dasarnya tetap sama, entah itu Gingerbread, Jelly Bean, Ice Cream Sandwich, Kitkat, Lollipop, Marsmallow, Nougat, Oreo, dan seterusnya. 

Langsung simak bareng saja kuy!

Aktifkan Fitur Developers Options

Developers Options adalah salah satu fitur tersembunyi yang ada pada smartphone Android. Fitur ini dimanfaatkan bagi para pengembang aplikasi Android.

Sebelum kalian mengaktifkan USB Debugging, kalian harus mengaktifkan fitur Developers Options

Baca Juga ; Cara Mengetahui Fungsi dan Pengguna USB OTG

Masuklah ke menu Settings, lalu klik Tentang Ponsel, tap opsi Nomor Bentukan. Klik sebanyak 7x sampai ada pilihan untung mengembang (Developers Options) tampil di bagian pengaturan.

Aktifkan USB Debugging

Saat kalian sudah berhasil tap nomor bentukan atau Build Number sebanyak 7 kali, langkah berikutnya adalah dengan mengaktifkan USB debugging dengan cara centang. 

Nanti di bagian Pengaturan, kalian sudah selesai tap Nomor bentukan sebanyak 7 kali maka kalian muncul Opsi Pengembang. Tap “Opsi Pengembang” lalu centang pada bagian “USB Debugging” untuk mengaktifkannya. Masukkan Password jika kalian diminta untuk memasukkan.

Itulah cara paling mudah mengaktifkan mode USB debugging Android. Cara di ATAS DAPAT KALIAN terapkan pada Android KitKat 4.4.2, 4.4.4 atau yang lebih tinggi. Setiap Android mungkin akan berbeda, tapi pada dasarnya tetap akan sama.

Baca Juga : Apa itu USB OTG

Sesudah kalian berhasil mengaktifkan USB febugging, kalian bisa langsung mentranfer atau menyambungkan antara Android dengan PC atau komputer.

Itulah cara singkat mengaktifkan USB Debugging di smartphone android dari saya. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semua. 

Apabila ada sesuatu yang ingin kalian tanyakan, tulis saja melalui kolom komentar di bawah ini.

Salam teknologi, Gaes! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.