Tips Mengaktifkan Windows Defender

Windows Defender sendiri adalah sebuah program antivirus bawaan sistem, yang secara default telah terpasang di Windows 8 dan Windows 10.

0

Windows Defender sendiri adalah sebuah program antivirus bawaan sistem, yang secara default telah terpasang di Windows 8 dan Windows 10.

Apakah kalian sedang bingung mencari tahu bagaimana cara mengaktifkan Windows Defender? Tidak perlu khawatir, Gaes. Kalian bisa menemukan tipsnya disini.

Sebagaimana kalian sudah tahu. Apabila kalian adalah seorang pengguna Windows 8 dan Windows 10, seharusnya kalian sudah tahu tentang Windows Defender, Gaes.

Windows Defender sendiri adalah sebuah program antivirus bawaan sistem, yang secara default telah terpasang di Windows 8 dan Windows 10.

Antivirus ini bisa dibilang sangat membantu, sebab programnya yang cukup ringan, sekalipun untuk komputer dengan spesifikasi rendah.

Jadi, bagaimana cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 10?

Sebenarnya, Windows Defender itu sudah otomatis menyala. Hanya saja, bagaimana jika posisinya sekarang di komputer kalian nonaktif? Contohnya kalian pernah mematikannya, lalu lupa cara menghidupkannya kembali.

Apabila kalian bingung, kalian bisa mengikuti beberapa langkah menyalakannya lagi di bawah ini.

Melalui Settings

Settings disini yaitu halaman pengaturan bawaan di Windows 10, atau lebih sering dikenal dengan sebutan Control Panel (meskipun Control Panel sebenarnya masih ada lagi).

Untuk mengaktifkan Windows Defender, tap tombol Start pada taskbar Windows, lalu klik icon gear yang ada di sana.

Berikutnya, di sana akan ada banyak menu. Silakan cek bagian bawah, lalu klik menu Update & Security.

Pada menu berikutnya, tap pada kolom Windows Security atau Windows Defender, kemudian masuk ke menu Virus Protection. Dan tap opsi Manage Settings di sana.

Nantinya akan tampil jendela baru. Silakan aktifkan Real-Time Protection.

Real-Time Protection merupakan menu pengaturan untuk mengaktifkan Windows Defender, sehingga dapat melindungi sistem dari virus.

Pengaturan ini akan berguna, mau itu dalam kondisi online ataupun offline.

Umumnya, Windows Defender menjadi tidak berfungsi disebabkan posisi pengaturan ini masih off. Dengan mengaturnya jadi on, secara otomatis proteksi akan kembali aktif.

Tambahan info, Cloud-Based Protection dapat juga diaktifkan. Pengaturan ini ditujukan sebagai proteksi virus khusus online.

Lewat Group Policy

Group Policy merupakan sebuah halaman khusus, yang mana di dalamnya ada puluhan hingga ratusan pengaturan terkait sistem Windows.

Untuk beberapa situasi, Windows Defender yang tidak aktif hanya dapat dihidupkan kembali lewat pengaturan Group Policy ini.

Langkah pertama, di kolom search, silakan ketik “Edit Group Policy“, lalu buka hasilnya.

Ingat, group Policy ini nama lain dari perintah gpedit.msc. Langkah lain untuk membukanya, dapat dengan tap tombol Windows + R , lalu ketik “gpedit.msc” dan tap OK.

Jika sudah, masuk ke menu direktori Real Time Protection. Lalu tap folder Real-Time Protection tersebut. Cek di bagian kanan dan cari pengaturan Turn off Real-Time Protection. Klik kanan pengaturan tersebut, kemudian tap Edit.

Silakan ganti pengaturan menjadi Not Configured, kemudian tap lagi tombol Apply.

Sesudah pengaturan diterapkan, coba restart dulu komputer. Lalu, coba cek Windows Defendernya.

Windows Group Policy ini hanya dapat aktif di Windows 10 Pro saja. Untuk pengguna Windows 10 Home, nanti menu Group Policynya tidak dapat ditemukan.

Mengaktifkan Windows Defender yang “Turn Off by Group Policy”

Situasi ini sebenarnya memang tidak sering. Karenanya, saat Windows Defender ingin diaktifkan, tampil pesan “Windows Defender is turned off by Group Policy“.

Untuk mengaktifkannya bukan lewat Group Policy, tetapi secara khusus melalui Regedit (pengaturan registry) di Windows.

Cara ini bisa diterapkan di semua versi Windows 10. Bukan hanya versi pro, tetapi Windows 10 Home juga.

Pertama-tama, silakan tap tombol Windows + R secara bersamaan, untuk membuka menu Run.

Berikutnya, ketik “regedit“, lalu tap OK.

Setelah itu, masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE dan tap Software lalu klik Policies dan tap Microsoft, kemudian tap Windows Defender dan klik dua kali pada kolom DisableAntiSpyware.

Pada kolom Modify data ini, silakan isi nilai 1, lalu tap OK.

Sesudah itu, kalian dapat membuka kembali Windows Defender seperti biasa. Dengan begitu, Windows Defender akan mulai aktif secara otomatis. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.