Tips Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Mulai dengan menghentikan program lewat Task manager

0

Masalah aplikasi not responding di Windows baik 7, 8 dan 10 ada banyak penyebabnya. Di antaranya karena aplikasi bermasalah dan file sampah menumpuk,

Pernah merasa kesal karena kalian tidak dapat menjalankan aplikasi di Windows karena ada pesan not responding? Tenang, kalian bisa mengatasinya dengan tips ampuh disini.

Masalah aplikasi not responding di Windows baik 7, 8 dan 10 ada banyak penyebabnya. Di antaranya karena aplikasi bermasalah, file sampah menumpuk, banyak aplikasi berjalan di background, laptop overheat, over multitasking, kapasitas RAM rendah. Bisa juga eror pada harddisk, terkena malware, atau sebab lainnya.

Masalah ini memang sering dialami oleh banyak pengguna. Kemudian bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Mulai dengan menghentikan program lewat Task manager, menghapus program, mengurangi aktivitas multitaskingupdate program, sampai melakukan upgrade Hard Disk ke SSD. 

Berikut penjelasannya.

Hentikan Program Not Responding

Tips pertama dengan menghentikan paksa program not responding lewat fitur Task Manager. Tips ini menjadi yang paling banyak dilakukan pengguna Windows saat not responding. 

Langkah awal, klik kanan di Taskbar lalu tap Task Manager. Atau bisa juga dengan mengetikkan Task Manager di Start menu Windows.

Kemudian temukan dan pilih program yang not responding tersebut. Klik program dan tap End Task untuk menghentikan program.

Selesai menutup program secara paksa, buka kembali program tersebut dan semoga sudah normal kembali.

Uninstall Program Penyebab Not Responding

Banyaknya software atau program terinstall pada PC atau laptop juga meningkatkan pemakaian sumber daya (resource). Semakin banyak resource yang digunakan menjadikan PC lemot, sering macet, sampai not responding. Karena itu, hapus program yang tidak penting dan tidak pernah dipakai. 

Kalian bisa menghapus program lewat App & Features. Tap Start menu dan klik Settings lalu tap Apps. Kemudian klik App & features.

Jika sudah, temukan dan pilih program yang ingin kalian hapus. Tap Uninstall dan konfirmasi dengan Uninstall untuk menghapus program. Lalu ikuti proses penghapusan program sampai selesai.

Kurangi Aktivitas Multitasking

 Saatmembuka beberapa program sekaligus pastikan kembali bahwa sumber daya PC kalian mencukupi untuk melakukannya. Utamanya ketika membuka program yang cukup berat. Pertimbangkan kembali untuk membuka program secara bersamaan.

Kalau spesifikasi PC kalian standar, usahakan program yang dijalankan tidak lebih dari 3 aplikasi. Alternatif lain kalau ingin PC kalian dapat menjalankan banyak program sekaligus, upgrade ke SSD dan tambah kapasitas RAM.

Kurangi Pemakaian Widget dan Animasi Windows

Widget dan Animasi juga perlu resource RAM untuk bisa berjalan. Akan lebih baik saat resource RAM dipakai untuk program yang lebih penting dan lebih banyak dipakai. Karena itu, kalau kalian sudah memasang Widget dan Animasi, lebih baik hapus semua Widget tersebut.

Matikan Program yang Berjalan saat Startup

Tips berikutnya, coba matikan semua program yang berjalan di startup untuk meringankan beban sistem. 

Walau program startup berjalan bersamaan saat booting Windows. Tapi ketahuilah, program tersebut juga berjalan di latar belakang untuk melakukan update dan scanning sistem sesuai fungsi dari program tersebut.

Karena itu matikan program yang berjalan saat start up.

Update Program Tersebut

Kalian bisa coba update program yang sering not responding tersebut. Mungkin, di samping karena faktor sumber daya PC, bisa jadi software atau program tersebut memang belum stabil. 

Untuk melakukan update, setiap program pasti punya fungsi update yang berbeda-beda, untuk itu kalian perlu menyesuaikan dengan program yang kalian pakai. 

Update Sistem Operasi Windows

Update sistem juga perlu, Gaes. Khusus untuk program Windows (semua produk Microsoft) umumnya juga ikut diperbarui. 

Mungkin saja sistem yang tidak stabil membuat program terinstall bermasalah misalnya macet, hang, maupun not responding. Untuk melihat ketersediaan update Windows, cek lewat Update & Security. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.