Tips Mengatasi Data Selular Tidak Muncul di Android

Masalah ini tidak melihat dengan kartu apa yang digunakan, seperti im3, telkomsel, 3, xl, dan provider lainnya. Begitu juga kejadiannya, terjadi begitu tiba-tiba.Data seluler tidak ada di smartphone android, ada beberapa penyebabnya. Akan tetapi yang paling sering kalian jumpai dalam hal ini adalah “kesalahan sistem dalam membaca fungsi dari data selulernya”.

0

Saat berlibur di hari raya seperti hari raya idul fitri, natal, dan yang lainnya ada saatnya ketika ingin internetan tiba-tiba data selular tidak muncul di smartphone.Karenanya, ikon data selulernya yang biasa muncul sekarang menjadi tidak muncul. Dan ketika kalian coba untuk internetan dan bermain game, internet menjadi tidak bisa.

Saat berlibur di hari raya seperti hari raya idul fitri, natal, dan yang lainnya ada saatnya ketika ingin internetan tiba-tiba data selular tidak muncul di smartphone.

Karenanya, ikon data selulernya yang biasa muncul sekarang menjadi tidak muncul. Dan ketika kalian coba untuk internetan dan bermain game, internet menjadi tidak bisa.

Masalah ini tidak melihat dengan kartu apa yang digunakan, seperti im3, telkomsel, 3, xl, dan provider lainnya. Begitu juga kejadiannya, terjadi begitu tiba-tiba.

Data seluler tidak ada di smartphone android, ada beberapa penyebabnya. Akan tetapi yang paling sering kalian jumpai dalam hal ini adalah “kesalahan sistem dalam membaca fungsi dari data selulernya”.

Untuk mengatasi masalah ini  ternyata ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Caranya pun terbilang cukup mudah.

Nyala dan matikan berulang kali

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mencoba untuk menyalakan dan mematikan data selularnya berulang kali.

Begini caranya. Kalian nyalakan lalu tunggulah sampai beberapa menit (kira-kira 3 – 5 menit), kemudian kalian matikan data selulernya, dan nyalakan kembali.

Nanti kalau sudah muncul terus-menerus jangan teruskan cara ini.

Matikan Smartphone dan Cabut Kartu

Apabila sudah melakukan cara di atas tetapi tidak bisa juga maka langkah berikutnya adalah mematikan smartphone lalu cabut kartu SIM.

Tunggulah kira-kira 10 menit atau bisa juga kurang.

Memakai Mode Pesawat

Langkah berikutnya adalah memakai mode pesawat. Umumnya cara yang satu ini berhasil kalian lakukan ketika mematikan smartphone tidak bisa juga.

Langkahnya, kalian matikan data seluler smartphone kemudian silahkan hidupkan mode pesawat. Tunggu sampai beberapa saat dan silahkan nyalakan kembali internetnya.

Mengatur APN

Dari beberapa penyebab yang sering dijumpai, salah satu penyebabnya adalah salah mengatur APN. Kalian bisa mencoba untuk mengecek apakah APN-nya benar atau tidak.

Pertama-tama, pergilah terlebih dahulu ke Setelan atau Settings yang ikon gerigi. Sesudah itu pilih SIM Cards & mobile networks

Kemudian berikutnya pilih SIM card pada bagian SIM card setings. Nanti di bagian Cellular Network klik Acces Point Names. Setelah itu akan terlihat daftar APN di bagian general dan MMS

Untuk menjadi seperti semula, tap opsi reset di paling bawah. Yang terakhir, untuk memperlancar perbaikan silahkan restart smartphone.

Factory Data Reset

Apabila semua cara di atas masih belum berhasil, maka kalian bisa  melakukan reset pabrik atau biasa disebut juga factory data reset.

Mungkin saja ada konfigurasi pengaturan di smartphone yang membuat kesalahan ini sulit untuk diperbaiki. Kalau begitu maka lakukanlah reset pabrik.

Sistem reset pabrik ini tugasnya membuat smartphone menjadi seperti awal. Itu artinya akan membuat seluruh data yang ada di smartphone (internal memori akan terhapus semua).

Yang harus kalian catat, sebelum melakukan hal ini harus di backup terlebih dahulu data-data yang ada di memori internal.

Kalau sudah, Kalia bisa masuk ke settings. Lalu klik Cadangkan dan reset. Kemudian tap opsi “reset data pabrik/kembalikan hp ke pengaturan pabrik” (factory data reset).

Nantinya  kalian akan ada diarahkan untuk melakukan reset pabrik, ikuti saja.

Setelah itu biasanya smartphone akan restart dengan sendirinya. Tunggu sampai selesai.

Beli kartu dan daftarkan ke 4444

Kalau memang tidak bisa melakukan semua cara di atas kemungkinan karut yang dipakai memang ada masalah.

Baca Juga :

Selamat mencoba! Nah, dengan begini kalian dapat memperbaiki koneksi kalian sendiri tanpa harus memperbaikinnya ke konter. Kalian bisa melakukan ini secara berulang kali bila hal yang sama terjadi berkali – kali

Leave A Reply

Your email address will not be published.