Tips Mengatasi Database WhatsApp yang Membengkak Tiap Harinya

Apakah kalian pernah mendapatkan masalah yang sama? Ketika memory penyimpanan di smartphone kalian jadi cepat penuh? Salah satu penyebabnya adalah aplikasi Whatsapp. WhatsApp selain mudah dalam pemakaian, ia juga menjadi pilihan bagi hampir 1 milyar lebih penggunanya di dunia saat ini. Bahkan kini, fitur dan layanannya pun terus ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan para penggunanya. 

0

Lalu, kenapa aplikasi WhatsApp yang jadi salah satu penyebab memory smartphone kalian penuh? Ya. Karena setiap ada masuk pesan, gambar, video, atau notes, maka semuanya akan tersimpan di penyimpanan internal smartphone kalian. Di samping itu, Whatsapp juga akan selalu melakukan backup, dengan begitu databasenya akan semakin lama semakin besar dan memenuhi sebagian memori smartphone kalian.

Apakah kalian pernah mendapatkan masalah yang sama? Ketika memory penyimpanan di smartphone kalian jadi cepat penuh? Salah satu penyebabnya adalah aplikasi Whatsapp.

WhatsApp selain mudah dalam pemakaian, ia juga menjadi pilihan bagi hampir 1 milyar lebih penggunanya di dunia saat ini. Bahkan kini, fitur dan layanannya pun terus ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan para penggunanya. 

Lalu, kenapa aplikasi WhatsApp yang jadi salah satu penyebab memory smartphone kalian penuh? Ya. Karena setiap ada masuk pesan, gambar, video, atau notes, maka semuanya akan tersimpan di penyimpanan internal smartphone kalian. Di samping itu, Whatsapp juga akan selalu melakukan backup, dengan begitu databasenya akan semakin lama semakin besar dan memenuhi sebagian memori smartphone kalian.

Tidak bisa dipungkiri jika sampai saat ini setiap pengguna smartphone akan dominan memilih aplikasi Whatsapp sebagai media komunikasi dengan orang lain maupun berinteraksi lewat grup. Dan semakin banyak teman dan grup yang kalian ikuti, semakin cepat penuh juga memory penyimpanan smartphone kalian, Gaes.

Karena itulah, kalian juga wajib untuk menghapus gambar atau video supaya penyimpanan smartphone kalian menjadi lega lagi. 

Di sisi lain, di folder WhatsApp ini kalian juga akan menemukan file databse dengan nama msgstore.db.crypt. Dimana file ini akan bertambah besar setiap hari, bahkan bisa saja mencapai 1-2 GB.

File database tersebut adalah ahsil back up WhatsApp. Apakah kalian mengaktifkan maupun tidak mengaktifkan fitur backup otomatis Whatsapp tetap akan menyimpan file backup ini di penyimpanan internal di dalam folder Whatsapp Database.

Untuk mengatasinya, kalian bisa hapus file database ini supaya tidak menghabiskan ruang penyimpanan di smartphone.

Apakah akan tetap aman? Sepengetahuan saya sampai saat ini tidak ada masalah, dengan catatan kalian sudah melakukan back up sebelumnya ke Gmail untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu.

Tips Mengatasi Database WhatsApp yang Tiap Hari Bertambah Besar

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menghapus database WhatsApp.

Pertama-tama, back up data kalian terlebiih dahulu ke akun Gmail. Biasanya ada di menu Settings, kalian tinggal pilih melakukan backup harian, mingguan atau bulanan.

Jika kalian sudah melakukan backup, kalian bisa buka folder WhatsApp, klik opsi Database WhatsApp. Lalu Hapus database yang ingin kalian hapus. Klik OK.

Sebagai catatan, kalian harus melakukan back up pada akun Gmail yang sama. Jika tidak, maka kalian akan kesulitan saat ingin mengembalikan database baik berupa chat, gambar, atau video saat kalian berganti smartphone, atau terjadi masalah yang lain seperti smartphone hilang, dan sebagainya.

Selamat, sekarang kalian bisa menghemat ruang penyimpanan smartphone kalian.

Itu tadi tips untuk mengatasi database WhatsApp yang tiap hari bertambah besar. Jika kalian ada tips yang lainnya, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian, Gaes.

Jangan lupa untuk selalu update berita dan dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji yang bisa menjadi solusi masalah teknis kalian sehari-hari saat ini, review game terbaik untuk smartphone kalian dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Baca Juga :

Salam teknologi! Nah, dengan begini memori kalian tidak akan penuh dengan data base Aplikasi WhatsApp yang semakin hari semakin bertambah. Kalian dapat melakukan ini secara berulang kali pada smartphone kalian untuk menghilangkan memori database WhatsApp

Leave A Reply

Your email address will not be published.