Tips Mengatasi Driver Printer Tidak Dapat Diinstall

Print Spooler merupakan sebuah service pada Windows, yang berguna untuk membaca sekaligus melaksanakan perintah, supaya printer dapat berjalan normal.

0

Pada dasarnya ada beberapa penyebab driver tidak dapat diinstal. Tapi tenang saja, karena kalian bisa mengatsinya dengan mudah.

Biasanya saat menggunakan printer, kalian harus instal drivernya dulu agar bisa dipakai dan berjalan serta terdeteksi di Windows PC atau laptop kalian.

Tetapi, bagaimana jadinya jika kalian tidak dapat menginstall driver printer tersebut?

Tidak perlu cemas, kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut. Cek kuy!

Mengatasi Driver Printer yang Tidak Dapat Diinstal

Pada dasarnya ada beberapa penyebab driver tidak dapat diinstal. Tapi tenang saja, karena kalian bisa mengatsinya dengan mudah.

Cara ini juga dapat kalian terapkan di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Mengaktifkan Service Print Spooler

Print Spooler merupakan sebuah service pada Windows, yang berguna untuk membaca sekaligus melaksanakan perintah, supaya printer dapat berjalan normal.

Dari beberapa sumber yang dikumpulkan, Print Spooler ini penting untuk diaktifkan saat sedang menginstal driver printer.

Kalau tidak, maka printer tidak akan terdeteksi, sehingga proses instalasinya bermasalah.

Untuk mengaktifkannya, kalian bisa tap Start lalu ketik “Run” di kolom search dan buka hasilnya. Kemudian, ketik “Services.msc” di kolom Open pada Run, lalu tap OK.

Di sana kalian akan melihat banyak perintah service. Langsung geser ke bawah sampai menemukan Print Spooler. Kemudian, klik kanan di Print Spooler tersebut, dan tap Start.

Ingat, Gaes. Sesungguhnya, Print Spooler ini sudah otomatis aktif. Tapi bisa jadi service ini berubah menjadi nonaktif secara tidak sengaja.

Periksa Kabel USB Printer 

Ketika proses instalasi driver berlangsung, printer wajib dalam keadaan terhubung, supaya terdeteksi keberadaannya.

Hanya saja, tidak jarang ada juga masalah printer yang tidak terbaca Windows, akibatnya proses instalasi jadi error.

Masalah ini umumnya karena karena kabel belum terpasang dengan benar, atau ada masalah di USB-nya.

Untuk mengatasinya, cabut dan coba hubungkan kembali kabel printernya. Atau bisa ganti port tempat kabel USB terhubung.

Jika belum bisa, coba ganti kabel printernya.

Hapus File Pada Folder Printers

Di sistem Windows, ada folder khusus untuk printer yang akan menyimpan seluruh log dan data-data dari printer tersebut.

Kalian dapat menghapus file–file yang tersimpan di folder tersebut, untuk mengatasi driver printer yang tidak dapat terinstal.

Caranya, silakan nonaktifkan dulu Print Spooler di Services.msc. dengan langkah sama seperti cara nomor satu di atas, tapi sesudah klik kanan, klik opsi Stop.

Berikutnya, silakan pergi ke C: lalu tap Windows dan klik System32 lalu tap spool dan klik PRINTERS. Kalian dapat menghapus seluruh file yang tersimpan di sana.

Langkah terakhir, aktifkan kembali Print Spooler lewat menu Service (sama seperti sebelumnya). Jika sudah, coba tes install driver kembali

Ganti Versi Driver Printer

Pada umumnya banyak yang langsung install driver langsung dari DVD bawaan printer tersebut.

Tapi kalau driver dari DVD bawaan tersebut tidak dapat diinstall, kalian dapat coba juga untuk mengganti driver printernya.

Cara ini banyak dilakukan saat versi Windows yang dipakai tidak mendukung lagi dengan versi driver yang akan diinstal.

Pertama-tama, cari driver lain yang sesuai, di situs resmi dari printer yang digunakan. Usahakan untuk memakai versi driver yang terbaru.

Jangan lupa juga untuk mengambil driver yang sesuai dengan sistem operasi. Contohnya Windows 7 32 bit atau Windows 10 64 bit.

Reinstall Sistem

Apabila semua cara di atas masih belum berhasil, bisa jadi masalahnya dari sistem bukan driver.

Karena itu, beberapa hal yang dapat kalian lakukan di antaranya. Pertama, lakukan update di sistem PC atau laptop. Ini akan sangat membantu.

Kalau sesudah di-update tapi belum ada efek apa pun, coba lakukan restore sistem memakai Sistem Recovery.

JIka belum bisa, coba reinstall sistem kalian. Kalau kalian memakai Windows, perhatikan versi sistem yang digunakan, apakah 32bit atau 64bit. Ini harus disesuaikan dengan spesifikasi PC atau laptop kalian.

Alternatifnya, mungkin bisa juga pertimbangkan menggunakan versi Windows berbeda

Itu tadi tips mengatasi driver printer yang tidak bisa diinstal. Khususnya untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.