Tips Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

Banyaknya file sampah yang menumpuk di memori internal akan membuat kinerja smartphone android kalian jadi menurun.

0

Aplikasi publik misalnya Social & Messenger, Editor, dan Browser, berbeda dengan Aplikasi Game sehingga bisa dipastikan yang membuat aplikasi keluar sendiri itu.

Kalian pernah mengalami ketika sedang asyik main game tiba-tiba keluar sendiri atau close tiba-tiba? Pasti sangat mengesalkan bukan?

Biasanya, aplikasi publik misalnya Social & Messenger, Editor, dan Browser, berbeda dengan Aplikasi Game sehingga bisa dipastikan yang membuat aplikasi keluar sendiri itu, antara lain ada file aplikasi yang rusak, smartphone terlalu Panas (Overheat), Ram penuh dan banyak lagi sebab lainnya.

Kemudian bagaimana cara mengatasinya? Langsung cek kuy!

Hapus Cache Game

Sebelum kalian melakukan cara yang lain, paling utama dan penting pada smartphone agar kinerjanya tetap optimal, khususnya saat bermain game yaitu dengan membersihkan file sampah atau file cache di perangkat Android kalian. 

Banyaknya file sampah yang menumpuk di memori internal akan membuat kinerja smartphone android kalian jadi menurun.

Di samping itu, membersihkan file sampah juga bisa membuat Game terlindungi dari force close dan macet tiba-tiba. 

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan masuk ke menu Settings, kemudian klik pada Pengaturan Tambahan dan menuju ke Manajemen Aplikasi. 

Jika sudah, cari nama aplikasi game tersebut lalu klik “Clear Cache“.

Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara kedua, kalian dapat menghapus data game Android kalian. Ini akan mengembalikan permainan ke posisi default, sama halnya dengan memasang game baru.

Hanya saja, semua riwayat permainan dan file bookmark kalian akan kembali di posisi awal. Semua cache dan database juga akan dihapus.

Pertama-tama, masuk ke menu Settings lalu klik Setelan Tambahan dan teruskan dengan tap opsi Manajemen Aplikasi. Setelah itu klik Nama”Aplikasi atau game” . Terakhir, klik “ Paksa Berhenti” dan “Hapus Data“.

Update Game

Cara lainnya yaitu dengan melakukan udpate game. Di samping mendapat pembaruan terbaru, kalian juga akan memperoleh fitur terbaru, dan juga kerusakan atau bug pada aplikasi game akan diperbaiki. 

Karena itu kalian harus melakukan update di game Android kalian supaya aplikasi game tidak keluar sendiri dan tidak memunculkan pesan pop up error.

Uninstall Game

Cara selanjutnya yaitu dengan cara uninstall pada aplikasi game tersebut. Lalu kalian bisa mendownload langsung lewat google play store.

Tapi sebelum itu,  kalian memastikan cache dan data game hilang semua sehingga proses download dan install sukses. Untuk menghapus aplikasi ini, masuk  ke menu Settings dan tap Setelan Tambahan. Lanjutkan dengan klik Manajemen Aplikasi, lalu tap opsi “ Nama Aplikdasi” dan klik “Uninstall“.

Update Android OS

Apabila OS Android kalian tidak kompatibel, disini kalian wajib melakukan pembaruan OS ke versi terbaru. Versi terbaru bisa lebih aman dari versi lama. Minimal OS Android kalian sudah ada di Kitkat, Lollipop, Marshmallow, atau baru-baru ini.

Aktifkan Sambungan Internet

Apabila game kalian tadinya keluar sebab sambungan internet yang lambat maka kalian bisa memutuskan sambungan dan menghubungkan kembali koneksi internet kalian. Carilah lokasi dengan kualitas sinyal yang baik dan tidak timbul tenggelam. 

Kalau ada area Wifi, coba sambungkan dengan Wifi yang ada, mungkin lebih cepat dari data internet kalian.

Factory Reset

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan yaitu melakukan factory reset. Tapi ingat, dengan cara ini maka smartphone kalian akan kembali ke pengaturan awal (Factory). Semua data aplikasi akan hilang, tapi smartphone Android akan kembali seperti baru membeli.

Sebelum factory reset atau hard reset,  kalian bisa backup semua data dan file dulu. Bisa dengan menggunakan google drive untuk mebackup semua datanya. 

Untuk melakukan factory reset, buka menu Settings lalu klik Addition. Lanjutkan dengan tap opsi Create Backup and Reset. Setelah itu klik” Clear Application Data and Unblocked Applications “. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.