Tips Mengatasi Gmail Lama Tidak Disinkronkan Secara Otomatis

0

Mungkin kalian sebagai pengguna gmail pernah mengalami gmail yang tidak bisa disinkronkan jika memakai android.

Hal ini adalah salah satu hal yang sudah biasa terjadi dan bahkan diantara kalian sudah banyak yang mengalaminya bukan?.

Apabila kalian mengalaminya, jangan khawatir dan jangan panik dulu. Masalah tersebut, bisa kalian atasi.

Akan tetapi sebelum dibahas lebih lanjut lagi, alangkah lebih baiknya membahas lebih dalam lagi tentang gmail dan juga android.

Email gmail dan juga android adalah dua hal yang saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Baca Juga : Cara Buat Email Baru Gmail Dengan Singkat

Untuk kalian para pengguna smartphone android, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan layanan surat elektronik gmail ini bukan?

Bahkan layanan ini bisa juga langsung otomatis ada di smartphone kalian.  Kemudian bagaimana kalian bisa melihat bahwa gmail ini tidak bisa sinkron dengan android?

Ciri-ciri Gmail Tidak Sinkronisasi

Ada beberapa tanda yang bisa kalian lihat ketika Gmail kalian tidak disinkronisasi. Berikut beberapa ciri dan tandanya.

Email mengalami kemacetan pada saat akan mengirim pesan, atau bahkan tidak dapat kalian pakai sama sekali untuk mengirim pesan. Kalian juga tidak bisa menerima pesan email baru yang masuk.

Ciri yang lain, kalian pun tidak bisa membaca email dan bahkan membukanya pun tidak bisa. Gmail tersebut juga tidak bisa memuat kotak masuk yang telah diterima.

Biasanya akan muncul bug “akun tidak bisa disinkronkan”. Selain itu, kalian juga tidak akan menerima notifikasi jika ada pesan baru yang masuk.

Baca Juga : Lupa Password Gmail

Tidak hanya itu saja, aplikasi yang kalian jalankan dalam smartphone juga akan sangat lambat. Dimana hal ini hanya akan menghambat dan membuat kenyamanan terganggu. 

Apabila kalian mengalami gangguan yang sudah disebutkan di atas, bisa dikatakan bahwa gmail kalian tidak sinkron dengan android kalian, Gaes.

Tips Sinkronisasi Gmail Secara Otomatis

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Gmail yang tidak sinkron secara otomatis. Caranya tentu dengan membuat akun gmail kalian tersinkronisasi otomatis. 

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengetes sambungan data koneksi internet kalian.

Kalian bisa membuka web browser dan mencoba membuka salah satu situs. Sebab jika perangkat telepon kalian tidak punya koneksi internet, tentunya gmail tidak bisa mensinkronkannya. 

Kalau masih belum bisa, kalian bisa mengecek juga mode pesawat. Pastikan mode pesawat kalian non aktif dan data seluler atau wifi kalian aktif. 

Apabila beberapa hal tersebut sudah dilakukan tetapi masih tetap saja, kalian bisa merestart ulang android kalian. 

Apabila kalian sudah mempunyai akses internet yang tidak bermasalah, pastikan sinkronisasi sudah aktif dan lakukanlah beberapa kali. 

Baca Juga : Cara Balas Pesan Otomatis Gmail dengan Vacation Responder di Android

Jangan lupa untuk menemukan sinkronisasi kalian dengan cara klik tombol ikon sinkronisasi pada smartphone android kalian.

Kalian dapat menemukannya di bagian layar utama kalian atau di pesan notifikasi yang bisa kalian lihat dengan cara menggesek bagian atas layar menuju ke bawah. 

Baca Juga : Cara Aktifkan Dark Mode di Gmail

Kalau kalian tidak menemukannya, kalian bisa melakukan penyetingan sinkronisasi dengan membuka setelan, kemudian klik opsi penggunaan data, tap opsi menu titik tiga, dan klik sinkronisasi data otomatis.

 

Masih belum bisa? Kalau begitu kalian perlu sinkronisasi gmail di smartphone dengan cara ini.

Pertama-tama, kalian harus pergi ke setelan atau pengaturan. Lalu pilih sinkron. Klik menu Google. Kemudian pilih email yang tidak bisa disinkronisasi.

Berikutnya pilih lainnya di bawah. Setelah itu hapus akun.

Sekarang kalian bisa masuk ke gmail. Nantinya otomatis kalian akan diminta login login. Silahkan login akun gmail yang sebelumnya sudah terhubung di android.

Baca Juga : Cara Mengirim Seluruh Isi Obrolan Whatsapp Melalui Gmail Ke Pengguna Lain

Setelah itu kalian bisa pergi ke kembali ke setelan dan pilih sinkron. Lihat ke atas, lalu aktifkan “otomatis sinkronkan data”.

Cara di atas khusus untuk smartphone Xiaomi. Kalau kalian memakai merk yang lain silahkan diimprovisasi.

Sebelum melakukan setelan ini pastikan bahwa opsi sinkronisasi kalian sudah aktif dan sudah tercentang.

Kalau belum, kalian bisa membuka aplikasi gmail, klik menu titik tiga atau tombol menu perangkat, kemudian pilih setelan, lalu pilih akun, dan centang opsi sinkronkan gmail.

Baca Juga : Cara Mengganti Nomor Smartphone Gmail

Apabila masih belum bisa juga, kalian bisa menghapus pesan dengan lampiran yang sangat besar yang mungkin tertahan di kotak keluar.

Atau bisa juga ruang penyimpanan pada perangkat kalian penuh dan perlu untuk dikosongkan. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi proses sinkronisasi gmail.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.