Tips Mengatasi Hasil Print Berbeda dengan Monitor

hal ini ternyata bisa mengganggu psikologis.  Apalagi untuk kalian para mahasiswa atau mahasiswi yang sedang ingin mencetak tugas akhir, maupun dari tugas dosennya yang saa kaliant print justru hasil printnya tidak sama dengan margin.

1

Apabila kalian mengalami hal saran saya tarik nafas dulu sebenatr.  Jangan panik. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Masalah ini pun bisa kalian perbaiki supaya kertas di word sesuai dengan kertas di print.

Pasti pernah kan mengalami hasil print kalian tak sesuai harapan? Yang paling sering kalian temui adalah ketika ingin print adalah hasil print terpotong dan tidak sesuai dengan monitor.

Parahnya, hal ini ternyata bisa mengganggu psikologis.  Apalagi untuk kalian para mahasiswa atau mahasiswi yang sedang ingin mencetak tugas akhir, maupun dari tugas dosennya yang saa kaliant print justru hasil printnya tidak sama dengan margin.

Karenanya margin berantakan sana-sini dan tulisan ada yang terpotong-potong. Kalian langsung pusing dan ingin berteriak saja rasanya.

Apabila kalian mengalami hal saran saya tarik nafas dulu sebenatr.  Jangan panik. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

 Masalah ini pun bisa kalian perbaiki supaya kertas di word sesuai dengan kertas di print.

Sebelumnya kalian harus tahu dulu ada beberapa hal yang membuat masalah hasil print landscape keluar potrait.

Pertama, pengaturan di word dimana dokumen word tidak sesuai dengan kertas print. Di dokumen word kertas berukuran F4/Folio tapi di print menggunakan kertas A4. Kedua, pengaturan printer yang bisa membuat kertas terpotong.

Hal ini bisa membuat kertas menjadi tidak sama dan berantakan. Karena  itu cek satu per satu masalahnya.

Cara Mengatasi Hasil Print Berbeda dengan Monitor

Word 2007

Langkah pertama, kalian bisa pilih file di menu word kemudian print. Klik pilihan printernya dahulu. Kemudian di sebalah kanan klik properties.

Selanjutnya kalian pilih kategori page setup (pengesetan Halaman). nanti di bagian tengah (page layout) klik ukuran normal. Kemudian di bawahnya hapus tanda centang lagi yang ada tulisan Automatically reduce large document. Klik OK. 

Kalau sudah, coba cek 1 lembar hasil print kalian sudah bagus atau Margin masih berantakan? 

Kalau masih, kalian bisa masuk menu Print, tap Options. Sesudah itu klik advanced dan hilangkan centang di bagian scale content for A4 or 8.5 x 11 paper size.

Lalu cek apakah masih tidak sama atau sudah sama? Kalau masih sama, ada cara lain yang dapat kalian lakukan dengan cara mengatur dari pengaturan printer itu sendiri.

Pertama-tama tekan tombol logo windows+R. Kemudian ketik perintah: Control Printers. Lalu kalian bisa tap ikon printer yang sedang kalian pakai, dan klik Printer properties.

Berikutnya, masuk ke kategori advance. Kemudian di bawah ganti centang di tulisan “directly to the printer”

Itu tadi cara mengatasi hasil print yang tidak sama dengan monitor. Di atas adalah langkah untuk mengatur hasil print yang tidak sesuai dengan margin.

Semoga artikel di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian. 

Kalau ada pertanyaan cara mengatasi hasil print tidak sesuai dengan monitor atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat dan salam teknologi! Nah, dengan begini kalian tidak perlu lagi untuk khawatir bila hasil printer tugas kalian berbeda dengan dokumen kalian. Cara ini bisa dilakukan pada semua device apapun.

1 Comment
  1. Vivi says

    gan, punya saya masih belum berubah….jadi harus gimana?????

Leave A Reply

Your email address will not be published.