Tips Mengatasi Hasil Print Tidak Lurus

Pada dasarnya untuk dapat mengatasi hasil print tidak lurus adalah pekerjaan yang sangat mudah. Kalian hanya perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya.

0

Sebagai pekerja atau pelajar, pasti banyak orang membutuhkan printer untuk mencetak dokumen atau fotocopy. Hanya saja ketika menggunakan printer, tidak jarang hasil print misalnya tabel tidak bisa lurus. Ini membuat tidak nyaman, Gaes. Oleh sebab itu, akan dibagikan cara mengatasi hasil print tidak lurus , utamanya printer Canon.  Hasil print tabel atau tulisan yang tidak lurus biasanya karena kerusakan cartridge printer atau pita encoder. 

Sebagai pekerja atau pelajar, pasti banyak orang membutuhkan printer untuk mencetak dokumen atau fotocopy. Hanya saja ketika menggunakan printer, tidak jarang hasil print misalnya tabel tidak bisa lurus. Ini membuat tidak nyaman, Gaes.

Oleh sebab itu, akan dibagikan cara mengatasi hasil print tidak lurus , utamanya printer Canon. 

Hasil print tabel atau tulisan yang tidak lurus biasanya karena kerusakan cartridge printer atau pita encoder. 

Berikut beberapa cara mengatasi hasil print tidak lurus. Cek kuy!

Mengatasi Hasil Print Tidak Lurus

Pada dasarnya untuk dapat mengatasi hasil print tidak lurus adalah pekerjaan yang sangat mudah. Kalian hanya perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasinya.

Lepaskan kabel power dan USB dari printer

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adah dengan cara melepaskan kabel power dan USB dari printer. Jika sudah, kalian bisa melepaskan tutup printer dengan cara melepaskan baut printer memakai obeng plus.

Bersihkan Pita Encoder

Cara kedua, kalian bisa mencari pita encoder, yaitu pita bening panjang di belakang cartridge. Bentuknya panjang dan terpasang horizontal. 

Kemudian, kalian bersihkan encoder dari tinta maupun kotoran yang menempel memakai tisu kering.

Sesudah encoder bersih, bersihkan decoder di sebelah kiri printer. Warnanya bening. Lepaskan dan bersihkan dari tinta atau kotoran yang menempel.

Jika kalian susah membersihkannya, pakai air panas dan tisu. Kalian bisa masukkan tisu ke dalam air panas. Kemudian usapkan pada bagian pita encoder yang kotor dan decoder.

Bersihkan sampau tak ada sisa tinta atau kotoran yang menempel pada encoder dan piringan bening atau decoder.

Ketika semua selesai kalian bersihkan, kemudian selanjutnya adalah memasang kembali piringan bening atau decoder, dan juga encoder pada tempatnya.

Jika sudah, kalian pasang kembali penutup printer. Selanjutnya kalian pasang kabel power dan USB pada printer kalian.

Langkah berikutnya, coba printer dengan mencetak tabel atau tulisan untuk melihat apakah hasilnya lurus dan rata.

Jika hasil cetak printer sudah lurus dan rata, itu artinya printer sudah dapat kalian pakai untuk mencetak file.

Akan tetapi, jika hasil cetak tetap tidak lurus dan rata, maka kalian bisa mengganti pita encoder dengan yang lain atau membeli pita encoder baru.

Kalian bisa membeli pita encoder atau diambil dari printer jenis yang sama tetapi sudah tidak kalian pakai lagi.

Itu tadi artikel mengenai tips mengatasi hasil print tidak rata dan lurus.

Semoga artikel tadi bisa memberikan ilmu dan pengetahuan abru, serta banyak manfaat untuk kalian semua ya, Gaes.

Apabila kalian ada pertanyaan mengenai cara mengatasi hasil print tidak rata dan lurus atau kalian ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini dalam kehidupan sehari-hari.

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.