Tips Mengatasi Kamera Samsung Galaxy yang Rusak

0

Ternyata tidak semua pengguna dari smartphone Samsung Galaxy ini bisa terbebas oleh masalah kamera. Banyak juga pengguna smartphone Samsung yang tiba-tiba saja kameranya tersebut tidak bisa digunakan.

Kalian sebagai pengguna bahkan mungkin sudah melakukan reboot, tapi tetap saja error. Salah satu akibatnya adalah kamera WhatsApp kalian tidak bisa berfungsi lagi dengan baik.

Memang tidak dapat dipungkiri kamera menjadi salah satu fitur yang sangat penting untuk kebutuhan dokumentasi kalian. Hanya saja ada beberapa alasan yang membuat kamera bermasalah.

Ketika berbicara tentang kamera, kamera dari smartphone Samsung Galaxy ini termasuk kamera smartphone yang terbaik di kelasnya.

Baca Juga : Review Samsung Galaxy M31 Kamera Terbaik Dengan Baterai Tetap Tahan Lama

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan kamera smartphone Samsung Galaxy yang sudah rusak, meskipun sudah rebooting kamera.

Tips Mengatasi Kamera Samsung Galaxy yang Rusak

Langkah yang harus kalian lakukan pertama kali adalah dengan membuka menu Settings atau Pengaturan pada smartphone.

Kemudian silahkan kalian buka pada application manager atau manager aplikasi, lalu kalian tekan opsi all tabs yang ada. Lalu setelah itu klik saja camera.

Apabila kalian sudah melakukannya, maka selanjutnya langsung tekan tombol force close. Kemudian, langsung klik tombol clear cache data.

Langkah berikutnya, kalian silahkan langsung saja reboot smartphone milik kalian. Jika sudah selesai, kalian coba apakah kameranya sudah bisa dipakai atau tidak.

Baca Juga : 3 Cara Mematikan Sura Shutter Kamera di Smartphone Samsung

Apabila ternyata masih gagal, maka jangan langsung patah semangat. Karena kalian masih dapat mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara berikutnya.

Pertama-tama, matikan dulu smartphone milik kalian. Selanjutnya langsung tekan dan juga tahan dengan cara bersamaan, antara tombol power + volume up + Home sampai smartphone kalian bergetar.

Setelah itu, kalian bisa langsung saja sorot pada wipe cache partition menggunakan tombol volume down. 

Tekanlah tombol power, sehingga akan tertulis cache wipe complete. Jika sudah, kalian bisa langsung nyalakan smartphone kalian tersebut.

Terakhir, cobalah maka kameranya akan bisa bekerja kembali dengan sempurna.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, apakah dengan wipe cache partition itu bisa membuat semua datanya ikut terhapus memakai teknik yang satu ini? Jawabannya adalah sudah pasti tidak.

Baca Juga : Fitur Kamera Smartphone Yang Mengubah Dunia Fotografi

Ini disebabkan semua file gambar, rekaman, folder, dan sejenisnya akan tetap ada di dalam smartphone kalian. Karena itu, kalian tidak perlu pusing lagi dengan masalah ini.

Dengan begitu kini kamera smartphone kalian sudah bisa bekerja sebagaimana mestinya tanpa harus datang ke service center untuk mengatasi masalah kamera yang rusak ini.

Itu tadi bagaimana cara mengatasi kamera Samsung Galaxy yang rusak. Cara ini bisa kalian lakukan untuk semua versi Samsung Galaxy seperti Samsung Galaxy Grand Prime, Samsung Galaxy Note, dan lain sebagainya.

Kalau ada pertanyaan cara  untuk mengatasi kamera Samsung Galaxy yang rusak atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Baca Juga : 5 Ponsel Dengan Kamera Terbaik Versi DXOMARK Saingi Iphone

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile ataupun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi.

Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.