Tips Mengatasi Kamera Tidak Fokus

0

Kalian punya smartphone? Pasti ada kameranya kan? Enggak mungkin kalian masih pegang smartphone jaman dulu yang hanya bisa berkirim pesan dan telepon saja.

Nah di sini saya mau bahas sama kalian bareng, bagaimana pun smartphon kita harganya mahal, fitur selangit, dan sebagainya, biasanya kalian pernah ngalamin hasil jepretan smartphone kalian jadi buram kan? Tapi jangan main langsung dibuang terus beli yag baru ya, gaes. Ada beberapa tips buat kalian mengatasi hal ini.

Smartphone sudah mode on buat motret, tetapi saat kita lihat, smartphone tidak mau fokus ke satu titik, entah itu kamera bagian depan atau bagian belakang. Dan seringnya, kalian juga mengalami kesulitan ini ternyata sudah dari tahun-tahun kemarin sejak memakai ponsel berkamera, pada perangkat yang berbeda.

Ada beberapa tips yang mau saya bagikan dan semoga bisa membantu kalian mengatasi kamera tidak fokus atau buram pada smartphone. 

Tips Mengatasi Kamera Tidak Fokus atau Buram

Sebenarnya, kamera bisa fokus dengan cara mengubah jarak antara lensa dengan sensor. Smartphone sendiri mempunyai sekumpulan lensa kecil yang bergerak kesana-kemari, sehingga mengganti dimana cahaya yang baru ditangkap bisa menyatu pada sensor. Hal ini dilakukan untuk menentukan subjek yang ada di sana fokus dan apa yang belum atau tidak fokus.

Akan tetapi, sebaiknya kalian tidak perlu memikirkan hal seperti ini. Yang penting di sini kalian tahu yaitu hal-hal kecil yang bisa bergerak di smartphone dan seskali kadang ada juga yang macet.

Selain melakukan langkah pemecahan awal, misalnya menutup paksa kamera smartphone kalian lalu me-reboot perangkat kalian, ada juga mungkin tips ini bisa kalian coba untuk mengatasi kamera tidak fokus atau buram.

Pertama-tama, lihat di pengaturan, kalau smartphone kalian ada mode kamera manualnya, segera kalian aktifkan dan temukan fokus manual.

Setelah itu, kalian bisa mencoba untuk menggerakkan slider ke arah kiri dan kanan. Ini bertujuan untuk mengetahui gerakan kalian bisa mengubah fokus kamera. 

Tips yang lainnya, dan bisa dikatakan paling sederhana versi saya, tetapi juga mempunyai tingkat kesuksesan yang tinggi, adalah dengan cara membalikkan smartphone kalian. Kemudian ketuklah secara kuat dengan jari kalian. Dan dalam banyak fokus, hal ini bisa membantu kamera kembali fokus ya, Gaes.

Kalau tips ini belum berhasil, kalian bisa mencoba untuk menggoyangkan smartphone kalian atau kalian tekan dengan agak kuat ke telapak tangan. Tidak apa-apa smartphone ini dipukul-pukul sesekali, karena hal ini benar bisa berfungsi biasanya.

 

Penyebab Kamera Buram

Jika tadi kita bahas kamera tidak bisa fokus, penyebabnya memang bisa bermacam-macam. Ada yang terjadi karena hal-hal kecil yang bisa saja bergerak di dalam kamera dan membuat macet smartphone saat posisi kamera menyala.

Akan tetapi, masalah lainnya juga bisa timbul karena ada kerusakan fisik atau ada cairan di dalam perangkat smartphone kalian, Gaes.

Misalnya, bisa saja tanpa sengaja smartphone kalian jatuh atau terkena hujan, maka tips di atas tadi bisa dijadikan referensi memperbaiki smartphone kalian.

Kemudian jika kita sudah melakukan berbagai upaya di atas, tetapi kamera tetap saja buram? Maka saya sarankan kalian menggunakan kartu garansi dan langsung bertanya ke ahlinya ya.

Karena jika kalian sudah melakukan perbaikan di atas tapi masih saja belum bisa fokus kamera smartphonenya, jangan sekali-kali membantingnya ya. Masih ada cara lain seperti datang ke service center vendor smartphone tersebut atau teknisi yang ahli di bidangnya.

Nah, demikian tips mengatasi kamera gagal fokus atau buram. Semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.