Tips Mengatasi Kontak Tidak Terbaca

Pernahkah kalian ingin menelepon seseorang, tetapi ternyata ketika mencari di kontak, malah tidak terbaca oleh SIM di smartphone kalian? Jangan khawatir, kalian akan menemukan cara mengatasinya di artikel ini. Tetapi sebelumnya kalian harus cek dulu ya. Apakah hanya kontak SIM saja yang tidak terbaca atau kartu SIM kalian yang memang tidak terbaca.

0

Apabila kalian sudah memastikan hanya kontak SIM saja yang tidak terbaca, maka kalian harus tahu bahwa itu disebabkan error pada smartphone. Hanya saja, apabila semua data pengaturan pada kartu kalian seperti nama provider, sinyal dan kontak SIM hilang, maka mungkin saja kartu SIM kalian yang rusak. Kemudian bagaimana cara mengatasinya? Cek langsung kuy!

Pernahkah kalian ingin menelepon seseorang, tetapi ternyata ketika mencari di kontak, malah tidak terbaca oleh SIM di smartphone kalian? Jangan khawatir, kalian akan menemukan cara mengatasinya di artikel ini.

Tetapi sebelumnya kalian harus cek dulu ya. Apakah hanya kontak SIM saja yang tidak terbaca atau kartu SIM kalian yang memang tidak terbaca.

Apabila kalian sudah memastikan hanya kontak SIM saja yang tidak terbaca, maka kalian harus tahu bahwa itu disebabkan error pada smartphone.

Hanya saja, apabila semua data pengaturan pada kartu kalian seperti nama provider, sinyal dan kontak SIM hilang, maka mungkin saja kartu SIM kalian yang rusak.

Kemudian bagaimana cara mengatasinya? Cek langsung kuy!

Mengatasi Kontak Tidak Muncul

Untuk dapat mengatasi kontak tidak tampil di smartphone kalian pada dasarnya merupakan pekerjaan yang cukup mudah.

Kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk smartphone android kalian.

Menghapus File Cache

Tidak hanya menghapus file cache aplikasi kontak saja, disini kalian pun wajib menghapus semua file cache yang ada di memori andoid kalian apabila memungkinkan, baik di memori internal ataupun di memori eksternal.

Kalian dapat menghapusnya dengan aplikasi pembersih misalnya Clean Master yang dapat membersihkan dengan sekali klik saja.

Sesudah dibersihkan, reboot android kalian lalu tunggu sampai kontak SIM sudah terbaca lagi.

Cara membersihkan cachenya yang pertama, tap menu Pengaturan lalu klik Aplikasi Terinstall. Setelah itu cari aplikasi Kontak dan klik Hapus data. Terakhir, bersihkan cache.

Memunculkan Kontak yang Tersimpan di Kartu SIM

Kalau kalian pernah mengubah di konfigurasi kontak SIM, yang mungkin membuat semua kontak SIM, maka untuk memastikannya kalian dapat memakai cara ini. 

Pertama-tama, klik menu Pengaturan lalu tap Aplikasi sistem. Kemudian cari apliaksi Kontak, lalu masuk ke Atur daftar kontak dan tap opsi Semua kontak.

Menghapus Semua Data Kontak di Android

Jika kalian sudah melakukan berbagai cara di atas tapi masih gagal, maka kalian dapat memakai cara terakhir dengan menghapus semua data kontak yang ada di smartphone kalian.

Cara ini mungkin sangat beresiko, tapi tidak usah khawatir jika kalian dapat melakukan backup pada semua kontak yang ada pada smartphone kalian.

Melakukan backup kontak ini penting karena dapat menjadi cara terakhir untuk mengembalikan kontak kalian lagi sesudah melakukan pembersihan data kontak. 

Langkah yang pertama, masuk ke Setting lalu klik Aplikasi sistem dan tap Kontak, dan tap opsi Impor/Eksporkontak. Selanjutnya klik opsi Eksport ke penyimpanan lalu klik Oke.

Sesudah melakukan backup, langkah berikutnya yaitu menghapus semua data kontak android kalian. Langsung saja masuk ke menu Setting, dan klik Aplikasi terinstall, kemudian tap Cara Kontak dan klik Hapus data. Terakhir, klik opsi Hapus semua data dan tekan OK.

Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Terdapat langkah-langkah umtuk mengembalikan kontak, salah satunya dengan mengembalikan kontak yang tersimpan di SIM card atau akun google dengan mudah. 

Caranya bisa klik di menu Setting pengaturan akun Google.

Itu tadi artikel mengenai tips mengatasi kontak tidak terbaca di smartphone.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk kalian semua. Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lainnya, silahkan tulis di kolom komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa update info dan tips terbaru hanya di techjak.com. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.