Tips Mengatasi Laptop Hang

Laptop memang sangat membantu aktivitas sehari-hari. Hanya saja saat terjadi masalah, maka banyak pekerjaan menumpuk dan jadi tertunda untuk diselesaikan.

0

Laptop yang hang bisa terjadi di sistem operasi windows apapun, baik itu Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10.

Pernahkah kalian merasa kesal karena laptop kalian hang saat kalian gunakan? Bingung bagaimana solusinya? Tenang. Ada tips ampuh untuk mengatasinya disini, Gaes.

Laptop memang sangat membantu aktivitas sehari-hari. Hanya saja saat terjadi masalah, maka banyak pekerjaan menumpuk dan jadi tertunda untuk diselesaikan.

Laptop yang hang bisa terjadi di sistem operasi windows apapun, baik itu Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10.

Apa Penyebab Laptop Hang?

Biasanya ini disebabkan beberapa hal. Misalnya, kekurangan memory. Atau bisa juga kaerna terlalu banyak program yang terinstall.

Bisa jadi juga karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan. Penyebab lain, bisa jadi karena temporary File yang sudah membengkak.

Penyebab lainnya, mungkin ada masalah pada harddisk, terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “security program”, ada corrupt di System Files atau bahkan hilang.

Mungkin juga ada virus, malware atau spyware di laptop. Ada masalah konektifitas pada jaringan. Atau mungkin juha, laptop hang disebabkan masalah hardware overheat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Berikut beberapa cara yang bisa kalian jadikan solusi.

Mengatasi masalah laptop hang ketika booting atau masuk BIOS

Pertamanya, kalian restart laptop, kemudian masuk ke mode BIOS. Setiap laptop punya tombol yang berbeda ketika akan masuk ke dalam mode BIOS, sesuaikan dengan merk laptop kalian.

Sesudah masuk tampilan BIOS, klik Advanced BIOS Features lalu cari yang berhubungan dengan BIOS cache. Kalau sudah, disable pilihan tersebut. Terakhir, simpan dengan klik F10, dan tap enter.

Mengatasi laptop hang ketika baru dinyalakan (starting)

Ketika startup dan akan masuk windows, bisa jadi laptop hang secara tiba-tiba. Bisa jadi ini karena beberapa hal.

Pertama, program windows bermasalah, bisa jadi missing file system, corrupt dan virus. Kalian bisa scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan antivirus.

Kedua, RAM dan kotor di kipas. Kalian bisa membersihkan RAM dengan penghapus karet, kuas, atau vacum cleaner. Kalau ragu untuk mencobanya, bawalah ke teknisi andalan anda.

Kemungkinan yang lain bisa jadi dari motherboard yang bermasalah. Kalau ingin mencoba untuk memperbaiki sendiri, bertanyalah ke orang-orang yang lebih ahli pada hal itu.

Mengatasi laptop yang not responding

Solusi laptop not responding cukup mudah. Kalian hanya perlu menekan Ctrl + Shift + Esc, lalu pilih program yang not responding dan tap end task.

Untuk alternatif lain, kalian bisa klik Ctrl + Alt + Del kemudian pilih salah satu opsi. Kalau ingin mematikan program, klik saja task manager dan lakukan seperti penjelasan tadi.

Sesudah itu, biasanya laptop akan kembali normal.

Mengatasi laptop hang ketika bermain game

Ada beberapa masalah yang membuat laptop hang ketika digunakan bermain game. Contohnya, spesifikasi laptop yang kurang memadai, kipas laptop yang mati, masalah di harddisk, processor dan VGA card yang terlalu panas, atau bisa juga RAM atau VGA Card yang error atau rusak.

Solusinya, sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstall. Kalian juga bisa memasang kipas tambahan di laptop.

Jangan lupa untuk memeriksa keadaan VGA card dan RAM. Atau, kalian bisa uninstall game tersebut.

Itu tadi artikel tentang tips mengatasi laptop yang hang. Kalian bisa update info dan tips terbaru lainnya. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara-cara di atas dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.