Tips Mengatasi Mic Smarpthone Tidak Berfungsi

Pada umumnya mic smartphone juga sering digunakan saat melakukan live streaming facebook, instagram dan media sosial lainnya. Bahkan saat ini mic smartphone juga dibutuhkan untuk keperluan game dan belajar atau bekerja online lewat video conference.

0

Mic smarpthone bermasalah tentunya membuat resah, karena akan menghambat komunikasi dengan orang lain dari perbedaan jarak, ruang dan waktu. Ditambah lagi apabila kalian adalah pengusaha yang menggunakan smarpthone sebagai media untuk berkomunikasi langsung dengan customer.

Pernahkah menerima telepon seseorang tapi mereka tidak mendengar apa yang kalian bicarakan karena mic smartphone kalian ternyata bermasalah? Pasti kesal ya. 

Semua pasti tahu bahwa Mic smarpthone sangat penting untuk melakukan komunikasi dengan orang lain melintasi jarak, ruang dan waktu. Baik kalian melakukan panggila telepon, video call, atau merekam suatu pesan audio, dan sebagainya.

Pada umumnya mic smartphone juga sering digunakan saat melakukan live streaming facebook, instagram dan media sosial lainnya. Bahkan saat ini mic smartphone juga dibutuhkan untuk keperluan game dan belajar atau bekerja online lewat video conference.

Tidak selamanya barang yang kita pakai selalu sehat dan dalam kondisi fit, satu waktu barang akan rusak seperti halnya dengan mic smartphone tersebut.

Mic smarpthone bermasalah tentunya membuat resah, karena akan menghambat komunikasi dengan orang lain dari perbedaan jarak, ruang dan waktu.

Ditambah lagi apabila kalian adalah pengusaha yang menggunakan smarpthone sebagai media untuk berkomunikasi langsung dengan customer.

Oleh sebab itu kalian harus memperbaikinya supaya dapat melakukan komunikasi lagi dengan baik.

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi mic smartphone tidak berfungsi dengan baik.

Tes Mic Smartphone dengan merekam

Tips pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengetahui benar kondisi mic smartphone, lalu lakukan test mic smartphone dengan cara merekam. 

Lakukan tes ini supaya kalian yakin dengan kondisi Mic kalian benar-benar rusak atau tidak.

Pertamanya, kalian bisa masuk ke aplikasi recorder bawaan smartphone dan record sesuka hati. Kemudian,  kalian bisa play hasilnya. Kalau suara record tidak ada berarti mic memang bermasalah.

Bersihkan lubang Mic (mic hole)

Salah satu sebab Mic smartphone tidak berfungsi adalah kotornya lubang mic (mic hole) baik itu debu dan kotoran.

Karenanya, kalian bisa mencoba untuk memeriksa dengan  teliti apakah lubang mic kotor atau tidak. Kalau kotor, langsung bersihkan. .

Hait-hati ya saat membersihkannya. Jangan sampai membran yang ada di lubang mic rusak.

Gunakan Factory Reset

Apabila lubang mic tidak kotor tapi tetap mic smartphone tidak berfungsi, mungkin saja ini disebabkan ada kesalahan sistem yang membuat mic menjadi bermasalah.

Solusi terakhir adalah dengan melakukan factory data reset atau biasa dikenal dengan reset pabrik.

Reset pabrik ini manjur untuk mengatasi berbagai masalah android yang bermasalah, salah satunya mic smartphone yang tidak berfungsi.

Hanya saja ada efek negatifnya dari reset pabrik, yaitu akan menghapus semua data yang ada di memori internal. Karenanya, lakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan reset pabrik.

Untuk reset pabrik, kalian harus masuk ke menu Setelan. Kemudian klik Cadangkan dan Reset (backup and reset). Setelah itu lakukan Reset Data Pabrik atau Factory Data Reset. Berikutnya, kalian ikuti perintah yang yang tampil disana sampai akhir.

Itu tadi informasi mengenai Tips Mengatasi Mic Smarpthone Tidak Berfungsi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian semua.

Kalau ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Baca Juga :

Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat memperbaikin mic kalian sendiri dengan beberapa cara mudah untuk diterapkan nantinya. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis smartphone yang kalian miliki.

Leave A Reply

Your email address will not be published.