Tips Mengatasi Nama Kontak WhatsApp Tidak Bisa Muncul

Saat ini memang layanan aplikasi WhatsApp masih menjadi primadona untuk banyak orang. Bahkn, menjadi andalan hampir semua kalangan dalam mengirim pesan baik berupa file berukuran kecil atau besar.

0

WhatsApp juga membuat kalian dapat melakukan komunikasi dengan cepat dan jelas, hanya dengan ketentuan mempunyai koneksi internet. Akan tetapi ada beberapa kasus saat ini dimana banyak orang, mungkin juga kalian yang mengalami masalah kontak WhatsApp tidak muncul.

Pernah tidak sih kalian sedang asyik chatting, lalu ingin mengirim pesan kepada seorang teman lama tapi nama kontaknya tidak bisa muncul di WhatsApp? Kenapa bisa begitu ya?

Saat ini memang layanan aplikasi WhatsApp masih menjadi primadona untuk banyak orang. Bahkn, menjadi andalan hampir semua kalangan dalam mengirim pesan baik berupa file berukuran kecil atau besar.

WhatsApp juga membuat kalian dapat melakukan komunikasi dengan cepat dan jelas, hanya dengan ketentuan mempunyai koneksi internet.

Akan tetapi ada beberapa kasus saat ini dimana banyak orang, mungkin juga kalian yang mengalami masalah kontak WhatsApp tidak muncul.

Penyebab Kontak Lama Hilang

Masalah kontak WhatsApp tidka muncul paling sering saya dengar terjadi pada pengguna smarpthone Xiaomi, Lenovo, dan OPPO. Ini terjadi karena tidak mengijinkan aplikasi WhatsApp membaca kontak.

Jadi bukan disebabkan smartphonenya yang rusak. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada faktor lain juga yang menyebabkan nama kontak hilang di WhatsApp.

Terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kontak WhatsApp tidak muncul atau hilang.

Hapus Cache

Tips pertama, kalian dapat menghapus Cache. Karena Cache adalah salah satu penyebab kontak WhatsApp tidak muncul di Android.

Kalian bisa langsung pergi ke menu Setting atau pengaturan. Setelah itu kalian klik Aplikasi atau Apps. Kemudian kalian cari aplikasi WhatsApp. 

Selanjutnya scroll ke bawah dan klik Hapus Cache atau Clear Chache.

Ijinkan Kontak di Aplikasi WhatsApp

Pada beberapa kasus, kontak WhatsApp hilang yang paling banyak disebabkan pengaturan smartphone kalian tidak mengijinkan aplikasi WhatsApp membaca kontak whatsapp.

Kalau tidak membaca kontak WhatsApp umumnya hanya nomor-nomor saja yang tertulis di nama, dan yang paling parah tentu kontak WhatsApp akan hilang.Karena itu, ijinkan  saja aplikasi WhatsApp supaya nama kontak seperti semula.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Kemudian klik Apps. Setelah itu cari aplikasi WhatsApp. Sleanjutnya, scroll ke bawah dan klik Kelola Perizinan.

Disana ada banyak aplikasi yang terinstal, dan cari aplikasi WhatsApp. Scroll ke bawah dan Kelola Perizinan. Terakhir, pada “Baca Kontak Anda” ubahlah menjadi hijau. Selesai.

Cabut SIM Card, Restart Smartphone dan Perbarui Kontak WhatsApp

Tidak jarang sistem operasi (android) tidak sengaja atau salah membaca ketika WhatsApp dijalankan, hal ini membuat nama kontak WhatsApp tidak muncul.

Coba kalian cabut SIM Card, restart smartphone dan perbarui kontak WhatsApp.

Langkah awal, tutup aplikasi WhatsApp dahulu, lalu matikan smartphone. Kemudian kalian cabut SIM Card dan pasang kembali. Setelah itu nyalakan smartphone dan bukalah aplikasi Whatsapp.

Berikutnya klik ikon chat (pesan), lalu klik ikon tiga baris di samping pojok kanan. Terakhir klik perbarui.

Aktifkan Kontak di Akun Gmail

Versi terbaru dari WhatsApp kontaknya sudah terintegrasi dengan akun Gmail (google).

Apabila di smartphone ada banyak akun gmail, usahakan akun Gmail-nya yang harus ada phone book (nomor-nomor kontak yang telah disimpan di smartphone) atau lebih tepatnya ketika pertama kali menambahkan akun Gmail ke samrtphone (akun yang pertama).

Selanjutnya kalian masuk ke menu Setelan (settings), klik Akun. Lalu pilih WhatsApp dan terakhir ketuk sinkronasi. Setelah itu ikuti cara perbarui kontak WhatsApp di atas.

Update Aplikasi WhatsApp

Jangan lupa untuk selalu melakukan update WhatsApp ya, Gaes.

Instal Ulang WhatsApp

Apabila semua cara gagal, kalian bisa pakai cara terakhir dengan instal ulang. Backup dulu data kalian lalu hapus aplikasi WhatsApp. Setelah itu instal kembali di play store.

Baca Juga :

Selamat mencoba! Nah, dengna begini kalian tidak perlu lagi khawatir bila ada kontak atau nomor whatsapp seseorang yang hilang atau terhapus. Kalian dapat melakukan cara ini di beragai smartphone ini menerapakannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.