Tips Mengatasi “Not Registered On Network” (Tidak Terdaftar di Jaringan)

Seperti kalian ketahui, berbagai smartphon android dari Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO, dan lainnya punya hubungan erat dengan jaringan. Jaringan menajdi penghubung supaya kalian bisa terkoneksi dengan internet agarbisa mendapatkan hal menarik, baik informasi tentang pekerjaan, hiburan, atau yang lainnya.

0

Pesan ini tampil seakan mengatakan smartphone kalian tidak bisa melakukan deteksi pada jaringan yang ada atau operator seluler yang mengalami eror.Dari pengalam beberapa penguna, walaupun indikator sinyal penuh, tapi peringatan Not Registered on Network masih bisa muncul juga.

Pernah mendapati smartphoen kalian tiba-tiba tak terkoneksi atau bahkan tidak terdaftar di jaringan? Pastinya bingung kan? Tapi kalian tidak perlu kahwatir. Saya disini untuk berbagi tips keren untuk kalian.

Seperti kalian ketahui, berbagai smartphon android dari Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO, dan lainnya punya hubungan erat dengan jaringan. 

Jaringan menajdi penghubung supaya kalian bisa terkoneksi dengan internet agarbisa mendapatkan hal menarik, baik informasi tentang pekerjaan, hiburan, atau yang lainnya.

Akan tetapi, ada saja beberapa pengguna yang sering mengeluh sinyal mereka erro dan tampil notifikasi “Not Registered on Network” atau tidak terdaftar di Jaringan.

Pesan ini tampil seakan mengatakan smartphone kalian tidak bisa melakukan deteksi pada jaringan yang ada atau operator seluler yang mengalami eror.

Dari pengalam beberapa penguna, walaupun indikator sinyal penuh, tapi peringatan Not Registered on Network masih bisa muncul juga.

Semua pengguna denan kartu apa saja pasti pernah mengalami hal ini. Misalnya kalian ingin memanggil kode dial dan keluar kode MMI tidak Valid, Invalid USSD dan sebagainya.

Ada banyak penyebab masalah ini, bisa jadi karena akrtu rusak karena umurnya sudah tua, atau smartphone kalian error dan diminta repair.

Ada beberapa cara untuk mengatasi tidak teradftar pada jaringan, Gaes. Kalian bisa simak caranya di bawah. Kuy!

Refresh Jaringan

Cara ini bisa kalian lakukan dengan berbagai jalan. Misalnya mengaktifkan mode airplane kemudian menonaktifkannya kembali, mengganti mode jaringan, dan juga restart smartphone.

Untuk bisa refresh jaringan dengan mode airplane atau mode pesawat, kalian dapat masuk ke menu Setelan, kemudian klik Jaringan&Nirkabel. Lalu kalian tap opsi Mode Pesawat, aktifkan. Setelah beberepa saat, nonaktifkan mdoe pesawat tersebut.

Ketika kalian mengaktifkan mode pesawat, otomatis jaringan akan hilang dan keluar icon pesawat. Sesudah itu nonaktifkan lagi untuk menampilkan kembali jaringan.

Ganti Mode Jaringan

Kalau kalian mendapati masalah tidak terdaftar di jaringan, kalian bisa ganti mode jaringan kalian sampai masalah tersebut tidak muncul lagi.

Pengaturan ini bisa kalian temukan di Setelan, kemudian klik opsi Jaringan & nirkabel lalu terakhir, klik menu Jaringan seluler dan tekan mode lain selain otomatis.

Restart Smartphone

Notifikasi tidak terdaftar di jaringan atau not registered on network sepenuhnya karena jaringan yang error. Bisa juga karena smartphone yang terlalu lama kalian pakai dan saat membuka beberapa aplikasi akan error.

Ditambah lagi apabila smartphone kalian jarang restart dan membuat rencent apps menumpuk, bahkan kalian lupa melakukan close.

Coba restart smartphone dengan menekan tombol power sedikit lama sampai tampil menu restart atau reboot.

Ganti Kartu

Cara lain, kalian coba pakai kartu yang berbeda dan jika bisa operator yang berbeda juga.

Kalau tampil jaringan dan tidak eror, berarti kartu yang lama penyebabnya. Ganti kartu kalian dengan yang baru atau datang ke center kartu tersebut.

Hubungi Customer Service atau Datang ke Service Center

Kalian bisa menghubungi Customer Service untuk mendapatkan solusi masalah smartphone kalian. Bisa juga langsung ke service center agar bisa bertanya langsung solusi terbaiknya.

Flashing Ulang

Lakukan backup sebelum slashing agar data tidak hilang. Caranya ada banyak di Youtube, Gaes.

Baca Juga :

Selamat mencoba, Gaes! Nah dengan begini kalian dapat mendaftarkan Jaringan yang kalian inginkan tersebut, Namun, bila tetap tidak bisa juga kalian terpaksa harus menghubungi Customer Service untuk memperbaikinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.