Tips Mengatasi Nox Has Stopped Working Jadi Normal Lagi

Terdapat beberapa penyebab dari masalah ini, tetapi yang utama  berasal dari sistem. Contohnya, Windows lemot, tidak stabil, sampai terkena virus.

0

Tidak jarang Nox  mengalami masalah tertentu. Walau hal ini jarang terjadi, Nox mungkin saja mengalami masalah misalnya stuck saat loading 98%, balckscreen.

Kalian memakai Nox App Player dan kesal karena aplikasinya macet? Tidak perlu khawatir, ada tips ampuh untuk mengatasinya disini.

Nox App Player merupakan salah satu rekomendasi emulator Android ringan, yang sekarang ini banyak digunakan untuk keperluan gaming. Seven Knight, Mobile Legends, PUBG, Freefire, AOV, dan banyak lagi game lainnya, semua memperoleh support emulator ini.

Hanya saja, tidak jarang Nox  mengalami masalah tertentu. Walau hal ini jarang terjadi, Nox mungkin saja mengalami masalah misalnya stuck saat loading 98%, balckscreen (tidak ada tampilan apa-apa), atau sampai stopped working.

Nox Has Stopped Working

Di kesempatan kali ini akan dibagikan untuk kalian semua cara mengatasi Nox has stopped workingforce close, alias tertutup sendiri.

Terdapat beberapa penyebab dari masalah ini, tetapi yang utama  berasal dari sistem. Contohnya, Windows lemot, tidak stabil, sampai terkena virus.

Banyak yang mengalami masalah ini beberapa kali. Setiap mengalaminya, memang sangat terasa tidak nyaman. Ketika asyik bermain game, program mendadak force close begitu saja.

Beruntung, dari pengalaman yang ada, masalah ini cukup mudah diatasi. Bagaimana caranya? Langsung cekidot kuy!

Update Aplikasi Nox

Nox merupakan aplikasi yang terus dikembangkan sampai saat ini. Karena itu, tidak heran jika dalam beberapa waktu sekali, hadir updateupdate baru yang dapat memperbaiki error atau bug di versi sebelumnya.

Melakukan pembaruan ini sangat disarankan untuk kalian yang sedang mengalami masalah Nox stopped working.

Cara melakukan update Nox mudah. Cukup kunjungi situs resmi Nox, lalu download versi terbaru yang sudah tersedia di sana.

Menambah Virtual Memory

Virtual memory atau diketahui juga sebagai page file. Default-nya, pengaturan ini sudah diatur oleh Windows secara otomatis dalam pengaturan managed, tapi dapat berubah-ubah mengikuti keperluan pada sistem.

Banyak yang belum tahu, jika hal ini juga dapat membuat Nox menjadi berhenti bekerja saat dipakai. Bahkan di blog resmi Nox sendiri pun sudah dibahas.

Untuk mengatasinya, atur ulang dan tambah virtual memory tersebut ke jumlah tertentu.

Caranya, silahkan buka File Explorer. Lalu, klik kanan This PC, dan tap Properties. Lanjutkan dengan tap Advanced System Settings.

Masuk ke tab Advanced. Di kolom Performance (yang ada tulisan “virtual memory“), tap Settings.

Sesudah itu, masuk lagi ke tab Advanced. Di sana, tap tombol Change, kemudian hilangkan centang pada Automatically manage paging size for all drivers.

Silakan atur ulang juga page file di sana (melalui Custom Size).

Untuk pengaturannya, dikira-kira saja (yang paling pas). Tetapi sebagai patokan, kalian dapat mengaturnya ke 1.5x atau lebih, dari jumlah memori (RAM) yang digunakan.

Contohnya 2048MB, berarti pengaturannya 4096MB.

Optimalisasi Windows

Semakin lama sistem digunakan, maka kinerjanya pun akan semakin melambat sebab terlalu banyaknya filefile sampah yang menumpuk.

Kinerja sistem yang melambat ini ada kaitannya dengan stabilitas. Jika sistem sudah lemot, maka aplikasi yang dibuka pun secara otomatis akan menjadi tidak stabil pula.

Untuk mengatasinya, terapkan beberapa hal ini. 

Pertama, Defrag Harddisk, untuk merapikan file pada drive, dan meningkatkan kinerja harddisk.

Kedua, Hapus Aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting. Ketiga, Scan Virus. Keempat, Hapus File Sampah Windows.

Gunakan Mode Kompatibilitas

Di Windows itu ada sebuah fitur yang namanya mode kompatibilitas yang memungkinkan aplikasi tertentu bisa berjalan di versi Windows lama secara virtual.

Cara ini ada di Reddit, dan tentu saja kalian pun bisa mencobanya. Pertama Klik kanan Nox. Lalu tap lagi Properties.

Masuk ke Compatibility. Kemudian ganti pengaturan kompatibilitas menjadi Windows 7 atau Windows 8.

Di samping itu, kalian dapat juga coba mengaktifkan mode administrator, agar lebih efektif hasilnya. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.