Tips Mengatasi Printer Epson Tidak Bisa Print

0

Printer menjadi bagian dari perangkat komputer yang dipakai utntuk mencetak suatu dokumen atau file. Dokumen yang kalian cetak, bisa berasal dari komputer, laptop atau bahkan smartphone. Untuk merk printer sendiri sudah banyak diproduksi, salah satunya merk printer Epson.

Serupa dengan merk printer lainnya, printer epson juga mempunyai beberapa masalah yang sering terjadi dan yang paling umum tidak dapat print.

Baca Juga : Cara Reset Printer Epson 1120

Masalah ini karena ada banyak faktor. Mulai dari perangkat yang kalian pakai untuk print atau dari printer itu sendiri. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengikuti beberapa cara mengatasi printer epson tidak bisa print berikut.

Tidak Bisa Cetak dan Lampu Indikator Orange

Apabila printer epson yang kalian miliki tidak dapat print dan dalam keadaan lampu indikator yang menyala dengan warna orange, maka printer tersebut harus direset memakai tombol resume.

Caranya, kalian perhatikan dulu tombol RESUME yang ada di sebelah tombol power. Klik tombol RESUME tersebut selama 5 detik. Kemudian ulangi kembali untuk menekan tombol RESUME selama 3 detik lalu lepas.

Kembali anda tekan lagi tombol RESUME tapi hanya 1 detik. Yang terakhir, kalian hanya perlu menunggu beberapa menit hingga proses reset selesai dan lampu indikator di printer berwarna hijau

Tidak Bisa Print dan Lampu Indikator Hijau (Normal)

Biasanya printer yang ready akan mempunyai lampu indikator yang hijau atau normal. Di beberapa masalah meski lampu indikator menyala dengan baik dengan warna hijau tetap saja tidak bisa print, maka bisa saja hal tersebut karena kerusakan dari driver printer epson.

Ini terjadi karena driver epson yang ada di komputer kalian, sudah terdeteksi virus atau malware oleh antivirus yang kalian pakai. Padahal driver tersebut bukanlah virus, tetapi antivirus atau antimalware tersebut yang telah salah menafsirkan atau terjadi kesalahan yang tidak disengaja.

Baca Juga : Cara Print Dari Smartphone

Solusinya ada 2, kalian dapat mematikan antivirus terlebih dahulu atau melakukan uninstall antivirus seperti cara berikut.

Pertama, masuk ke control panel. Kemudian, masuk ke menu programs and features.

Disini kalian bisa mencari aplikasi yang kira-kira membuat driver printer epson terdeteksi sebagai malware atau virus, biasanya berupa antivirus. Lalu klik aplikasi tersebut, lalu pilih uninstall.

Tunggu sampai proses uninstall selesai, lakukan restart komputer dan coba kembali print.

Sebenarnya pemakaian antivirus atau antimalware dari pihak ke-3 tidak terlalu dibutuhkan, karena umumnya di beberapa versi windows, seperti windows 10 sudah mempunyai antivirus bawaan yang sudah cukup kuat.

Cartridge yang Bermasalah

Cartridge adalah komponen dari printer yang berisi tinta yang akan ipakai untuk print. Biasanya jika printer epson masih terlihat normal dan lampu indikator menunjukkan warna hijau atau normal.

Baca Juga : Cara Reset Printer Canon IP2770

Tetapi tidak bisa print, bisa jadi permasalahan terjadi pada cartridge yang terpasang. Cartridge tersebut bisa saja longar sehingga tidak bisa bekerja dengan baik.

Kertas Terlalu Banyak

Printer epson yang dipakai untuk print tidak bisa dipaksakan untuk memakai kertas yang terlalu banyak atau terlalu tebal. Maka dari itu pakai kertas seperluhnya saja.

Tetapi jika memang dibutuhkan print dalam jumlah banyak sebaiknya, lakukan beberapa kali menaruh kertas ke print saat kertas dalam keadaan mau habis.

PaperJam Pada Printer

Paperjam adalah masalah yang menyebabkan printer tidak bisa print yang menyebabkan kertas tidak keluar atau tersangkut karena adanya benda yang menganjal.

Umumnya ini karena kalian jarang untuk membersihkan printer yang kalian pakai. Jadi bisa saja benda-benda kecil atau serpihan kertas yang masuk ke penempatan kertas dan mengganggu kertas yang hendak di print untuk keluar.

Baca Juga : Macam2 Shortcut Untuk menghubungkan Proyektor ke Laptop

Itu tadi cara mengatasi printer epson tidak bisa print. Salah satu cara ampuhnya, yaitu melakukan reset pada printer, jangan lupa selalu merawat printer dengan membersihkan pada bagian dalam printer.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.