Tips Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Dicharger

0

Halo, Gaes. Cuaca masih tidak menentu nih ya. Jadi mager kemana-mana, terus main hape deh. Eh tapi kalian sering ngalamin enggak sih? Lagi enak main game, batery low batt. Terus waktu dicharger, eh enggak bisa. Kesel enggak tuh? Mana baru naik level main gamenya. 

Ya, bener sih smartphone tuh udah kaya obat jenuh kita. Lagi nunggu ojek, main hape. LDR-an obatnya chatting atai video call via hape, update status juga lewat hape. Jadinya hape sekarang seperti barang yang mau enggak mau selalu ada sama kita. Karena dengan hape atau smartphone tersebut, kita berkomunikasi dengan siapa saja, juga mengakses berita dan info terbaru baik dalam negeri atau dunia sekalipun. 

Kemudian, kita akhirnya sadar, bahwa umur tak hanya untuk makhluk hidup saja yang makin tua. Begitu juga dengan barang elektronik yang kita punya. Seperti smartphone. Saat baru beli, ya bisa kita pakai berjam-jam untuk berselancar di dunia maya, main game seharian, atau telepon tanpa kenal waktu. Lama-lama beberapa tahun kemudian, tentu dia tak akan lagi sama. Performanya akan turun, daya tangkapnya juga akan semakin melambat atau lemot. Bahkan bisa berujung pada eror, seperti batery yang jadi sering low batt dan sebagainya.

Penyebab lain dan paling sering terjadi adalah smartphone kita tidak bisa di-charger. Lalu kita akhirnya sibuk mencari tahu kenapa smartphone kita tidak bisa dicharger. Kemudian kita juga mencari tahu apa yang menyebabkan smartphone kita jadi tidak bisa dicharger sama sekali.

Ada beberapa penyebab smartphone kita tidak bisa dicharger. Kalian bisa menyimaknya. Barangkali salah satu penyebab smartphone kalian rusak karena beberapa alasan berikut ini.

Kuy simak. Sebab-sebab smartphone tidak bisa dicharger dan solusinya.

  1. Komponen Kabel Charger Tidak Sesuai

Coba di awal-awal kalian periksa itu kabel chargernya. Karena biasanya masalah datang dari luar atau eksternal. Kalian cek dulu secara teliti, mungkin saja ada komponen-komponen yang enggak sesuai, seperti konslet atau pun putus.

Sebab lain bisa juga kabel kalian ternyata palsu atau enggak orisinil. Kalau memang begitu, kalian harus segera mengganti kabel chargernya dengan yang orisinal. 

Harus orisinal? Iya, karena kabel yang bukan ori dan enggak sesuai dengan pabrikan smartphon tersebut membuat masalah timbul dan berimbas pada baterai smartphone kalian juga.

       2. Adapter Longgar

Masalah lain yang kalian temui jika ternyata kabel charger baik-baik saja, bisa kita cek ke bagian adapternya ya, Gaes. 

Seiring dengan usia smartphone kalian yang semakin berumur, adapter ternyata juga sama. Semakin kalian sering smartphone kalian pakai, adapternya bisa menjadi longgar.

Jangan langsung beli baru tapi ya. Tes dulu adapternya. Coba hubungkan kabel ke adapter lainnya ya, lalu cobalah charger smartphone kalian. Kalau ternyata sukses, itu berarti kamu tidak cocok lagi dengan adapter milik kalian. Silakan membeli yang baru, dan pastikan ORI.

        3. Post USB Smartphone kita kotor

Faktor eksternal lainnya yang menyebabkan smartphone kita tidak bisa dicharger kalau kalian perhatikan bisa jadi juga datang dari smartphone kalian sendiri. 

Seperti untuk pengisian daya baterai, harusnya kabel charger kalian dihubungkan ke smartphone kalian lewat port USB-nya ya, Gaes.

Eit, tunggu dulu. Mau nanya nih? Kalian termasuk yang rajin atau malas bersihin smartphone? Hal ini penting karena jika kalian jarang merawat atau membersihkan smartphone, akan datanglah kotoran dan debu di smartphone kalian. Termasuk juga di bagian port USB-nya. Kalau kalian diemin debu-debunya di smartphone, ini bisa jadi penyebab proses pengisian daya baterai jadi terhambat.

Kalian bisa membersihkan debu dengan kapas halus, kapas, atau meniupnya. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak komponen yang lainnya.

          4. Adanya BUG

Selain faktor eksternal, faktor internal juga jadi penyebab tidak bisa dicharger. Salah satunya terletak pada software smartphone yaitu ‘BUG.’

Kalian cek lagi dengan aplikasi pengecek kondisi baterai, seperti Battery Life, Ampere, dan Repair Battery Life PRO

Aplikasi di atas mampu meneliti apa yang menjadi sebab proses charger menjadi terganggu. Jika memang ada ‘BUG’ di smartphone kalian, segera pulihkan dengan aplikasi tersebut di atas.

          5. Sistem Operasi Belum Diupdate ke Versi Terbaru

Kalian pengguna smartphone OS harus update OS ke versi terbaru, karena pasti ada beberapa sistem yang diperbaiki atau diperbaharui.

Jangan dicuekin ya kalau ada permintaan update. Ini juga bisa menjadi penyebab proses charger kinerjanya tersendat.

Kalau permintaan update tidak muncul bagaimana? 

Langsung pergi ke Settings>menu About phone/ System Updates. Ok.

         6. Sumber Daya Tidak Mencukupi

Ada beberapa smartphone yang sumber daya listriknya kurang mencukupi. Jika sumber daya smartphone kalian lebih rendah dari angka yang ada di adapter smartphone, bisa jadi smartphone kalian enggak akan bisa ngisi maksimal.

Ditambah jika kalian sering memakai power bank atau laptop yang sumber dayanya kecil.

        7. Memori RAM Smartphone Penuh

Smartphone yang penuh memorinya pasti akan membuat masalah baru. Kalian bisa restart atau reboot. Dengan demikian seluruh chache yang ada di memori RAM internal smartphone kalian akan bersih kembali. 

Gimana? Sudah tuntas nih tujuh penyebab dan solusi mengatasi smartphone tidak bisa dicharger. Semoga bisa menambah wawasan kalian dan bermanfaat ya tipsnya.

Jangan lupa untuk update terus berita dan artikel terbaru di sini. Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.