Tips Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store

Umumnya smartphona yang sering mengalami masalah ini adalah Xiaomi, Asus Zenfone, tetapi smartphone lain pun ada juga yang mendapatkan masalah yang sama.

0

Kalian pernah mengalami tidsak bisa melakukan download aplikasi atau game di Play Store? Masalah ini memang sering terjadi baik kalian memakai smartphone dengan tipe atau merek apapun itu. Umumnya smartphona yang sering mengalami masalah ini adalah Xiaomi, Asus Zenfone, tetapi smartphone lain pun ada juga yang mendapatkan masalah yang sama.

Kalian pernah mengalami tidsak bisa melakukan download aplikasi atau game di Play Store? Masalah ini memang sering terjadi baik kalian memakai smartphone dengan tipe atau merek apapun itu.

Umumnya smartphona yang sering mengalami masalah ini adalah Xiaomi, Asus Zenfone, tetapi smartphone lain pun ada juga yang mendapatkan masalah yang sama.

Lalu adakah cara mengatasinya? Ada. Bagaimana caranya? Kalian baca artikel ini sampai habis ya, Gaes. Simak kuy!

Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Penyebab yang paling banyak ditemui saat aplikasi tidak bisa kalian download di playstore adalah tempat ruang penyimpanan memori internal penuh.

Tidak ada ruang untuk aplikasi baru yang baru didownload, sehingga gagal instal.

Segera hapus aplikasi yang jarang dipakai atau yang tidak dipakai sama sekali agar memori penyimpanan lega dan kalian bisa download aplikasi atau game baru.

Hapus data Google Playstore

Cara kedua adalah menghapus data Google Play Store.  Dengan demikian google playstore tampak seperti baru pertama kali dipakai. 

Kalian bisa masuk dahulu ke settings atau setelan. Sesudah itu silahkan pergi ke apps atau apl atau app manager. Selanjutnya kalian cari aplikasi Google Playstor. Klik Clear data (hapus data). Terakhir restart smartphone ahar hasilnya paripurna.

Uninstall Playstore

Kalau cara di atas tidak bisa juga, mungkin ada file Google Playstore corrupt atau error. Kalau demikian solusi terbaik yang bisa kalian lakukan adalah menghapus Google playstore (uninstall).

Karena Playstore adalah aplikasi bawaan android, kalian bsia pergi ke Settings. Lalu masuk ke Apps atau apl atau app manager. 

Selanjutnya kalian cari aplikasi Gogole Play Stpre, kemudian klik uninstap updates. Terakhir, restart smartphone.

Update Google Play Store

Kemungkinan lain adalah Google Play Store kalian belum diupdate. 

Ini umum terjadi pada  pengguna jaringan 3G dan 4G. Karena, untuk update otomatis di android secara bawaan harus memakai wifi.

Karenanya, pastikan update Google playstore dengan cara membuka aplikasi playstore dahulu, lalu klik ikon tiga baris di pojok kiri atas dan klik settings atau pengaturan letaknya di bawah

Terakhir klik tulisan “Playstore version/versi playstore” sampai 4 kali atau bisa lebih.

Unroot 

Apakah kalian pernah root smartphone? Kalau iya, segera unroot (hapus root) agar apat kembali lagi playstore-nya

Ganti ROM

Kalian menggunakan ROM pihak ketiga? Bisa jadi ROM yang kalian pakai bermasalah.

Langsung ganti ROM yang lain, sebab masalah tidak dapat didownload di google playstore adalah salah satunya disebabkan ROM itu sendiri.

Update sistem android

Kalau masih tidak bisa kalian bisa coba cek sistem android. Bisa jadi sistem android sudah diupdate ke versi terbaru oleh pihak developer android.

Untuk mengupdate sistem android, Pergi ke setelan atau settings android, lalu klik About Phone. Setelah itu tap opsi System Updates.

Factory data reset

Cara terakhir adalah mengembalikan smartphone ke setelan pabrik atau factory data reset. Lakukan backup sebelum kalian melakukannya agar data penting tidak hilang.

Itu tadi beberapa tips untuk kalian Mengatasi Tidak Bisa Download di Play Store. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat ya, Gaes.

Jangan lupa update informasi terkini tentang apa saja di techjak.com. Banyak tips, review, dan info bagus lainnya baik dari dalam atau luar negeri wajib kalian ketahui.

Baca Juga :

Sampai bertemu artikel beriktunya. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian tidak perlu khawatir lagi bila terjadi eror pada Playstore kalian. Kalian hanya perlu melakukan ini sendiri dirumah tanpa harus pergi ke tempat service smartphone.

Leave A Reply

Your email address will not be published.