Tips Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Windows 7

Beberapa sebab lain misalnya, aplikasi tidak kompatibel, ruang disk penuh, ada virus, kerusakan file aplikasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

0

Salah satu penyebab umum dari masalah tidak bisa install aplikasi ini yaitu aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi.

Kalian pernah mengalami tidak bisa install aplikasi Windows 7? Tidak perlu khawatir, karena kalian bisa mengatasinya dengan tips ampuh berikut ini.

Salah satu penyebab umum dari masalah tidak bisa install aplikasi ini yaitu aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan sistem operasi. Mengingat banyak pengguna PC yang masih pemula melakukan kesalahan dalam mengunduh aplikasi atau software.

Di samping itu virus juga bisa membuat banyak masalah. Beberapa sebab lain misalnya, aplikasi tidak kompatibel, ruang disk penuh, ada virus, kerusakan file aplikasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudian bagaimana cara mengatasinya?

Pakai Windows Installer

Jika kalian mengalami masalah tidak bisa install aplikasi di Windows 7, coba pastikan dulu service Windows Installer-nya. Mengingat masalah ini kerap terjadi saat service Windows Installer dalam keadaan disable. 

Untuk mengubahnya,  klik icon Windows + R untuk membuka jendela “Run”. Lalu ketikan service.msc di kolom dan klik Enter.

Kalau sudah, lakukan gulir ke bawah sampai menemukan service Windows Installer dan klik Kanan lalu tap Properties.

Pada bagian “Startup type”, ubah menjadi Manual dan tap Apply lalu klik OK. Sesudah itu coba lakukan install aplikasi kembali. Selesai.

Restart PC atau Laptop

Apabila memang service Windows Installer dalam keadaan aktif tapi tetap saja tidak dapat install aplikasi, kalian dapat mengatasinya dengan restart PC atau laptop. Kemungkinan masalah ini karena service pada sistem tidak berjalan optimal atau bertabrakan. Krenanya tidak heran, tidak jarang dengan reboot ulang windows 7 bisa memperbaiki masalah yang ada.

Tapi sebelumnya, kalian harus bersihkan file sampah di sistem memakai aplikasi pembersih misalnya CCleaner atau lainnya.

Dengan demikian, sistem Windows 7 akan berjalan dengan optimal saat dilakukan reboot ulang. 

Kosongkan Ruang Disk

Ini juga bisa jadi solusi untuk kalian. Karena itu berikan space ruang untuk aplikasi yang sudah ada bisa berjalan secara normal.

Install sebagai Administrator 

Selanjutnya, kalian juga bisa memakai fitur Run as administrator untuk mengatasi tidak dapat install aplikasi di Windows 7. Tidak jarang beberapa aplikasi perlu hak akses administrator untuk melakukan penginstalan.

Langkah awal, cari aplikasi yang ingin dibuka. Lalu klik Kanan Aplikasi dan setelahnya kalian tap  Run as administrator. Kalau  muncul notifikasi, tap OK.

 Setelah itu tunggu proses membuka aplikasi beberapa saat. Selesai.

Download .NET Framework melalui situs resmi 

Dan untuk tips selanjutnya yaitu silakan coba untuk menginstall NET. Framework versi terbaru

NET. Framework sendiri punya peran penting dalam aplikasi yang berjalan di Windows. Bukan hanya itu saja, NET. Framework mempunyai cukup banyak fungsionalitas. Contohnya seperti penghubung sistem operasi, aplikasi terinstall dan yang lainnya.

Untuk mengunduh NET. Framework versi terbaru, silakan kalian akses laman resmi dari Microsoft di sini

Setelah menginstall NET. Framework, maka lakukan restart PC atau  laptop dulu sebelum melakukan install aplikasi

Cara lainnya, kalian bisa menjalankan System File Checker, scan dengan antivirus, atau mencari software terbaru.

Itu tadi artikel tentang tips mengatasi tidak bisa install aplikasi windows 7.

Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.