Tips Mengatasi Tidak Bisa Video Call di LINE

0

Kalian salah satu pengguna aplikasi LINE? Ingin melakukan video call dengan LINE tapi tidak bisa? Bingung bagaimana caranya? Tenang, Gaes. Kalian ada di tempat yang tepat. Saya di sini akan membaikan tips mengatasi video calldi LINE  yang tidak bisa kalian buka.

LINE memang menjadi aplikasi sosial media yang sering dimanfaatkan anak-anak muda di zaman milenial ini. Banyak benefit selain update status dan melihat video atau gambar lucu, kalian juga bisa mendapatkan berita menarik di LINE Today. Melakukan diskusi grup dengan sangat banyak peserta di sana. Dan juga bisa melakukan video call.

Baca Juga : Cara Bekerja Efektif Dengan Video Call

Salah satu fitur LINE yang menjadi fitur favorit para pengguna LINE saat ini adalah Video Call.  Seseorang bisa berkomunikasi dengan lawan mainnya hanya dengan video call.

Menariknya, LINE memberikan fitur video call gratis tanpa biaya sama sekali. Seperti halnya dengan Skype, WhatsApp, Google Hangout, dan lainnya.

Video Call di LINE bisa terlihat sangat jelas dan tidak terputus-putus. Hanya saja terkadang ada saja masalah mengenai video call yang error atau tidak berfungsi, dan biasanya yang paling sering terjadi pada smartphone Xiaomi (Android).

Setiap masalah pasti ada penyebabnya, dan penyebab itu pastinya juga bermacam-macam. Paling umum biasanya masalah ada pada Kamera. Mungkin saja kamera tersebut error atau mungkin tidak terkoneksi dengan LINE membuat video call terhambat.

Baca Juga ; Cara Video CAll Gratis Google Duo Sampai 12 Orang

Seperti contohnya pada smartphone Xiaomi yang memberikan notifikasi pop up bertuliskan “perangkat anda tidak mendukung panggilan video”.

Mengatasi LINE Tidak Bisa Video Call

Biasanya masalah-masalah tadi di atas sulit diatasi, tapi saya akan memberikan tips agar video call di LINE bisa berfungsi seperti biasanya. 

Di bawah ini adalah tips-tips yang bisa kalian terapkan nanti.

Cek Izin Aplikasi LINE Mengakses Kamera

Kadang-kadang seseorang lupa atau mungkin tidak tahu jika setiap aplikasi yang ingin mengakses hardware akan ada ijin tertentu, boleh atau tidak boleh.

Dalam hal ini kalian sebagai pengguna bisa mengubah atau mengatur aplikasi tertentu saat ingin mengakses hardware yang kalian inginkan.

Baca Juga : Line Makin Maju Dukung Panggilan Grup Sampai 200 Orang

Untuk aplikasi LINE yang tidak bisa video call, kalian harus lebih dahulu cek pada bagian perijinan.

Kalain bisa masuk le menu Pengaturan, kemudian klik opsi Keamanan. Lalu tap opsi Pengoperasian Aplikasi, tekan opsi Media, dan cari aplikasi LINE. Kalau sudah ketemu kalian bisa melihat tentang perijinan aplikasi untuk mengakses kamera dan microphone.

Kalau tidak dijinkan (abaikan) maka kalian bisa ganti dengan ijinkan. Dengan demikian nantinya LINE kalian bisa untuk video call kembali. 

Stop dan Hapus Data Aplikasi LINE

Supaya membuat LINE seperti terlihat masih baru dan fresh alangkah lebih baiknya kalian menghapus data dari aplikasi LINE itu sendiri.

Caranya sangat mudah. Kalian bisa langsung masuk pada menu Pengaturan, kemudian klik opsi Aplikasi. Tap opsi Semua, dan klik  LINE. Pada bagian tersebut, kalian bisa “Stop Aplikasi” dan “Hapus Data”.

Baca Juga : Cara Mudah Merekam Video Call Whatsapp di Android

Atau, kalian bisa langsung buka menu Pengaturan  Setelan Tambahan, tap opsi Manajemen Aplikasi. Cari “LINE”, lalu tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Setelah itu kalian restart smartphone android kalian dan cobalah untuk membuka aplikasi LINE kembali. Kalian bisa login kembali memakai ID dan Password LINE yang kalian miliki.

Install Ulang Aplikasi LINE

Jika cara kedua tidak berhasil, kalian bisa mencoba untuk menghapus Aplikasi LINE tersebut. Download kembali lewat Google Play Store. Pastikan juga semua riwayat dan cache android sudah bersih secara total.

Kalian harus segera membuka menu Pengaturan, kemudian klik opsi Setelan Tambahan, tap opsi Manajemen Aplikasi.

Langsung cari “LINE” dan kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Ingat, jangan menginstall aplikasi LINE dengan format apk. Alangkah lebih baiknya mengunduh langsung lewat Google Play Store yang bebas dari fitur dan dijamin masih orisinil tanpa modifikasi.

Bisa Jadi Kamera Depan Bermasalah

Kalau semua cara sudah kalian coba tapi masih gagal, kemungkinan besar bukan karena LINE kalia yang bermasalah. Tetapi, bisa jadi kamera depan kalian memang tidak support atau mungkin terjadi error dan kerusakan. 

Solusinya hanya dengan memperbaiki kamera android terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk mengatasi tidak bisa melakukan video call di LINE, Gaes.

 

Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.