Tips Mengatasi Tombol Back Android Error

Walaupun trend smartphone dengan tipe full touch screen sudah populer, masih saja ada para pengguna yang memakai smartphone model lama ini sebagai cadangan. Biasanya merekalah yang mengalami masalah Error Ttombol Back Android.

0

Pada umumnya, semakin sering smartphone tersebut digunakan, maka performanya akan makin berkurang dan bisa jadi tombol back tidak bisa berfungsi.

Sedang asyik bermain game, ada panggilan masuk. Kalian kesal karena ternyata tombol Back kalian tidak berfungsi dan bingung cara mengatasinya. Pernah seperti itu? Jika pernah, maka tidak hanya kalian yang mengalaminya. Hal ini terjadi untuk kalian yang masih suka memakai android tipe lawas dengan fitur press buttons.

Ya. Walaupun trend smartphone dengan tipe full touch screen sudah populer, masih saja ada para pengguna yang memakai smartphone model lama ini sebagai cadangan. Biasanya merekalah yang mengalami masalah Error Ttombol Back Android.

Meskipun sebenarnya, smartphone full touch sceen pun bisa juga mengalami masalah yang sama, yaitu tombol Back jadi tidak bisa berfungsi normal.

Pada umumnya, semakin sering smartphone tersebut digunakan, maka performanya akan makin berkurang dan bisa jadi tombol back tidak bisa berfungsi.

Tutup semua aplikasi lalu restart smartphone

Tips pertama yang bisa kalian lakukan adalah menutup semua apliaksi lalu restart smartphone.

Cara ini tergolong simpel, tapi sangat manjur kalau tidak terlalu parah kerusakannya.

Untuk melakukannya kalian bsia masuk ke menu Settings, kemudian klik Manajer Apliaksi (Application Manager).

Setelah itu cari aplikasi yang sedang berjalan. Lalu klik tombol Berhenti paksa (force stop).

Update Sistem Android

Bisa jadi ini pengaruh dari bug sistem android yang tidak kalian perbarui. Karena itu pastikan sistem android di smartphone kalian adalah yang terbaru untuk menghindari terjadinya bug.

Salah satunya yaitu tombol back tidak berfungsi dengan baik. Agar melakukan perbaruan sistem android, kalian bisa pergi ke menu setelan yang ada ikon roda gigi. Lalu cari dan klik tentang telpon (About Phone). Terakhir klik tombol perbarui sistem (System Updates).

Factory data reset

Cara terakhir yang dapat kalian adalah factory data reset atau biasa disebut juga reset pabrik.

Sebelum itu backup dahulu data kalian sebelum melakukan ini. Kalau sudah, kalian masuk ke setelan (settings), lalu klik Backup and restore/reset, dan tap opsi ketuk Factory data reset

Aplikasi Tombol Back

Cara ini bisa kalian pakai untuk smartphone tipe lawas dimana layar masih belum full.  Dengan memakai aplikasi tombol back yang bisa kalian unduh di Play store.

Memakai Timah Rokok.

Kalian bisa ambil bagian timahnya yang warna silver atau emas itu. Tempelkan menghadap jalur listrik. Jika tidak yakin dengan tombol yang mana maka kalian bisa memakai amperemeter dan cari yang bertegangan (+-).

Atur posisinya agar tisak menempel terus-terusan sebab tombol back kalian akan kepencet terus.

Jika sekiranya posisi sudah benar kalian  bisa coba pasang kembali casing dan tes dulu tombol back apakah sudah berfungsi.

Jika belum, cek ulang posisi kertas timah apakah menempel ke bulatan di lempengan.

Banyak yang sudah sukses dengan cara-cara di atas tapi bisa jadi kerusakan awal sebenarnya adalah permanen atau lebih serius dari itu maka saya tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang tidak diinginkan.

Memang cara paling tepat sebenarnya membawa smartphone lawas kalian yang error ke tukang service smartphone.

Baca Juga :

Selamat mencoba. Nah, dengan begini kalian dapat memperbaiki tombol back pada smartphone kalian sendri tanapa harus ke kempat service smartphone untuk memperbaikinya. Kalian dapat melakukan cara ini pada semua jenis smartphone dengan tombol back diluar LCD smartphone.

Leave A Reply

Your email address will not be published.