Tips Mengatasi Tombol Back Asus Zenfone Tidak Berfungsi

0

Asus Zenfone mempunyai spesifikasi yang bagus dan juga mempunyai fitur yang unik daripada kompetitor yang lain.

Meskipun tidak banyak dibicarakan di media sosial, pengguna Asus Zenfone sudah cukup banyak di Indonesia.

Ketika kalian membeli Asus Zenfone biasanya tidak ada cacat atau bug sama sekali, bersih dari pabrik. Tetapi seiring bertambahnya pemakaian yang lama, terkadang ada masalah yang muncul. Salah satunya adalah tombol back, dan home Asus Zenfone tidak berfungsi sama sekali.

Masalah ini ada di versi Zenfone mana saja, baik itu Asus Zenfone 3, 5, 6, dan lain-lainnya.

Karenanya masalah ini kurang lebih ketika tombol back, home dan recent apps ditekan maka dia akan macet, tidak menyala.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Kalian juga pernah melakukan secara terus menerus tetap saja tombol-tombol tersebut tidak berfungsi dengan baik? Sebenarnya apa penyebab dari tombol back dan home Asus Zenfone macet?

Banyak sekali faktor penyebabnya. Hanya saja salah satunya adalah dikarenakan tidak update firmware.

Lalu, bagaimana caranya untuk memperbaiki masalah ini? Tenang, Gaes. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips Mengatasi Tombol Back dan Home Asus Zenfone Tidak Berfungsi

Factory reset

Lakukan factory reset atau reset pabrik untuk memperbaiki tombol back dan home tidak berfungsi pada Asus Zenfone.

Sebelum melakukan hal ini kalian harus melakukan backup data terlebih dahulu, sebab cara ini akan menghapus seluruh data yang ada di memori internal smartphone kalian.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Smartphone Oppo Tanpa Tombol Power

Untuk melakukan factory data reset pertama-tama kalian harus mematikan smartphone terlebih dahulu.

Kemudian, kalian bisa hidupkan smartphone dengan cara menekan tombol power dan tombol volume up (+) secara berbarengan dan tahan sampai beberapa detik sampai masuk ke droidboot. Kalau sudah, silahkan disana pilih factory reset.

 

Update firmware

Apabila kalian sudah melakukan factory data reset tetapi tetap tidak bisa berhasil, maka langkah berikutnya adalah update firmware.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa salah satu masalah tombol back, home, recent apps asus zenfone tidak merespon atau berfungsi karena tidak update firmware yang terbaru.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah melakukan update firmware terlebih dahulu. Dengan begitu masalah ini akan langsung teratasi.

Perlu kalian ingat bahwa setiap versi berbeda-beda cara melakukan upgrade firmware. Dan cara ini sangat berisiko bagi orang awam.

Baca Juga : Mengetahui Fungsi Tombol WPS pada Perangkat WIFI

Karena itu kalian bisa mencari cara update firmware yang mudah dimengerti dan baca dengan seksama agar mudah untuk kalian eksekusi.

Kalau kalian tidak ingin update firmware maka cara alternatifnya adalah dengan cara berikutnya.

Memakai Aplikasi Tombol di Play Store

Apabila kalian memang tidak berani melakukan update firmware maka satu-satu cara alternatif lainnya adalah mengunduh aplikasi tombol di play store sebagai alternatif tombol.

Itu tadi tips untuk mengatasi tombol back, home, recent apps Asus Zenfone tidak bekerja. Tips ini bisa kalian gunakan di ASus Zenfone 3, 4, 5, 6, dan lainnya.

Kalau ada pertanyaan cara  untuk mengatasi tombol back, home, recent apps Asus Zenfone tidak bekerja atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Baca Juga : Tips Mengubah Fungsi Tombol Bixby Samsung Galaxy S10 Series

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile ataupun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi.

Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.