Tips Mengatasi WhatsApp Force Close

WhatsApp pun tidak jarang mengalami error. Salah satunya yaitu Force Close atau keluar sendiri. Saat error ini keluar, akan ada sebuah pesan bertuliskan Sayangnya whatsapp telah berhenti (Dalam teks bahasa inggris: unfortunately whatsapp has stopped).

0

Error ini membuat akun WhatsApp logout sendiri. Dan kalau sudah begini maka whatsapp tidak bisa dibuka walaupun sudah dicoba berkali-kali. Error yang hampir sama dengan error ini adalah ‘Whatsapp tidak menanggapi. anda ingin menutupnya?‘

Sekarang adalah zaman dimana seseorang berkirim pesan dan melakukanpanggilan lewat WhatsApp. Aplikasi ini memang populer di seluruh dunia dan dipakai setiap detiknya karena banyak fitur dan layanan di sana.

Sayangnya, WhatsApp pun tidak jarang mengalami error. Salah satunya yaitu Force Close atau keluar sendiri.

Saat error ini keluar, akan ada sebuah pesan bertuliskan Sayangnya whatsapp telah berhenti (Dalam teks bahasa inggris: unfortunately whatsapp has stopped).

Error ini membuat akun WhatsApp logout sendiri. Dan kalau sudah begini maka whatsapp tidak bisa dibuka walaupun sudah dicoba berkali-kali.

Error yang hampir sama dengan error ini adalah ‘Whatsapp tidak menanggapi. anda ingin menutupnya?

Penyebab WhatsApp Force Close

Terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat Whatsapp Force Close. Di antaranya adalah, file aplikasi whatsapp rusak, menggunakan whatsapp yang tidak resmi atau di luar Play Store, memori internal full, dan masih banyak lagi yang penyabab lainnya.

Instal di Play Store

Kenapa memangnya? Karena banyak yang mengunduh di tetmpat lain agar bisa memperoleh akses premium. Padahal jika download di Play Store, akan ada update versi terbaru untuk menutupi bug yang ada di versi sebelumnya.

Tutup Paksa lalu Restart Smartphone (Force Stop)

Force stop jadi cara yang ampuh untuk mengatasi Whatsapp force close (keluar sendiri) kalau baru pertama kali mengalami hal ini.

Kalian tinggal pergi ke Settings, lalu klik Application Manager. Sesudah itu cari aplikasi Whatsapp. Dan tap tombol Force Stop.

Kemudian restart smartphone supaya pemulihan lebih optimal.

Clear Data Aplikasi WhatsApp

Kebanyakan Whatsapp keluar sendiri disebabkan file-file Whatsapp rusak saat menginstall dan update Whatsapp.

Dengan cara ini maka nantinya kalian wajib login kembali akun whatsapp, sebab dengan clear data akan menghapus data login whatsapp.

Untuk clear data, masuk ke settings, dan klik Appliaction Manager. Cari aplikasi Messenger dan scroll ke bawah lalu klik clear data.

Update Aplikasi WhatsApp

Sebab force close bisa juga karena tidak update versi terbaru, dan biasanya terjadi pada mereka yang memakai jaringan 3g/4G karena tidak otomatis update versi terbarunya.

Langsung cek ke play store, dan lakukan update, Gaes.

Instal Ulang WhatsApp

Untuk melakukan tips ini, kalian bisa ke menu Settings, lalu klik Aplikasi Manager, dan terakhir cari apliaksi WatsApp dan klik uninstall.

Jika sudah, restarts smartphone lalu instal ulang kembali WhatsApp.

Hapus Aplikasi yang Jarang Dibuka

Kenapa harus dihapus? Karena bisa membuat memori penuh dan kinerja aplikasi lain melambat.

Pindahkan Whatsapp ke Memory Card

Tips ini bisa kalian lakukan supaya cache dan data-data Whatsapp tidak memenuhi memori internal smartphone yang membuat whatsapp tidak dapat dibuka.

Update Android OS

Saat kalian lupa update OS, bisa jadi Force Close akhirnya. Untuk mengatasinya, kalian perlu update OS, Gaes.

OS android update untuk memperbaiki bug-bug yang ada di android seperti halnya tidak dapat membuka aplikasi.

Lakukan pengecekan manual secara berkala supaya WhatsApp dapat dibuka kembali, dengan cara klik menu Settings, kemudian klik About Phone, lalu klik System Update.

Factory Reset

Lakukan bakcup data sebelum factory reset, karena semua data akan hilang dengan proses ini. Kalian cukup masuk ke menu Settings, lalu klik Aplikasi Manager, kemudian klik Backup and restore. Terakhir, klik Factory Data Reset. Maka smartphone kalian akan tampil seperti saat baru beli.

Baca Juga :

Selamat mencoba! Nah, dengan begini kalian dapat mengatasi aplikasi WhatsApp yang Force Close secara tiba – tiba. Kalian dapat melakukan beberapa cara diatas secara berulang kali bisa eror Force Close semakin parah atau kalian harus mengganti smartphone kalian.

READ  5 Cara Cepat dan Efektif Menambah Followers TikTok

Leave A Reply

Your email address will not be published.