Tips Mengatasi WiFi No Internet Access di Windows

WiFi yang mendapatkan masalah no internet access, dapat dkarenakan beberapa hal. Baik dari salah setting router, salah setting Windows, sampai gangguan jaringan dari provider-nya itu sendiri.

0

Ketika kalian menghubungkan WiFi, seharusnya internet memang dapat langsung digunakan apabila seluruh pengaturannya sudah benar.

Pernahkah kalian mengalami layanan internet kalian tidak bisa diakses pada windows? Pasti sangat menyebalkan bukan?

Biasanya, ketika kalian menghubungkan WiFi, seharusnya internet memang dapat langsung digunakan apabila seluruh pengaturannya sudah benar.

Meksipun begitu, tidak jarang kalian malah menemukan masalah tertentu saat itu. Salah satunya, tampil pesan “no internet access“.

Beda dengan WiFi tidak bisa konek, masalah WiFi no internet access ini mrupakane kondisi di mana WiFi sesungguhnya tersambung, tapi jaringan internet tidak bisa dipakai.

Ciri-cirinya tampil halaman error di browser, atau bahkan tidak merespon sama sekali.

WiFi yang mendapatkan masalah no internet access, dapat dkarenakan beberapa hal. Baik dari salah setting router, salah setting Windows, sampai gangguan jaringan dari provider-nya itu sendiri.

Bagaimana Cara Mengatasi WiFi No Internet Access di Windows 7, 8, 10?

Ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah WiFi No internet Access di Windows. Berikut detailnya!

Restart Router 

Tips pertama yang bisa dilakukan saat memperoleh pesan “no internet access” ini, biasanya dengan me-restart perangkat pemancar WiFi dulu.

Cara ini cukup efektif. Sebab dengan melakukan restart, umumnya WiFi akan direfresh, sehingga error yang sebelumnya tampil dapat menjadi normal kembali.

Caranya buka halaman admin WiFi (coba: 192.168.1.1). Sesudah masuk, buka halaman Settings. Kemudian masuk ke pengaturan Device. Lakukan reboot router di sana.

Sesudah itu, koneksikan lagi PC atau laptop kalian ke WiFi tersebut, kemudian cek hasilnya.

Jika menggunakan IndiHome atau provider lain, dapat jug dengan melepas adapter power router. Ini juga akan membuat modem restart

Jalankan Ping

Ketika WiFi dihubungkan, seharusnya internet dapat langsung berjalan. Kalau tidak, berarti WiFi tersebut bermasalah, sehingga membuatnya tidak bisa merespon.

Oleh sebab itu, kalian bisa melakukan ping pada koneksi WiFi tersebut, dengan tujuan untuk mengeceknya.

Pertama-tama, tap tombol Windows + R, kemudian ketik “CMD“. Tujuannya untuk membuka Command Prompt.

Nanti di halaman Command Prompt, ketik “ping google.com -t“. Silahkan lihat hasilnya.

Apabila tidak merespon, biasanya akan tampil pesan RTO (Request Time Out).

Apabila tampil pesan RTO, coba restart modem seperti sebelumnya.

Restart Service

Di Windows, setiap device yang tersambung itu akan terdeteksi dan tersimpan. Karena itu, ada satu pengaturan di mana kalian dapat melakukan refresh pada service WiFi, untuk mengatasi no internet access pada WiFi.

Apalagi, opsi ini juga dapat dipakai di semua versi Windows, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Caranya di kolom search, ketikkan “Adminisrative Tools“, kemudian buka hasilnya. Berikutnya, cari dan buka Services.

Cari DHCP Client dan DNS Client, lalu lakukan restart. Sesudah menerapkan langkah-langkah tadi, coba hubungkan kembali WiFi kalian. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi WiFi yang tersambung tapi no internet access.

Lakukan Disable Adapter

Disable adapter ini efektif untuk mengatasi berbagai masalah di koneksi internet. Salah satunya masalah no internet access pada WiFi yang ada tanda seru.

Caranya di kolom search taskbar, ketikkan “Network And Sharing Center“, lalu buka hasilnya.

Berikutnya, tap Change Adapter Settings. Lalu pilih WiFi yang biasa kalian gunakan, dan tap Disable This Network Device. Sesudah itu, tap lagi Enable This Network Device.

Sekarang, coba lagi koneksikan WiFi kalian, lalu cek apakah masih tampil pesannya atau tidak. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.