Tips Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Terdapat beberapa hal yang dapat kalian lakukan. Baik dari pengecekan tagihan, restart router, instalasi driver, dan sebagainya. 

0

Ada beberapa pengguna yang merasa kesal karena terhubung ke Wifi tapi tidak bisa akses internet. Ini tentu saja membuat banyak orang bingung. 

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang harus ada pada setiap keseharian banyak orang. Dengan internet, kalian bisa melakukan banyak hal. Misalnya mencari informasi suatu barang, tutorial membuat sesuatu, sampai menyelesaikan tugas atau pekerjaan kalian sehari-hari.

Di samping mengunakan paket data internet untuk beraktivitas, biasanya banyak orang juga menggunakan WiFI sebagai media konektifitas.

Alasan memakai koneksi Wifi karena biasanya ia lebih cepat dan hemat daripada memakai data internet dari provider tertentu. Apalagi, saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan Wifi gratis. Misalnya kampus, kafe, restoran, hotel, dan area publik lainnya.

Tetapi, memakai Wifi tak selalu menyenangkan, Gaes. Ada saat kalian juga mendapatkan masalah saat tersambung ke jaringan Wifi. 

Ada beberapa pengguna yang merasa kesal karena terhubung ke Wifi tapi tidak bisa akses internet. Ini tentu saja membuat banyak orang bingung. 

Hanya saja, secara garis besar ada beberapa penyebabnya. Di antaranya tagihan yang belum dibayar, masalah di router WiFi, pengguna WiFi dibatasi (Limited Access), kesalahan setelan WiFi PC atau laptop, masalah Driver WiFi, IP diblokir oleh pemilik WiFi, dan banyak lagi lainnya. 

Terdapat beberapa hal yang dapat kalian lakukan. Baik dari pengecekan tagihan, restart router, instalasi driver, dan sebagainya. 

Setiap pengguna punya situasi yang berbeda-beda, ada pengguna yang tersambung ke jaringan WiFi milik sendiri, jaringan WiFi publik (tempat umum), atau jaringan Hotspot smartphone. 

Karena itu, kalian harus menyesuaikan cara sesuai dengan masalah yang kalian hadapi.

Pastikan tagihan telah dibayarkan

Ini mungkin terjadi ketika kalian mempunyai Wifi sendiri. Jadi, selalu pastikan kalian sudah membayar tagihan tepat waktu dan jangan sampai jatuh tempo.

Lainnya, sellau pastikan kalian punya data internet yang masih tersedia. Cek juga kondisi jaringsan smartphone, stabil atau tidak.

Restart

Bisa jadi ada masalah error yang membuat PC tidak dapat mengakses internet. Walau sederhana, tapi bisa jadi ini sangat membantu dalam mengatasi PC atau laptop yang tidak bisa mengakses internet. 

Sesudah me-restart , nanti hubungkan kembali ke jaringan WiFi dan cobalah untuk mengakses website atau situs.

Restart Router

Bisa jadi masalah di modem atau router kalian. Mungkin saja router error dan harus restart. Tetapi untuk memastikan apakah router  bermasalah, coba cek pada perangkat lain yang juga tersambung, misal teman, kakak, atau adik dalam satu keluarga yang juga tersambung ke WiFi. Mereka mengalami hal yang sama atau tidak. Kalau iya, router bermasalah. 

Untuk me-restart router, coba matikan router dengan mencabut stop kontak. Diamkan selama beberapa saat lalu colok kembali. Coba hubungkan kembali ke PC atau laptop kalian. Semoga nantinya bisa tersambung dengan baik dan bisa dipakai untuk mengakses internet.

Di samping me-restart router dengan tombol mencabut stop kontak, kalian juga bisa masuk ke antarmuka system router tersebut. 

Caranya buka browser. Lalu masukkan alamat IP (Internet Protocol) dari router tersebut, biasanya alamat default router seperti ‘192.168.1.1’ atau ‘192.168.1.254. Alamat IP biasanya ada di label di balik router. Kalian perlu menyesuaikan dengan router milik kalian.

Lalu login dengan username dan password dari router kalian. Kalau berhasil, kalian akan masuk di antarmuka program atau system dari router tersebut. Kemudian, temukan dan pilih menu ‘Administration’ atau ‘System Management’ (setiap merek router punya istilah yang berbeda-beda), intinya kalian temukan opsi Reboot lalu tap dan lakukan konfirmasi dengan tap Confirm

Sesudah itu, router akan dilakukan proses reboot. Coba sambungkan lagi PC atau laptop kalian ke jaringan WiFi. Selesai.

Putuskan dan Sambungkan Lagi

Kalian bisa putuskan jaringan WiFi kalian dengan tap Forget (Lupakan) lalu sambungkan kembali. Tujuannya untuk me-reset jaringan dan memperbaruinya dengan yang baru. Atau kalau pakai jaringan WiFi (Hotspot) dari smartphone, coba gunakan mode pesawat terbang. Aktifkan, lalu nonaktifkan mode airplane. Dan cek lagi apakah sudah terhubung ke internet atau belum.

Cara lainnya, kalian bisa mengatur alamat IP secara otomatis , menjalankan network troubleshooter, memastikan ISP tidak ada gangguan, update driver network, atau reset network.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet.

Jika ada ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.