Tips Mengatasi Windows 10 Lemot

Dari zaman Windows XP dulu, sampai Windows 10 sekarang ini, penyebab turunnya kinerja sistem operasi masih sama saja, Gaes. 

0

Versi ini memang dapat dikatakan cukup baik. Tetapi dalam beberapa hal, masih ada yang harus dimaksimalkan lagi, seperti stabilitas contohnya.

Windows 10 merupakan sistem operasi yang rilis sejak tahun 2015 lalu. Ia menggantikan sistem operasi sebelumnya yang sudah berjalan yaitu Windows 7, dan Widows 8.

Untuk masalah performa, versi ini memang dapat dikatakan cukup baik. Tetapi dalam beberapa hal, masih ada yang harus dimaksimalkan lagi, seperti stabilitas contohnya.

Sebab itu, tidak heran jika ada juga user yang melihat kinerjanya kurang maksimal, saat menggunakan sistem operasi ini.

Memangnya apa yang membuat Windows 10 Macet, Lambat, Hang, Lemot, Nge-lag?

Dari zaman Windows XP dulu, sampai Windows 10 sekarang ini, penyebab turunnya kinerja sistem operasi masih sama saja, Gaes. 

Pertama, karena data sampah menumpuk. Maksudnya file cache, alias filefile yang terbentuk seiring pemakaian Windows.

Kedua, terlalu banyak program. Banyak orang yang hobi meng-install beragam program di komputer atau laptop mereka, akibatnya kinerja sistem pun jadi menurun.

Ketiga, harddisk penuh. Serupa dengan sebelumnya. Hanya saja, di sini meliputi data-data seperti foto, video, dan lain-lain.

Keempat, terlalu banyak program berjalan. Program berjalan yang dimaksud, yaitu program multitask yang sedang kalian buka, dan juga program yang berjalan sendiri di latar belakang (background services). 

Kelima, ada komponen yang rusak. Contohnya harddisk, processor, VGA, dan semacamnya.

Masih ada lagi? Masih banyak. Tapi lebih baiki, langsung saja ke cara untuk mengatasinya kuy!

Mempercepat Kinerja Windows 10

Untuk dapat meningkatkan kinerja pada Windows 10, kalian bisa memakai beberapa tips berikut ini.

Pastikan Spesifikasi Komputer yang Digunakan Mumpuni

Sama halnya game, Windows 10 juga mempunyai spesifikasi minimal, agar optimal ketika dijalankan. Istilahnya system requirements.

Ini wajib diketahui, dan penuhi. Sebab kalau tidak, spesifikasi komputer mungkin tidak akan bisa untuk menjalankan sistem operasi ini.

Berikut ini kriteria spesifikasi minimal yang diperlukan.

Processor, 1Ghz atau lebih cepat. Saran sebaiknya dual-core ke atas. Kemudian RAM, 2GB untuk kedua sistem (32 bit dan 64 bit).

Terakhir, Harddisk, usahakan kapasitas kosong minimal 16GB untuk 32 bit dan 20GB untuk 64 bit.

Sekali lagi, spesifikasi tersebut wajib kalian penuhi.

Kalau tidak, cara apa pun yang akan kalian gunakan untuk mempercepat kinerjanya nanti, hasilnya tetap akan sia-sia, sebab kemampuan komputer tidak mungkin menyanggupi.

Tingkatkan Hardware

Kalau spesifikasinya memang belum sesuai? Cara mengatasiny, mau tidak mau kalian harus upgrade hardware-nya.

Untuk keperluan sistem sendiri, hardware yang dibutuhkan di sini utamanya yaitu processor dan memori. Silakan upgrade kedua komponen tersebut, kalau spesifikasinya memang belum memadai.

Untuk memori, sangat disarankan untuk memakai SSD. Dampaknya sangat efektif untuk meningkatkan performa. Bahkan dari ketika booting pun menjadi jauh terasa lebih cepat.

Membersihkan File Sampah Menumpuk

Walaupun masih belum banyak yang mengetahui caranya, sejatinya cara untuk membersihkan file sampah (cache) itu tidak sulit.

Caranya di kolom search taskbar, ketik “run“, kemudian buka. Sesudah tampil jendela Run, ketik lagi “temp” pada kolom yang tersedia, dan tap OK.

Berikutnya, hapus semua file dan folder yang terbuka di jendela baru.

Sekarang ulangi lagi, langkah-langkah di atas. Tapi bedanya, saat di jendela Run, ketik “%temp%“, baru setelahnya tap OK.

Defrag Harddisk

Jika kalian masih memakai harddisk, maka defrag ini wajib dilakukan hukumnya.

Melakukan defrag harddisk, untuk untuk membersihkan dan mengatur ulang, filefile yang berantakan di dalam penyimpanan.

Untuk Windows 10, caranya ketik “Defragment” pada kolom search. Lalu buka aplikasinya.

Jika sudah, tap Optimize pada drive yang kalian inginkan (utamakan sistem).

Proses defrag umumnya akan berlangsung selama 10 sampai 15 menit, tergantung spesifikasi komputer, kapasitas harddisk, dan juga seberapa banyak filefile yang ada. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.