Tips Mengatasi “Windows Photo Viewer Cant Open This Picture”

Format foto atau gambar error baik berformat  jpg, .jpeg, .png, bahkan terkadang .GIF pun juga jadi error. Bagimana bisa ada pesan error “windows photo viewer cant open this picture because either photo viewer doesnt support this file format , or you dont have the latest updates to photo viewer.”?

0

Saat kalian ingin membuka foto, tiba-tiba muncul pesan error, “windows photo viewer cant open this picture because either photo viewer doesnt support this file format , or you dont have the latest updates to photo viewer“. Pesan error ini pastinya membuat sedih, marah, jengkel dan yang lainnya. Sebab, foto-foto kenangan yang sudah kalian simpan di laptop atau komputer tiba-tiba foto tidak dapat dibuka.

Pernahkah kalian mengalami saat ingin membuka foto di laptop atau PC, tiba-tiba foto tidak bisa kalian buka? Sedih, kesal, atau marah? 

Ya. Saat kalian ingin membuka foto, tiba-tiba muncul pesan error, “windows photo viewer cant open this picture because either photo viewer doesnt support this file format , or you dont have the latest updates to photo viewer“.

Pesan error ini pastinya membuat sedih, marah, jengkel dan yang lainnya. Sebab, foto-foto kenangan yang sudah kalian simpan di laptop atau komputer tiba-tiba foto tidak dapat dibuka.

Error ini juga berlaku untuk foto-foto yang sudah disimpan di hardisk eksternal, kamera DSLR, smartphone android, iPhone, dan flashdisk.

Format foto atau gambar error baik berformat  jpg, .jpeg, .png, bahkan terkadang .GIF pun juga jadi error.

Bagimana bisa ada pesan error “windows photo viewer cant open this picture because either photo viewer doesnt support this file format , or you dont have the latest updates to photo viewer.”?

Sampai sekarang ini baru diketahui sebab dari masalah ini. Ini karena banyak faktor-faktor yang sulit untuk dilacak saat mendapat masalah ini.

Supaya bisa mengatasinya sekarang ini pun juga kalian hanya dapat melakukan beberapa cara. Cara ini pun belum pasti, kadang berhasil dan terkadang gagal. Tapi, tidak ada salahnya mencoba.

Coba cek. Siapa tahu salah satunya bisa mengatasi masalah kalian.

Install file shimgvw.dll

Salah satu sebab dari masalah ini mungkin bisa jadi karena  ada salah satu file yang ada di sistem operasi, tepatnya di folder sistem32 corrupt/rusak.

Dengan begitu maka foto kamera, smartphone, flashdisk, dan hardisk eksternal tidak dapat dibuka di windows baik windows 7, 8, ataupun windows 10.

File yang dimaksud adalah shimgvw.dll. Untuk mengatasinya tinggal cari file ini di internet kemudian download.

Kalau sudah download, masuk dulu ke ke folder system32, ada di: C: \ WINDOWS \ system32.

Kemudian kalian cari file shimgvw.dll, dan silahkan ubah nama filenya sesuka hati, contohnya: shimgvw_2.dll.

Apabila sudah berubah, selanjutnya masukan file shimgvw.dll yang tadi sudah didownload dari internet ke dalam folder system32. Lalu kalian klik tombol di keyboard logo windows + R.

Setelah itu ketik perintah: regsvr32 shimgvw.dll

Tunggu sebentar, dan akan muncul sebuah pesan, kurang lebih isinya “DllRegisterServer TO SHIMGVW.DLL Successded”.

Kalau pesannya seperti itu, ini berarti sudah selesai untuk memperbaiki file shimgvw.dll yang error. Kalian bisa restart laptop atau komputer supaya lebih optimal dalam proses pemulihan filenya.

Ijinkan admin untuk membuka foto

Penyebab lain, mungkin foto-foto yang tidak bisa tersebut tidak mengijinkan user untuk membuka.

Umumnya hal ini terjadi di windows 7, bisa juga di windows versi yang lainnya.

Cara mengatasinya adalah dengan mengijinkan user untuk bisa membuka foto-foto dari eksternal maupun dari laptop ata komputer itu sendiri.

Caranya, yang pertama klik kanan foto yang rusak. Pilih opsi properties. Kemudian pada menu di atas klik security dan tap opsi “continue”. Lalu kalian klik “add” di bawah.

Di bagian from this location silahkan catat baik-baiknama laptop atau komputernya. Kemudian klik tombol “advanced” di bawah.

Setelah itu klik “find now”di bagian kanan, dan ketiklah nama komputer atau laptop yang tadi sudah dicatat. Contoh: Dekstop-44506. Klik OK.

Sesudah itu di bagian “permission for now” yang ada di bawah kalian centang semua. Tap OK.

Sudah? Cobalah buka foto yang tadi tidak bisa dibuka.

Apabila masih gagal, maka mungkin penyebabnya karena memang foto atau gambar yang disimpan sudah corrupt/rusak.

Solusi daripada ini hanyalah memperbaiki foto dengan cara menginstall software. Software untuk memperbaiki foto saat ini yang dapat kalian coba adalah stellar phoenix photo recovery.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian tidak perlu khawatir lagi bila ada foto, video ataupun GIF yang eror. Kalian hanya perlu menggunakan saalah satu cara diatas supaya kalian bisa memperbaikinya sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.