Tips Mengatur DPI Mouse

Apabila kalian yang sering main game PC, terutama genre FPS, maka mengatur DPI mouse ini penting. Bagaimana cara mengaturnya?

0

Kegunaan DPI ini sendiri  untuk mengatur kecepatan dari pergerakan cursor pada mouse. Semakin besar nilai DPI-nya, maka gerakan cursor akan jadi lebih cepat.

Apakah kalian pernah mendengar istilah DPI (Dots Per Inch) di mouse? Atau sudah dengar tapi belum tahu itu apa dan gunanya untuk apa? Tenang, semua akan dibahas disini, Gaes.

Kegunaan DPI ini sendiri  untuk mengatur kecepatan dari pergerakan cursor pada mouse. Semakin besar nilai DPI-nya, maka gerakan cursor akan jadi lebih cepat.

Apabila kalian yang sering main game PC, terutama genre FPS, maka mengatur DPI mouse ini penting. Bagaimana cara mengaturnya?

Cara Mengatur DPI Mouse

Untuk caranya ada beberapa. Ditambah lagi jika mouse yang kalian gunakan termasuk seri gaming.

Bisa melalui tombol, melalui aplikasi khusus dan langsung melalui Windows. Untuk lebih jelasnya, berikut detailnya.

Lewat Tombol Mouse Langsung

Cara pertama, kalian dapat mengatur kecepatan DPI melalui mouse langsung. Di mouse memang ada tombol khusus untuk mengubah pengaturan DPI. Umumnya terletak di bagian atas body mouse (belakang scrooll wheel).

Tap tombol tersebut, dan cek kecepatannya. Jika terasa masih lambat tap lagi. Untuk mouse yang ada LED-nya, tidak jarang warna lampu akan berubah mengikuti DPI. Contoh warna mouse biru untuk DPI-400, merah untuk DPI-800 dan lainnya.

Lewat Aplikasi

Mouse gaming merk tertentu umumnya memiliki driver atau aplikasi tersendiri. Aplikasi ini digunakan mouse klik otomatis, dan pastinya kecepatan DPI.

Sebab tiap merk memiliki aplikasi yang beda-beda, maka cara setting-nya tentu beda juga. 

Hanya saja, secara garis besar seperti ini. Pertama-tama, kalian Install driver atau aplikasi bawaan dari mouse. Lalu buka aplikasinya. Selanjutnya silahkan kalian cek pada pengaturan mouse, cari kolom DPI atau sensitivity levels

Setelah itu, kalian silakan ubah DPI menjadi sesuai keinginan kalian. Selesai.

Jangan lupa simpan pengaturan kalau sudah.

Ingat, aplikasi bawaan mouse bisa kalian peroleh dari DVD atau dari situs resmi mouse langsung.

Lewat Setting Windows

Kedua cara sebelumnya hanya berlaku jika kalian menggunakan mouse gaming. Untuk cara yang ini cocok jika kalian menggunakan mouse biasa. Yaitu dengan mengatur DPI lewat settings di Windows.

Pertama buka Windows Settings dengan tap tombol Ctrl + I pada keyboard klik menu Devices. Setelah itu klik menu Mouse pada kolom di bagian kiri.

Jika sudah, pilih lagi menu Additional mouse options. Di sini jendela Mouse Properties akan muncul, kalian tap tab Pointer Options.

Terakhir, silahkan kalian atur kecepatannya pada kolom Select a pointer speed. Selesai.

Semakin ke kanan pengaturan, maka gerakan mouse akan semakin cepat. Sebab tidak ada patokan berapa DPI dari bawaan Windows tersebut, gunakan feeling senyamannya saja.

Catatan Pengaturan DPI Pada Mouse

Kecepatan mouse memang bergantung pada DPI. Tapi, pengaturan yang dilakukan di aplikasi juga berlaku. Utamanya pada game.

Contohnya kalian menggunakan setting 4800-DPI, tapi pengaturan sensitivity mouse-nya di game kecil. Apstinya DPI besar tersebut akan percuma.

Karena itu silakan atur juga di aplikasinya. Sebab sekali lagi, nyaman tidaknya sensitivitas itu beda-beda. Ada yang lambat, ada yang cepat.

Itu tadi beberapa cara untuk mengatur DPI mouse. Bisa untuk mouse gaming ataupun jenis mouse biasa. Pilih saja cara yang kira-kira sesuai untuk kalian dan mouse-nya. 

Apabila kalian ada pertanyaan, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.