Tips Mengatur Keuangan untuk Usaha dan Bisnis

Hal ini dapat menjadi kesalahan finansial bisnis yang besar untuk memangkas pengeluaran secara keseluruhan tanpa berfikir matang. 

0

Banyak bisnis sudah memulai dengan baik tapi berikutnya mengalami penurunan sampai gagal beberapa dekade lalu disebabkan salah urus keuangan

Menjalankan bisnis dan usaha baik kecil atau besar merupakan proses yang tidak pernah berhenti. Perputaran ini pun tak lepas dari keuangan yang harus dijaga dengan stabil agar usaha bisa tetap berjalan baik.

Hanya saja, tidak jarang ada pemilik bisnis berifkir jika keuangan mereka akan sulit di awalnya, tetapi mereka akan bisa lebih rileks ketika bisnis mereka mapan. Sebagaimana yang mungkin kalian pelajari dari pengalaman, walau kadang bukan seperti itu juga di lain sisi.

Banyak bisnis sudah memulai dengan baik tapi berikutnya mengalami penurunan sampai gagal beberapa dekade lalu disebabkan salah urus keuangan. Untuk menjaga bisnis dan impian kalian tetap hidup, kalian wajib terus menilai situasi keuangan kalian dan mencari cara untuk memperbaikinya sebab ini bagian penting dalam usaha dan bisnis.

Bahkan, hal ini dapat menjadi kesalahan finansial bisnis yang besar untuk memangkas pengeluaran secara keseluruhan tanpa berfikir matang. 

Ketahuilah pengeluaran yang tepat untuk dipotong dan menerapkannya dengan cara yang benar sebab jika kalian salah perhitungan maka akan menjadi bumerang. 

Mengenal dan Memahami Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan praktik membuat rencana bisnis, lalu memastikan semua departemen tetap di jalurnya. Manajemen keuangan yang solid menghasilkan wawasan tentang bagaimana mendanai investasi tersebut, likuiditas, profitabilitas, cash runway dan banyak lagi.

Software keuangan ERP juga bisa membantu tim keuangan mencapai tujuan seperti sistem manajemen keuangan menggabungkan beberapa manfaat keuangan, misalnya akuntansi, manajemen aset tetap, pengakuan pendapatan, dan pemrosesan pembayaran.  

Kenapa Penting Memanajemen Keuangan?

Sebab, dengan manajemen keuangan yang efektif, semua karyawan tahu ke mana arah perusahaan, dan mereka bisa melihat kemajuan.

Berikut ada beberapa tips untuk kalian supaya dapat mengatur keuangan untuk usaha dan bisnis.

Perhatikan anggaran 

Mengembangkan anggaran tahunan untuk bisnis kalian jadi langkah penting yang membuat kalian bisa mengelola keuangan secara efektif sepanjang tahun. 

Anggaran ini untuk pedoman kalian membuat keputusan bisnis tertentu sebelumnya di samping juga membantu menyusun rencana untuk ekspansi. 

Kalian pun harus meluangkan waktu untuk memeriksa kembali penghasilan dan pengeluaran untuk memperbaiki kebiasaan pengeluaran kalian dan membuat uang bekerja lebih keras dan cerdas untuk kalian.

Pilih investor yang tepat

Investor dapat menjadi aset yang bagus untuk bisnis kalian, sebab mereka memungkinkan kalian mengumpulkan lebih banyak dana daripada yang bisa kalian peroleh lwat pinjaman. 

Mereka bisa membantu kalian meningkatkan skala bisnis atau mempertahankannya selama masa sulit. Oleh sebab itu, memilih investor yang tepat sangat penting untuk kesuksesan bisnis kalian sendiri. 

Teliti usaha terbaru calon investor kalian dan ketahui seberapa erat hubungan mereka dalam bisnis sebelum membuat keputusan.

Pertahankan skor kredit yang lancar

Skor kredit dipakai untuk menentukan kelayakan kredit suatu bisnis oleh beragam lembaga keuangan, pemasok, mitra, dan bahkan calon pelanggan. 

Ini memberi mereka gambaran apakah kalian akan gagal membayar hutang atau tidak. Nilai kredit yang baik membantu membangun niat baik dalam bisnis. 

Kalau kalian mempertahankan skor kredit yang baik, kalian bisa meningkatkan kesuksesan finansial bisnis kalian. 

Oleh sebab itu, penting bagi setiap bisnis untuk mempelajari cara mengatasi nilai kredit yang buruk.

Lindungi bisnis Anda dari penipuan

Setiap bisnis harus mencermati keamanan dunia maya ketika menggunakan teknologi, platform e-niaga, dan pembayaran elektronik. 

Pastikan perangkat lunak anti-virus dan firewall kalian rutin diperbarui untuk memastikan data kalian dan data klien terlindungi.

Pelajari pasar dan keuangan

Biasakan untuk mempelajari tren pasar dan memikirkan posisi keuangan dan rencana bisnis kalian untuk tahun yang sesuai. 

Langkah ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang di mana bisnis akan berada dan juga kalian untuk mengubah dan menempa strategi yang lebih baik untuk perkembangan bisnis.

Tingkatkan tabungan 

Rencana tabungan cadangan bisa jadi senjata hebat sebagai cadangan kalau bisnis terjadi penurunan. Ini akan membantu kalian menghadapi masa-masa sulit dan menjaga bisnis tetap bertahan. 

Ketika kalian menghitung anggaran untuk tahun finansial berikutnya, buatlah rencana untuk memikirkan apakah punya cukup tabungan untuk menutupi potensi kerugian bisnis.

Kelola piutang 

Membawa hutang piutang keuangan dari tahun ke tahun berikutnya tidak akan baik untuk bisnis. 

Buatlah strategi yang matang untuk pelunasan hutang sebelum kalian mengambil pinjaman. Penting juga untuk menjadikannya sebagai prioritas untuk melunasi semua pembayaran bisnis terutang, dengan cepat dan efisien.

Memakai jasa profesional akuntansi

Walaupun keuangan jadi bagian penting dalam menjalankan bisnis, mengelolanya tidak selalu bisa dikelola langsung oleh pemilik bisnis. 

Apabila akuntansi, pembukuan, dan pengelolaan keuangan bukanlah yang kalian kuasai, kalian bisa mendapatkan bantuan dari seorang profesional akuntansi. 

Daripada menunda-nunda atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuatnya seorang diri, sewa seorang ahli untuk melakukan pekerjaan itu.Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.