Tips Mengetahui Smartphonemu Telah Disadap

0

Semakin canggih teknologi maka akan semakin canggih pula cara untuk meretas atau menyadapnya. Hacker yang merugikan pengguna lain pada dasarnya pasti memiliki kemampuan berpikir yang cerdas, namun kecerdasan tersebut disalahgunakan untuk melakukan hal yang licik. Mengapa mereka (hacker) sering menyadap smartphone? Karena smartphone adalah satu-satunya teknologi yang setiap hari digunakan untuk chatting, bertransaksi, atau mungkin membuka email-email penting hingga data privasi yang kemungkinan besar semuanya ada di smartphone. Sekalinya hacker tersebut berhasil mendapatkan akses masuk, smartphone kalian bukanlah menjadi hal yang privasi karena semuanya bisa saja dilihat, diambil, atau bahkan dihapus oleh hacker tersebut.

Baca Juga: Cara Melihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Berteman

Tentu menjadi hal yang menyeramkan, dan siapapun pasti tidak ada yang mau menginginkan smartphonenya disadap oleh hacker. Namun, tahukah kalian kalau smartphone memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat jika telah disadap? Berikut penjelasannya di bawah ini!

Tips Mengetahui Smartphonemu Telah Disadap

 

1. Baterai yang Bermasalah

Bukan hanya penggunaan smartphone yang berlebihan dan aplikasi yang berjalan terlalu banyak, ternyata baterai yang cepat panas atau selalu panas menjadi ciri bahwa smartphone kalian telah disadap. Kalian perlu merasa curiga jika smartphone kalian terasa panas padahal kalian tidak menggunakannya secara berlebihan, tidak memilki aplikasi yang running dengan jumlah banyak, dan tidak menggunakan casing smartphone yang menutup sirkulasi udara pada smartphone. Karena hal tersebut bisa saja menjadi penunjuk bahwa smartphone kalian telah disadap.

Baca Juga: Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

 

2. Penggunaan Data Seluler Meningkat

Jika jumlah data penggunaan data seluler kalian meningkat secara dratis, kalian perlu curiga mengapa hal tersebut dapat terjadi. Software yang berbahaya bisa saja menggunaan celah yang kalian berikan untuk mengirimkan informasi dan dikumpul di sumber luar.

READ  Lindungi Google Assitant dan Apple Siri agar Tidak Diretas, Begini Caranya!

 

3. Munculnya Iklan dan Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Hummer, Trojan ini berhasil meingfeksi sekitar 1,4 juta perangkat android perhari pada awal tahun 2016. Ditemukan pertama kali di tahun 2014, dan serangan ini terjadi paling banyak di India, Rusia, dan Filipina.

Baca Juga: Cara Merapikan File Bookmark di Google Chrome

Korban juga akan melihat iklan yang menganggu. Setelah berhasil diinstal, Hummer memiliki tujuan untuk mendapatkan akses root ke perangkat kalian. Hal ini tentu memungkinannya untuk mendownload konten yang tidak diinginkan, dan membuatnya sangat sulit untuk dihapus atau dihilangkan.

 

4. Kinerja yang Terganggu

HummingBad, malware ini juga dapat mendapatkan akses root atau menipu penggunanya untuk melakukan update. HummingBad kemudian menampilkan iklan pop-up, dan mengirim informasi ke server dibawah kendali Yingmob yang merupakan sekelompok peretas Cina. Selain melakukan penipuan dengan “klik”, HummingBad dapat mencegat semua pesan kalian.

 

5. Mendapatkan Pesan yang Aneh

Jika kalian mendapatkan pesan mencurigakan seperti serangkaian angka, karakter, dan simbol yang terlihat acak, jangan mengabaikannya.

Penyebab yang paling mungkin adalah kesalahan dalam spyware yang digunaian oleh hacker, jadi jika belum diistal dengan benar, pesan kode akan masuk ke smartphone kalian. Data acak ini adalah instruksi yang berasal dari server hacker untuk membobol aplikasi penipuan.

Baca Juga: Cara Menghapus File dan Folder Thumbnail (Thumbdata) Android

Jadi mulailah untuk mengawasi apapun yang kalian tidak ketahui, lihat riwayat pesan, profil media sosial, dan periksa folder dan keluar kalian. Jika kalian merasa ada sesuatu yang tidak pernah kalian kirim atau kalian lakukan, maka hal tersebut patut untuk kalian curigai.

 

Berdasarkan penjelasan kami diatas, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih berhati-hati dalam mengawasi keamanan data smartphone kalian agar tidak mudah disadap. Terima kasih sudah menyimak!

READ  Kabel iPhone Cepat Rusak? Begini Cara Merawatnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.