Tips Menggunakan Klip YouTube

Fitur ini bermanfaat apabila kalian pernah menemukan momen menarik yang contohnya hanya berdurasi 20 detik di dalam sebuah video berdurasi 1 jam.

0

Ikon klip (bergambar gunting) berguna supaya kalian sebagai pengguna dapat memotong video yang ada di YouTube dengan durasi hanya optimal 60 detik, kemudian membagikannya.

Kalian pernah mendengar istilah klip Youtube? Untuk kalian para pengguna android pasti sering menonton video di Youtube.

Disana kalian mungkin akan menyadari terdapat ikon baru. Ikon itu persis terletak di antara ikon dislike (jempol ke bawah) dan ikon download (panah ke bawah) saat kalian menonton sebuah video dalam posisi layar vertikal.

Ternyata, ikon klip (bergambar gunting) berguna supaya kalian sebagai pengguna dapat memotong video yang ada di YouTube dengan durasi hanya optimal 60 detik, kemudian membagikannya.

Fitur ini bermanfaat apabila kalian pernah menemukan momen menarik yang contohnya hanya berdurasi 20 detik di dalam sebuah video berdurasi 1 jam. Momen berdurasi singkat itu mungkin dapat membuat kalian tertawa, sedih, marah, kecewa, dan lainnya.

Umumnya, apabila menemukan momen seperti itu, bisa jadi kalian ingin membagikannya ke teman atau ke orang lain, baik via media sosial maupun aplikasi pesan instan.

Dan hal yang biasa dilakukan yaitu membagikan link-nya, kemudian menyertakan keterangan di menit ke berapa momen menarik yang kalian temukan tersebut.

Atau, umumnya kalian sebagai pengguna akan merekam layar via aplikasi screen recorder ketika menonton momen di video tersebut, kemudian membagikan rekaman layar itu. Umumnya, cara-cara itu merepotkan.

Untungnya saat ini ada fitur klip. Hanya dengan beberapa langkah saja, kalian dapat memotong video berdurasi panjang, hanya menjadi 60 detik saja di momen menariknya, kemudian membagikannya via media sosial atau aplikasi pesan instan.

Fitur yang mirip seperti ini pada dasarnya sudah populer di aplikasi streaming seperti Twich. Tetapi, apabila di Twitch aplikasinya akan membuat file video baru yang telah dipotong, di YouTube justru hasil yang diperoleh adalah link videonya. 

Apabila pengguna lain membuka link itu, maka videonya akan mulai dari menit yang telah diatur melalui fitur klip.

Bagaimana? Sangat menarik bukan fitur klip di YouTube ini? Untuk kalian yang ingin mencobanya, akan dibagikan caranya di bawah ini.

Cek kuy!

Tips Memakai fitur klip di YouTube

Pada dasarnya untuk dapat menggunakan fitur klip di Youtube ini adalah pekerjaan yang sangat mudah. Kalian cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Langkah pertama, kalian bisa memperbarui  dahulu aplikasi YouTube di perangkat kalian.

Setelah itu, kalian silahkan buka aplikasi YouTube kemudian pilih video yang ingin kalian bagikan potongan klipnya.

Harus dicatat, sampai tulisan ini dibuat, belum semua channel atau video ada ikon klip. Pihak YouTube di laman support mengatakan, untuk sementara fitur itu masih dalam tahap ujicoba.

Ketika menonton video dalam posisi vertikal, kalian bisa lihat ikon di antara ikon dislike dan download. Kalau sudah tersedia, klik ikon tersebut untuk mulai membuat klip.

Akan tetapi, pastikan kalian telah menggeser waktu di video tersebut ke waktu di mana momen menarik akan dibagikan.

Berikutnya, silakan geser dan atur momen yang akan dibagikan lewat klip. Setidaknya, waktunya adalah 5 detik, dan optimalnya adalah 60 detik.

Berikutnya, momennya sudah pas, kalian klik opsi “bagikan klip”. Lalu, kalian dapat memilih akan membagikan klip itu melalui aplikasi media sosial atau pesan instan mana. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, hasilnya akan berupa link.

Itu tadi artikel tentang apa itu klip YouTube, termasuk fungsi dan cara memakainya. Jangan lupa ikuti update berita dan info terbaru hanya di techjak.com. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.