Tips Menggunakan RAM Dual Channel

RAM berguna untuk menyimpan memori sementara. Untuk menampung program-program yang berjalan.

0

Salah satunya yaitu menggunakan RAM dengan dual channel. Dual channel merupakan istilah yang dipakai saat kalian menggunakan konfigurasi dua RAM yang berjalan secara sinkron di PC atau laptop.

Pernahkah kalian berfikir menggunakan dual channel untuk RAM di PC atau laptop? Bagaimana caranya? Kalian akan mendapatkan semuanya disini, Gaes.

Seperti yang kalian tahu, RAM berguna untuk menyimpan memori sementara. Untuk menampung program-program yang berjalan.

Kemudian untuk bisa memperoleh kinerja yang maksimal, ada beberapa hal yang harus kalian ingat. Di samping kapasitas RAM, kalian pun wajib memerika konfigurasinya.

Salah satunya yaitu menggunakan RAM dengan dual channel.

Dual channel merupakan istilah yang dipakai saat kalian menggunakan konfigurasi dua RAM yang berjalan secara sinkron di PC atau laptop.

Dual channel disini maksudnya, proses penghantaran data berjalan dua kali lebih banyak dari single channel atau satu RAM. Ini bermanfaat untuk mempercepat kinerja sistem.

Apakah ada Syarat supaya RAM dapat Berjalan di Dual Channel?

Walaupun menggunakan dua RAM, mungin saja konfigurasinya tidak selalu sinkron dan berjalan dalam mode dual channel.

Karena itu, kalian ahrus perhatikan beberapa syaratnya. 

Pertama, kapasitas RAM sama. Lebih bagus lagi apabila menggunakan dari produsen yang sama. Ini supaya chip-nya bisa sama juga.

Kedua, RAM lebih baik kecepatannya sama. Sebab, kalau ada dua RAM kecepatannya berbeda, maka sistem akan menyesuaikan ke speed yang terkecil.

Ketiga, usahakan tipe RAM sama. Biasanya sekarang ini ada dua tipe RAM. DIMM dan SO-DIMM. Tipe RAM DIMM ini panjang, sedangkan RAM SO-DIMM bentuknya lebih pendek.

Kalian cek juga DDR nya. Apakah PC atau laptop digunakan mendukung  DDR3, DDR4 versi low voltage dan sebagainya.

Keempat, Motherboard mendukung. Jika PC atau lapotp kalian model lama, cek dulu ya.  Contohnya dengan cara searching tipe laptop atau tipe motherboard dari PC yang digunakan.

Bagaimana untuk Mengetahui RAM Sudah Berjalan di Dual Channel atau Belum?

Apabila RAM sudah dipasang dan kalian penasaran apakah sudah berjalan di dual channel atau belum, maka terdapat cara mudah memeriksanya.

Salah satunya menggunakan aplikasi CPU-Z. Caranya, install aplikasi CPU-Z dulu di situs resminya. Lalu buka aplikasi CPU-Z di PC atau laptop.

Setelah itu, tap Memory. Periksalah di kolom. Jika RAM berjalan di dual channel, maka kolom akan bertuliskan Dual. Selesai.

Apakah Dual Channel Berpengaruh ke Performa?

Tergantung dari skenario yang kalian pakai, dan juga dari komponen lainnya.

Secara garis besar, pastinya RAM dual channel memiliki performa yang lebih baik.

Misalnya untuk multi-tasking, proses yang berjalan antar aplikasi akan berjalan lebih cepat. Atau di game, FPS yang diperoleh akan lebih stabil. Dan dapat meningkat jika kalian menggunakan gpu onboard dari processor.

Itu tadi artikel mengenai tips menggunakan RAM dual channel di perangkat kalian.

Apabila kalian ada pertanyaan mengenai cara menggunakan RAM dual channel atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.