Tips Menghapus Malware di Android dengan Cepat

Adakah cara menghapus malware di Android? Ada kok. Tapi kalian harus tahu dulu apa saja ciri-ciri smartphone yang terkena malware.

0

Malware bukan hanya mengesalkan, tapi juga membahayakan. Tidak jarang kalian bukan hanya menampilkan spam iklan yang mengganggu, tapi juga mencuri data-data penting dari smartphone.

Kalian pernah mendengar istilah malware? Ya. Malware di android sangat berbahaya. Bahkan, malware bisa merusak system android dan membuat perangkat kalian hilang semua data.

Mungkin kalian pernah mengalami ketika memainkan smartphone, tiba-tiba tampil pop-up iklan yang mengganggu. Nah, itu mungkin saja smartphone kalian jadi terkena malware. 

Malware bukan hanya mengesalkan, tapi juga membahayakan. Tidak jarang kalian bukan hanya menampilkan spam iklan yang mengganggu, tapi juga mencuri data-data penting dari smartphone.

Lalu, adakah cara menghapus malware di Android? Ada kok. Tapi kalian harus tahu dulu apa saja ciri-ciri smartphone yang terkena malware.

Ciri-ciri Smartphone Terkena Malware

Apabila satu di antara tanda-tanda berikut keluar di perangkat kalian, mungkin saja perangkat kalian terjangkit malware. 

Pertama, perangkat cepat terasa panas. Sebab ada aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa persetujuan. Ini membuat penggunaan resource terus-menerus yang menjadikan panas.

Kedua, smartphone sangat loading, bahkan ketika membuka aplikasi yang ringan. Ketiga, energi baterai cepat habis. Ketiga, sering tampil pop-up iklan tiba-tiba, ketika membuka aplikasi game, menonton video, atau bahkan ketika tidak diapa-apakan.

Keempat, pulsa atau kuota kalian cepat sekali tersedot dengan tidak normal.. Kelima, saat sedang melakukan panggilan, suara atau sinyal putus-putus, padahal indikator bar penuh. 

Tetapi, dari mana malware masuk smartphone Android? Ada banyak cara. Paling tidak ada 4 cara yang sering membuat malware  menyusup ke smartphone.

Misalnya mengunduh file dari situs-situs download (umumnya yang gratisan). Lalu memasang aplikasi di luar dari Google Playstore. Melakukan tap tautan yang dikirim via email, instant messenger, atau aplikasi chatting. Atau juga, pernah terkoneksi dengan bluetooth atau jaringan hotspot publik.

Apabila kalian pernah melakukan hal tersebut, dan mengalami 1 dari 6 masalah di atas. Maka benar, smartphone kalian sudah disusupi malware dan harus segera dihapus.

Bagaimana Menghapus Malware di Android?

Cara pertama yaitu dengan memasang antivirus terbaik yang terbaru dan terupdate. Sebab malware jenis ini umumnya tidak masuk terlalu dalam, hanya menambahkan skrip file yang menjadikannya bisa memunculkan iklan.

Tidak terlalu bahaya memang, tapi jadi mengesalkan ketika kalian sedang main game online, misalnya, kemudian tiba-tiba layar berganti video iklan. 

Ditambah lagi malware seperti ini tidak jarang masih ada di aplikasi yang kalian unduh lewat Google Playstore alias resmi.

Sebab banyak aplikasi-aplikasi tersebut meminta izin yang ternyata beda dengan tujuannya. Sementara kalian sebagai pengguna, menyetujui saja karena ingin memakai aplikasi tersebut.

Kalau ini terjadi, kalian bisa mengunduh aplikasi antivirus dari Google Play Store untuk Menghapus Malware di Android. Yang banyak disarankan adalah AVG, Avast, ESET, dan Kaspersky.

Pilih saja salah satunya kemudian pindah smartphone kalian. 

Apabila kalian menemukan masalah, klik “Hapus” atau “Selesaikan”. Malware yang menghuni Android kalian pun bisa langsung hilang tanpa ribet.

Bagaimana, mudah bukan Menghapus Malware di Android?

Kalau kalian ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.