Tips Menghapus Malware di Android Tanpa Aplikasi

perangkat kalian masih mengalami masalah di atas, mungkin saja malware-nya sangat parah. Sampai dapat memblok aplikasi antivirus untuk berjalan, mendeteksi, atau menghapusnya.

0

Mengaktifkan safe mode artinya memasukkan perangkat ke situasi dimana yang aktif hanya aplikasi bawaan pabrik dan Google.

Pernahkah kalian mengdapatkan masalah pada smartphone kalian, terdapat malware ketika sedang coba menggunakan aplikasi tertentu? Maka kalian tidak perlu khawatir, sebab kalian bisa mengatasinya dengan mudah. Bahkan tanpa harus memakai aplikasi bantuan pihak ketiga.

Apabila dengan bantuan antivirus, perangkat kalian masih mengalami masalah di atas, mungkin saja malware-nya sangat parah. Sampai dapat memblok aplikasi antivirus untuk berjalan, mendeteksi, atau menghapusnya.

Jika yang terjadi, berarti kalian harus segera menghapusnya secara manual. 

Tanpa aplikasi? Ya.

Bagaimana caranya?

Di bawah ini ada bebrapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk dapat menghapus malware secara manual.

Cek kuy!

Masuk ke Safe Mode

Mengaktifkan safe mode artinya memasukkan perangkat ke situasi dimana yang aktif hanya aplikasi bawaan pabrik dan Google.

Klik tombol power dan tahan agak lama. Di smartphone-smartphone terbaru umumnya tampil pilihan shutdown, restart, emergency mode, dan safe mode.

Kalau pilihan safe mode belum tampil, klik dan tahan pop-up di layar tersebut sampai keluar pertanyaan konfirmasi memasuki mode aman. Klik OK.

Kalau pilihan tersebut tidak juga tampil, mungkin malware tersebut juga telah berhasil memblokir opsi tersebut. Artinya kalian harus melakukan hard reset pada perangkat smartphone kalian.

Cara untuk melakukan hard reset tidak sama pada tiap perangkat. Ada yang dengan klik tombol power dan menahannya selama 10 detik atau lebih.

Yang lainnya, ada yang menekan tombol volume up & down bersamaan ketika booting. Kalian harus membaca manual smartphone yang disertakan ketika membelinya.

Hapus Aplikasi Aneh di Mode Aman

Sesudah masuk ke safe mode, cari menu Pengaturan dan klik Apps lalu tap Downloaded, untuk mencari file aplikasi yang menurut kalian tiwak wajar atau asing. Klik icon aplikasi tersebut dan klik opsi Uninstall.

Bisa jadi proses uninstall akan gagal sebab aplikasi tersebut sudah terdaftar sebagai administrator.

Kalau ini terjadi, cari menu Pengaturan (Setting) lalu tap Keamanan (Security) dan klik Administrator Perangkat (Device Administrators).

Klik aplikasi tersebut, dan hilangkan tanda administrator aktif di sampingnya. Kemudian restart perangkat kalian dan masuk ke mode biasa. Smartphone kalian pun kembali normal.

Menghapus Malware di Android dengan Sekali Klik

Malware adalah sebuah program asing yang ditambahkan oleh smartphone di tengah jalan.

Malware bukan program bawaan dari smartphone tersebut atau dari pabrik. Sebab itu ia bisa hilang dengan mengembalikan setelan pereangkat ke default setelan pabrik.

Tetapi harus dipahami bahwa cara ini bisa menghapus semua aplikasi dan data kalian. Yang tersisa hanya file dan aplikasi yang disematkan oleh vendor perangkat tersebut.

Untuk melakukannya, pergi ke Pengaturan lalu klik Sistem dan tap Opsi Restart atau Setelan Ulang. Pada versi android 8 ke atas (Oreo, Pie, Android 10) ada opsi reset konektivitas, reset preferensi aplikasi, atau reset setelan pabrik. Klik opsi reset setelah pabrik.

Tunggu sampai proses reset selesai, dan smartphone kalian bisa kembali seperti baru dan ini adalah cara tercepat untuk Menghapus Malware di Android

Kalau ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.