Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

0

Para produsen smartphone kian hari kian banyak meluncurkan produk smartphone andorid dengan spesifikasi canggih dan berbagai fitur layanan serta kamera super ciamik. Kita sebagai konsumen kadang harus mengecek lagi, apakah smartphone terbaru yang rilis benar-benar kita butuh beli atau bisa membeli tipe lain tapi sesuai kebutuhan kita.

 

Salah satu spesifikasi yang wajib ada dalam setiap pemilihan smartphone adalah kapasitas baterai dan daya tahan baterai pada smartphone Android tersebut. Makin besar kapasitas dan daya tahannya yang makin lama, maka smartphone tersebut biasanya banyak diincar para konsumen di berbagai kalangan.

 

Memang benar kalau baterai di sebuah smartphone Android menjadi sesuatu yang sangat penting. Coba kita lihat sekitar kita, sekarang ini smartpone apalagi yang andoroid adalah alat komunikasi yang hampir semua orang punya dan mereka pakai untuk penghubung relasi bisnis, bersilaturrahmi dengan kerabat dan teman, dan juga media penghubung jarak jauh yang bisa jadi alternatif kita saat kita tidak bisa bertemu secara langsung.

 

Lalu bagaimana jika kita sedang menelfon kerabat yang sudah lama tidak jumpa atau menelpon relasi kerja dan bisnis yang penting, tiba-tiba smartphone kita mati? Pastinya sedikit kesal bukan?

 

Baterai smartphone biasanya memang cenderung lebih cepat habis karena faktor-faktor seperti aplikasi yang banyak dan terdapat pada smartphone kita. Ditambah lagi apliaksi smartphone tersebut selalu hidup, adanya tingkat kecerahan yang tinggi, dan sebagainya.

 

Powerbank pun sudah hadir sebenarnya untuk pengisi baterai yang kompatibel dibawa kemana saja. Akan tetapi tidak bisa dibilang praktis juga, karena kita harus sambil memegang alat tersebut saat mengisi baterai. 

Buat kalian yang lebih senang meminimalisir penggunaan daya baterai agar tiadk boros, ada beberapa tips yang bisa kalian praktekkan untuk menghemat baterai smartphone, utamanya Android.

Simak sampai habis ya, Gaes.

Matikan Fitur Getar

Kalau kalian tahu, Gaes. Adanya fitur getar memang kadang kita butuhkan 

saat ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat kita sedang sibuk rapat atau sedang tidak bisa menerima panggilan dan butuh mode getar. Tetapi, sebenarnya fitur getar ini justru butuh lebih banyak daya baterai dibandingkan ringtone biasa. 

 

Untuk mengubah pengaturannya, kalian bisa masuk di pengaturan lalu pilih suara & getaran. Klik Nonaktifkan. Klik ok.

 

Redupkan Layar

Buat kalian yang suka memakai smartphone dalam keadaan layar yang terang, mungkin bisa difungsikan saat keadaan normal dengan pemakaian wajar. Tetapi saat kalian tidak menggunakannya, akan lebih baik layar smartphone android kalian diredupkan.

Kecerahan layar ternyata juga berpengaruh pada baterai. Karena, semakin cerah tampilan layar smartphone maka semakin cepat baterai habis. 

Caranya dengan kalian geser ke kanan pilihan untuk membuat layar cerah dan ke kiri untuk membuat redup layar.

Tutup Aplikasi yang Jarang Dibuka

Sebaiknya kalian menutup aplikasi yang jarang kalian gunakan, Gaes. Seperti Maps, aplikasi pengecekan skor pentandingan, atau aplikasi lain yang jarang kalian buka. 

 

Ini karena, aplikasi yang jarang dibuka tersebut tetap berjalan di background, yang berarti tetap memerlukan daya untuk proses pengoperasiannya. Sebaliknya, jangan tutup aplikasi yang sering kalian gunakan karena ini malah berpotensi membuat boros baterai.

 

Ingatlah. Saat satu aplikasi dimatikan, data-data program bersangkutan dihapus dari memori (RAM). Dan saat aplikasi itu dipanggil lagi, perangkat terpaksa “memanggil ulang” data-data yang diperlukan dan menyimpannya di dalam RAM. Ini membutuhkan pemrosesan sistem.

 

Aplikasi yang berjalan di background berarti menyerap baterai, tetapi tidak akan membuat habis baterai sebesar saat kalian menutup dan membuka sebuah aplikasi secara terus-menerus.

Kurangi Kegiatan Streaming

Asyik memang streaming saat kita suntuk dan butuh hiburan, baik streaming video atau musik. Akan tetapi, kegiatan seperti ini akan terus memaksa sistem smartphone terus bekerja dan akhirnya membuat baterai kalian cepat habis.

Atur Waktu Tidur Android

Android juga perlu tidur loh, Gaes. Waktu tidur ini maksudnya yaitu waktu ketika layar mati secara otomatis saat smartphone android kalian tidak digunakan. Sebab, jika layar semakin lama menyala, semakin cepat habis pula daya baterainya. 

 

Cara mengaturnya mudah. Kalian buka pengaturan, klik kunci layar & sandi, lalu klik tidur (pilih waktu yang sedikit).

 

Matikan Sinyal Radio

Biasanya kiat sering kehilangan sinyal di beberapa daerah tertentu, ini bisa terjadi karena tower signal berada jauh dari lokasi smartphone android kalian. Kalau sinyal hilang atau melemah, sistem smartphone biasanya akan terus mencari signal dan mengakibatkan baterai habis dengan cepat karena menguras tenaga baterai.

 

Dengan begitu, sebaiknya kalian matikan saja signal radio, kalau kalian benar-benar yakin tidak akan memperoleh signal dalam beberapa waktu.

 

Untuk mematikan sinyal radio ada di menu Setting. Kalian juga matikan fitur WiFi dan Bluetooth jika sedang tidak digunakan. Kedua perangkat ini juga bisa membuat baterai cepat habis.

 

Gunakan Facebook Lite

Buat kalian yang suka menghemat kuota pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Facebook lite ini memiliki kapasitas yang lebih sedikit dari pada Facebook jadinya saat menjalankannya lebih ringan dan meminimalisir daya kerja baterai. 

Pakai aplikasi ini agar smartphone kalian bisa hidup lebih lama atau saat baterai mulai menipis.

Update Aplikasi Hanya Via Wifi

Ini juga sering saya lakukan. Update aplikasi hanya saat ada koneksi WiFi. Ini selain menghemat baterai karena daya signal Wifi yang cepat hal ini juga bisa meghemat kuota kalian, Gaes.

Jangan Charge HP Semalaman

Walaupun sudah banyak smartphone  dibekali fitur auto cut-off baterai saat baterai telah penuh, auto cut-off baterai yang berarti saat smartphone dipakai dalam keadaan dicharger jika sudah mencapai 100%. Dengan begitu, secara otomatis akan memutus arus ke baterai, dan penggunaan daya dialihkan dari adaptor langsung.

 

Hanya saja ini sangat tidak disarankan untuk mengisi baterai smartphone semalaman ya, karena akan memicu overheat pada permukaan smartphone, dan membuat baterai smartphone cepat rusak.

 

Matikan Notifikasi

Kalian bisa mematikan notifikasi yang masuk untuk menghemat baterai. 

Buka menu setelan, lalu klik Notifikasi & bar status, kemudian klik  Notifikasi aplikasi. Pilih aplikasi apa saja yang kalian ingin matikan notifikasinya. Selesai.

Itu tadi, Gaes, beberapa tips agar kalian bisa menghemat baterai smartphone Android. Dengan demikian kalian bisa lebih nyaman untuk melakukan aktifitas mamakai smartphone karena bisa hidup lebih tahan lama. 

Ingat juga, fitur dari smartphone kadang berbeda dari yang satu dengan yang lain, jadi kalian bisa menyesuaikan sesuai menu smartphone kalian, disini saya memakai xiaomi redmi 4a. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.