Tips Mengubah Android Jadi Remote

0

Di rumah kalian sering lupa menaruh remote? Kalian ingin mencari tahu bagaimana tipsnya mengubah smartphone Android kalian jadi remote alat elektronik di rumah kalian?

Tenang, Gaes. Saya tahu caranya. Kalian bisa mengubah smartphone jadi remote tv, ac, dvd, proyektor, dan produk elektronik lainnya.

Awalnya memang smartphone hanya dipakai untuk alat komunikasi dan bermain media sosial. Tetapi sekarang smartphone Android bisa kalian pakai jadi remote untuk tv, ac, proyektor dan perangkat elektronik rumah tangga lainnya.

Menariknya lagi, kalian dapat memakai smartphone Android tipe apa saja. baik itu Asus, Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dan yang lainnya. 

Tips Mengubah Smartphone Jadi Remote

Memang tak penting apa smartphone yang kalian pakai, Gaes. Apapun itu, kalian bisa mengubahnya jadi remote dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi untuk mengubah smartphone menjadi remote sesungguhnya sangat banyak. Dan di sini saya akan membahas beberapa untuk kalian. Kuy simak.

ZaZa Remote

Aplikasi ZaZa Remote ini bisa mengubah smartphone kalian Android jadi remote AC, TV, proyektor, DVD, kipas, dan perangkat rumah tangga yang lainnya.

Caranya juga mudah. Pertamanya, kalian instal aplikasi ZaZa Remote via Playstore. Setelah itu buka aplikasinya.

Berikutnya klik ikon plus + yang ada di bagian atas. Pilihlah perangkat yang kalian mau (AC, TV, proyektor, DVD, kipas, dll). Janga lupa tentukan juga merk dari perangkat yang ingin kalian remote.

Selanjutnya, klik ikon Power untuk menguji apakah remote bekerja atau tidak. Klik No Response kalau remote tidak berfungsi di smartphone kalian.

Cari terus ikon power sampai kalian menemukan yang bekerja. Kalau smartphone merespon tombol power, langsung klik Has Response.

Kini, kalian bisa memakai smartphone Android kalian untuk mengontrol perangkat elektronik seperti remote.

Tips ini juga berfungsi mengubah smartphone kalian jadi remote apapun. Misalnya TV, DVD, proyektor, kipas, atau benda elektronik lainnya yang tersedia di aplikasi ini.

ASmart Remote IR

Aplikasi ASmart Remote IR ini bisa membantu kalian mengubah smartphone menjadi remote kamera DSLR, AC, TV, proyektor, dan banyak lagi yang lainnya.

Pertama-tama, pasang aplikasi ASmart Remote IR di smartphone kalian. Selanjutnya buka aplikasi dan klik ikon plus yang ada di bagian atas. Berikutnya kalian tambahkan perangkat elektronik yang kalian inginkan. Contohnya TV, lalu klik merk TV kalian.

Kalian uji dahulu tombol di aplikasi apakah berjalan atau tidak. Kalau tidak, berarti kalian harus mencari tombol yang bekerja. Tetapi kalau sudah ketemu, kalian bisa langsung mengoperasikannya.

Baca Juga : Cara Mengubah-smartphone-jadi Pengganti Keyboard Komputer

Aplikasi ini juga bisa untuk tombol remote Netflix dan Hulu di beberapa merk dan jenis TV tertentu. Di samping itu, aplikasi ini juga terbukti berhasil dipakai di samartphone android untuk remote tv tabung.

Mi Remote

Mi Remote merupakan aplikasi remote yang populer bagi pengguna smartphone Android Xiaomi. Aplikasi ini hadir memang ditujukan untuk pengguna Xiaomi yang ingin membuat smartphone mereka bisa dipakai sebagai remote tv, ac, dvd, dan lainnya.

Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah download aplikasi Mi Remote controller di playstore. Selanjutnya, klik ikon plus yang ada di pojok kiri atas aplikasi. Klik perangkat elektronik (TV, AC, Kipas, DVD, atau lainnya), lalu tentukan merek perangkat kalian.

Selanjutnya ikuti saja arahan dari aplikasi mi remote. Apabila tombol bekerja, kalian sudah bisa menyimpan pengaturan tersebut.

Fungsi menyimpan pengaturan yang sesuai dan bekerja di perangkat elektronik kalian, maka kalian tidak harus mengatur lagi saat Mi remote sudah ditutup.

Aplikasi Remote TV Tanpa Infrared

Ada jenis TV yang mewajibkan kalian memakai infrared supaya bisa dikontrol memakai remote. Tapi bagaimana kalau perangkat elektronik tidak memakai teknologi infrared?

Tenang, ada banyak aplikasi remote TV yang tanpa membutuhkan infrared. Aplikasi ini juga bisa kalian pakai secara gratis dan bisa dipasang di smartphone android melalui playstore.

Baca Juga : Aplikasi. Remote Mouse Terbaik untuk Smartphone

Aplikasi yang bisa mengubah smartphone menjadi remote tv tanpa infrared adalah Google Home, Roku, Smart IR Remote, SURE (Smart Universal Remote Control), Universal TV Remote, dan Unified Remote.

Kalian bisa memilih satu aplikasi yang saya sebutkan di atas lewat google play store. Aplikasinya juga mudah memakainya. Kalian hanya perlu menambahkan perangkat elektronik, kemudian menyesuaikannya dengan tombol remote yang cocok.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. Dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.