Tips Mengunci Aplikasi di Smartphone Samsung Semua Tipe

0

Era digital saat ini membuat siapa saja kadang menembus batas. Karena itulah, sangat [enting bagi kita untuk mendapatkan keamanan dan privasi. Ditambah lagi, saat ini kita sangat sering atau bahkan setiap saat memanfaatkan smartphone sebagai media penyimpanan data personal untuk siapa saja.

Ada rekening bank, akun media sosial, password, dan dokumen penting lainnya yang menjadi sebagian data penting dan kita simpan di smartphone kita.

Yang jadi masalah di sini, data-data ini sering jadi incaran para hacker, Gaes. Di lain sisi, kita juga harus tetap waspada karena kadang ada yang iseng otak-atik smartphone kita. 

Meskipun saat ini banyak smartphone dilengkapi fitur keamanan seperti fingerprint dan face unlock, akan tetapi alangkah lebih baik dan aman kalau kita bisa mengunci aplikasi yang ada di smartphone kita secara personal.

Untuk kalian para pengguna smartphone Samsung, saya akan mengajak kalian untuk duduk bersama, membahas bagaimana caranya mengunci aplikasi di smartphone Samsung agar data kita aman dan terhindar dari pencurian atau keisengan pihak lain.

Cara Mengunci Aplikasi di Smartphone Samsung

Gaes, memang fitur untuk mengunci aplikasi sangat kita butuhkan, akan tetapi sayangnya kita tidak bisa mengunci aplikasi melalui fitur bawaan dari smartphone Samsung.

Dengan demikian, kalian butuh aplikasi pihak ketiga agar bisa tetap menjaga privasi dari aplikasi yang ada di smartphone Samsung kita.

Berikut ini ada tiga aplikasi pengunci terbaik di Google Play Store. Yuk cekidot.

  1. AppLock

Di awal langkah yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Kemudian setelah unduh, kalian pilih opsi buka. Selanjutnya kalian akan diminta memasukkan pattern agar aplikasi ini hanya bisa diakses orang tertentu. Kemudiapn pilih Agree and Start untuk mulai mengoperasikan Applock.

Langkah selanjutnya, di menu utama Opsi Pengamanan Aplikasi, kalian bisa masuk ke tab Protect untuk menemukan pilihan opsi lanjutan. Pilih sesuai kebutuhan kalian ya, Gaes. Selanjutnya, pilih Unlock Settings untuk menadpatkan opsi pengamanan aplikasi kalian lewat Pattern atau Password. 

Jika kalian merasa masih kurang aman, kalian bisa masuk ke tab protect, lalu klik opsi General, dan aktifkan Advanced Protection. Di sini kalian akan diminta menulis alamat email sebagai back up.

Langkah ketiga yaitu, Mengunci Aplikasi. Untuk kalian bisa mengunci aplikasi, masuklah ke tab Privacy dan klik aplikasi mana saja yang akan kalian kunci dengan AppLock. 

Ketika kalian memakai sistem operasi Andorid 5.0 ke atas, kalian harus memberi akses ke aplikasi AppLock. Pilih permit untuk memberi akses.

Kalau sudah ada simbol gembok terkunci di samping aplikasi yang kalian inginkan, itu tandanya aplikasi itu sudah dikunci AppLock.

Terakhir, masukkan pattern atau password yang kalian buat sebelumnya untuk mengakses aplikasi yang kalian kunci dengan AppLock itu.

 

  1. AppLock-Fingerprint

Aplikasi AppLock – Fingerprint mempunyai metode penguncian yang lebih mudah dengan fitur keren dan mungkin tidak kalian temukan di aplikasi lainnya.

Pertama-tama, kalian harus download dan install AppLock – Fingerprint. Setelahnya, masukkan master PIN agar bisa mengakses aplikasi ini. Jangan lupa, berikan izin aplikasi ini untuk bisa mengakses data yang ada di smartphone Samsung kalian. Setelah itu, baru kalian bisa mengoperasikan aplikasi ini.

Berikutnya, kalian masuk ke Opsi Pengamanan Aplikasi. Masuklah ke menu Settings di menu utama. Pilih tombol ok pada Password Settings untuk mengubah tipe kunci yang kalian inginkan. Kalian bisa menetapkan ingin yang mana untuk memanfaatkan fitur Fingerprint atau Face Detection dalam membuka aplikasi agar lebih aman dan privasi kalian terjaga.

Selain menyetel keamanan, kalian juga bisa meng-custom tampilan layar kunci aplikasi agar jadi leboh menarik untuk dilihat.

Langkah ketiga yang harus kalian lakukan, yaitu Mengunci Aplikasi. Masuklah ke tab AppLock, lalu pilih tombol “+” warna biru di pojok bawah layar kalian. Pilihlah mana aplikasi yang ingin kalian kunci dengan aplikasi AppLock – Fingerprint ini dengan cara menggeser slider yang ada di kanan nama aplikasi.

Setelah slider berubah jadi biru warnanya, tekan tombol “+” warna biru di kanan bawah layar lagi. Maka kalian kembali ke halaman utama aplikasi. Nanti, di sebelah kanan logi aplikasi ini kalian akan menemukan 2 pilihan tambahan yang bisa kalian coba.

          2. Smart AppLock

Aplikasi Smart AppLock seperti namanya sangat smart dan berguna buat kalian.

Langkah pertama, download dan install Smart AppLock di Google Play Store. Kemudian klik buka. Di halaman awal kalian tekan tombol Start to Use untuk mulai mengoperasikan aplikasi ini.

Selanjutnya, Kunci Aplikasi. Sesuai namanya, aplikasi ini akan langsung mendeteksi aplikasi mana saja yang rentan di-hack atau dibobol hacker. Pilih tombol Enable, lalu pilih mana aplikasi yang ingin kalian amankan. Hebatnya, aplikasi ini bisa mengunci beberapa aplikasi sekaligus loh. Kemudian selesai memilih aplikasi, pilih tombol Enable berwarna hijau. Berilah izin aplikasi Smart AppLock mengakses aplikasi lain di smartphone kalian. Selesai.

Nah, itulah 3 aplikasi untuk mengunci aplikasi di smartphone samsung kalian, semua tipe. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.