Tips Mengunci PC atau Laptop Windows Ketika Ditinggal

Ketika kalian mengunci PC atau laptop maka kalian dapat merasa lebih nyaman dan aman akan data yang kalian simpan di dalamnya. Apabila kalian tidak menguncinya, bisa jadi orang-orang tak bertanggung jawab memanfaatkannya tanpa kalian sadari.

0

Sebenarnya ini bisa saja kalian hindari kalau kalian mengunci PC atau laptop kalian. Mengunci atau memberi password pad akomputer kadang memang sangat diperlukan. Apalagi kalau kalian sebagai pemiliknya sedang pergi

Pernahkah kalian mengalami sedang ada tugas dadakan lain, kemudian kalian pergi sebentar, dokumen kalian terhapus karena teman tak sengaja menekan tombol delete di laptop kalian? Pasti kesal ya?

Sebenarnya ini bisa saja kalian hindari kalau kalian mengunci PC atau laptop kalian, Gaes. Mengunci atau memberi password pad akomputer kadang memang sangat diperlukan. Apalagi kalau kalian sebagai pemiliknya sedang pergi.

Ketika kalian mengunci PC atau laptop maka kalian dapat merasa lebih nyaman dan aman akan data yang kalian simpan di dalamnya.

Apabila kalian tidak menguncinya, bisa jadi orang-orang tak bertanggung jawab memanfaatkannya tanpa kalian sadari.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa tips supaya kalian bisa mengunci PC atau laptop windows ketika dipanggil. 

Ada dua tips yang akan saya bagikan untuk kalian semua. Cekidot kuy!

Memakai User Account

Pada cara pertama ini kalian harus membuat user account tersebut supaya dapat masuk ke sistem operasi baik Windows 7 ataupun XP. Lewat user account kalian dapat menciptakan batasan orang lain dalam mengoperasikan PC atau laptop.

Dengan begitu kalian akan dapat merasa lebih aman saat meminjamkan PC atau laptop ke orang lain.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah tap opsi start lalu klik controk panel. Selanjutnya kalian silahkan carilah pilihan “User Accounts and Family”. Setelah itu klik  “Create a New Account”.

Apabila sudah, ketik saja nama accountnya. Kalian dapat memilih opsi mana yang sesuai dengan pilihan. Account kalian dapat menjadi akun yang memiliki level administrator yang dapat melakukan delete akun lain. 

Kalian juga dapat mengaturnya menjadi standard user yang mana hanya dapat memakai aplikasi di dalamnya.

Selanjutnya, buatlah kata sandinya dengan memilih “Create A Password”.

Pengaturan Screen Saver

Cara memberikan password komputer kedua yaitu dengan melakukan pengaturan screen saver.

Mengapa harus screen saver? Hal ini karena fungsi logout otomatis screen saver yang bermanfaat ketika  PC atau laptop kalian tidak digunakan.

Pengaturan screen saver ini bisa dikatakan sangat penting sebab kalian dapat bebas mengatur seberapa lama waktu yang kalian pakai untuk masuk ke screen savernya.

Ketika kalian sudah mengatur screen saver tersebut maka akun yang sudah login ke PC atau laptop kalian dapat logout dengan sendirinya apabila batas waktunya sudah habis.

Untuk bisa mengaturnya, kalian awalnya klik start dan ketik Screen Saver. Kemudian kalian tap opsi Change Screen Saver.

Pada pengaturan tersebut ada beberapa istilah yang harus kalian pahami. Istilah tersebut antara lain, Screen Saver yang mempunyai kegunaan untuk mengatur tampilan screen savernya.

Istilah Wait,  yang berguna  untuk mengatur berapa lama PC atau laptop berada di posisi tanpa aktivitas masuk ke screen savernya.

Kemudian istilah On Resume, Display Log-on Screen yang mana mereka punya fungsi untuk log out atau mengeluarkan akun kalian ketika screen saver tengah berjalan.

Tentukan screen saver, waktu, dan jangan lupa centang tulisan On Resume, Display Log-on Screen.

Jika sudah, kalian tap saja OK. Selesai. Screen sever ini supaya PC atau laptop kalian terkunci otomatis.

Itu tadi tips untuk mengunci PC atau laptop windows saat kalian tinggal pergi.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat ya, Gaes. Selamat mencoba dan salam teknologi! Nah, dengan begini kalian tidak perlu lagi khawatir bila sedang berpergian dan meninggalkan PC atau Laptop kalian di tempat ramai ataupun dikantor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.