Tips Meningkatkan Kapasitas RAM Laptop

0

Zaman semakin maju. Berbagai perkembangan teknologi membuat manusia mudah menyelesaikan sesuatu, baik pekerjaan, komunikasi, dan hal lainnya. Tidak bisa kita pungkiri juga, teknologi membuat kita sedikit bergantung pada mereka untuk membantu hidup kita saat ini.

Salah satu teknologi yang dihasilkan adalah smartphone. Kalian pasti tidak asing lagi dengan istilah RAM atau Random Acces Memory. RAM difungsikan unntuk menyimpan data sementara ketika komputer sedang berjalan. 

Sedangkan untuk para gamers, biasanya RAM sangat bermanfaat karena biasanya Gamers sangat suka menginstal game dan terkadang karena kapasitas RAM kecil, gamers jadi kesulitan saat menginstal game tersebut.

Bagi masyarakat lainnya, memang tidak banyak yang mempermasalahkan, tapi kadang jika memang overload isi RAM kalian, pastinya akan mengurangi kinerja laptop, PC, atau pun smartphone kalian. 

Khususnya laptop, tentu saja ini akan mengurangi kinerja laptop kalian atau menjadi lemot. Karena hal inilah yang akhirnya membuat seseorang terkadang malas memilih laptop yang mempunyai RAM kecil. Akan tetapi ada tips untuk menyiasati jika kalian terlanjur membeli Laptop yang mempunyai kapasitas RAM yang kecil. Kalian bisa menambah RAM kalian loh, Gaes.

Penasaran???

Tips Meningkatkan Kapasitas RAM Laptop di Semua Windows

Gaes, kalian bisa loh nambahin kapasitas RAM di laptop kalian. Carnya gampang dan tidak ribet. Mari kita cekidot. 

Beli Tambahan RAM

Kalian bisa membeli tambahan RAM jika memang perlu. Dan untuk bisa menambahkan RAM fisik di laptop kalian, kalian perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti biasanya, RAM di laptop sengaja disolder dengan motherboard oleh produsen untuk mengakali agar kalian sebagai pengguna tidak bisa meningkatkan kapasitas RAM, dan jika kalian ingin menambahkan RAM maka mau tak mau dengan cara membeli laptop baru yang mempunyai kapasitas RAM lebih besar dan pastinya lebih mahal.

Jangan panik, Gaes. Ada beberapa produsen yang tidak mensolder RAM dan memberikan tambahan slot sehingga satu slot yang kosong bisa kalian isi dengan RAM yang sudah kalian siapkan. Laptop juga ada yang punya dua slot RAM pada laptopnya tapi biasanya sudah terisi semua. Kalau demikian, maka kalian cukup menggantinya dengan RAM baru.

Cara mengganti RAM atau menambahkannya juga tidak bisa sembarangan, Gaes. Kalian harus  menyamakan jenis RAM yang ingin kalian pasang dengan RAM yang sudah ada di laptop kalian. Lainnya, kalian juga harus cek apakah ada batasan RAM yang bisa kalian tambahkan di Laptop tersebut. Misalnya kalian memasang RAM sebesar 16 GB, padahal laptop kalian hanya dapat menampung RAM sebesar 8 GB.

Oleh karena itu kalian harus mengetahui hal ini agar tidak salah nantinya. Cermati RAM yang mempunyai merk yang sama dengan yang ada di laptop kalian dan isi slot RAM di laptop kalian dengan RAM yang mempunyai kapasitas yang berbeda dengan yang sudah ada pada laptop kalian untuk mengoptimalkan kapasitas kinerja laptop kalian.

Melalui Virtual Memory

Virtual Memory merupakan memori pinjaman yang kalian pinjam dari hardisk kalian. Misalnya kalian memakai Virtual Memory ini, maka kapasitas Hardisk kalian akan otomatis berkurang. 

Kalau kalian tertarik maka ikuti langkah-langkah meningkatkan kapasitas RAM laptop dari saya ya, Gaes.

Awalnya, kalian buka Windows Explorer dengan memilih tombol windows+E di keyboard kalian, atau bisa dengan menekan Start dan klik Computer di menu yang sudah ada.

Kalau Windows explorer terbuka langsung klik kanan di Computer atau My Computer kemudian klik Properties di menu opsi.

Setelahnya akan tampil spesifikasi laptop kalian, lalu klik menu Advanced system di menu yang ada di sebelah kiri.

 

Setelah tampil tab Advanced lalu klik  Setting pada kolom performance dan akan muncul tab lagi yang berjudul performance option, klik tab advanced, dan klik pada kotak bertuliskan Change di kolom Virtual Memory.

 

Selanjutnya  hilangkan centang pada “automatically manage paging file size for all drivers”.

Kemudian pilih memory mana yang akan kalian ambil untuk menambahkan RAM kalian. Setelah itu ketikkan berapa memory yang akan kalian gunakan ketik 4000 MB untuk initial size dan 8000 MB untuk maksimal size. 

 

Setelah selesai, pilih OK dan restart laptop kalian. Selesai.

Memakai ReadyBoost

Kalian bisa memakai ReadyBoost untuk meningkatkan kapasitas RAM yang mungkin awalnya 2GB jadi 4Gb atau lebih

Yang kalian perlukan di sini adalah hardisk atau flasdisk eksternal. Dimana  dengan harddisk atau floppy eksternal tadi, virtual memory bisa diubah menjadi kapasitas RAM yang tidak terbatas. 

Bagaimana cara penggunaannya? Gampang kok.

Pertama, colokkan hardisk eksternal atau flashdisk. Otomatis akan tampil AutoPlay kalau perangkat kalian sudah terhubung. 

Selanjutnya klik Speed up my system. Klik lagi Dedicate this device to ReadyBoost agar kalian bisa mengconvert hardisk menjadi RAM. Pilih Ok. Selesai.

 

Demikian tadi tips agar meningkatkan kapasitas RAM di laptop. Kalian bisa mencobanya satu persatu.

 

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.