Tips Menjaga Instagram agar Tidak Mudah di Hack

0

Di zaman yang serba media sosial ini, siapa yang tidak mengenal Instagram? Tempat untuk berbagi momen seperti foto, video, bahkan sampai mengembangkan bisnis dapat dilakukan di Instagram. Perkembangan dunia ekonomi yang kini banyak beralih menjadi bisnis online, menjadikan Insatagram sebagai salah satu lapak untuk mengembangkan bisnis pengusaha-pengusaha tertentu. Promosi yang mudah, hingga tidak perlu membeli atau menyewa toko dapat menjadi alternatif pengusaha untuk menjadikan Instagram sebagai lapak bisnis online. Namun, tanpa disadari Instagram menjadi lahan baru bagi hacker untuk mencuri data, atau sekedar ingin melakukan penipuan terhadap pengikut akun yang di hack. Banyak publik figur atau pengusaha yang akun Instagramnya di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bahkan penipuan pun sering terjadi di dalam Instagram. Lalu bagaimana cara menjaga akun Instagram kalian agar tetap aman dari hacker?

Baca Juga: Mantan Petinggi Lenovo Masuk ke Xiaomi

 

Tips Menjaga Instagram Agar Tidak Mudah di Hack

 

1. Gunakan Password yang Sulit untuk Ditebak

Password yang mengandung unsur nama atau tanggal lahir kalian dapat menjadi sebuah perkara yang berbahaya, apalagi jika kalian adalah seorang publik figur maka hal tersebut bisa jadi penyebab akun kalian terkena hack. Jangan menggunakan password yang memiliki unsur nama kalian atau tanggal lahir. Gunakanlah password yang sulit ditebak dengan angka ataupun simbol. Contohnya seperti: Lipstick_merah987.

Jangan lupa untuk sering mengganti password, karena bisa saja ada orang yang tidak sengaja mengetahui password Instagram kalian dan diam-diam membukanya di perangkat lain.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Hasil Unduhan di Memori Eksternal

2. Kunci Akun

Untuk menghidari penyebaran informasi yang berlebihan dan sulit di kontrol, biasakanlah mengunci akun kalian agar tidak sembarangan dapat dilihat oleh orang lain dan akhirnya berujung menjadi sebuah aksi kejahatan. Dengan mengunci akun, kalian juga dapat menyeleksi akun yang kira-kira tidak mencurigakan untuk menjadi pengikut akun Instagram kalian.

3. Gunakan Two-factor Authentication

Fitur 2 faktor autentikasi adalah fitur keamanan yang paling aman untuk akun Instagram kalian, dengan fitur ini kalian akan mendapatkan notifikasi ketika ada yang masuk ke dalam Instagram kalian bahkan diri kalian sendiri. Saat ada yang login ke Instagram kalian, Instagram akan mengirimkan kode verifikasi ke smartphone kalian, jadi akun kalian akan lebih aman.

Baca Juga: Facebook Resmi Didenda Sebesar RP 70 Triliun!

4. Jangan Sembarangan Log-In di Perangkat Lain

Untuk menghindari penyalahgunaan atau hacking terhadap akun Instagram kamu, jangan sembarangan me-log in akun Instagram pada perangkat-perangkat yang berbeda. Jika memang ada keperluan yang mendesak dan mengharuskan kalian untuk me-log in akun Instagram di perangkat orang lain atau teman anda, pastikan kalian tidak lupa untuk mengeluarkan atau me-log out akun kalian kembali dari perangkat orang lain tersebut.

Baca Juga: Xiaomi Resmi Kenalkan MIUI 11

 

Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat menggunakan media sosial, berperilaku lah yang baik karena terkadang hacker datang karena perasaan sakit hati yang diberikan oleh beberapa akun yang akhirnya menjadi korban hacking. Semoga artikel ini dapat membantu untuk tetap menjaga keamanan akun Instagram kalian, terima kasih sudah menyimak!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.