Tips Menonaktifkan Action Center pada Windows 10

0

Action Center atau sering juga disebut Notification Center pada Windows 10 adalah satu di antara banyak pembaharuan yang dipunyai Windows 10 dibandingkan dengan Windows sebelumnya.

Tidak seperti Action Center yang ada pada Windows 8, notifikasi pada Windows 10 akan tetap bertahan sampai dengan kalian membersihkannya.

Hal ini adalah peningkatan besar daripada action center pada Windows sebelumnya dan Action Center pada Windows 10 ini bisa diapkai oleh semua aplikasi sehingga tentu sangat membantu, seperti halnya yang ada pada smartphone.

Hanya saja, di sisi lain Action Center ini terkadang justru sangat menjengkelkan karena notifikasi yang muncul adalah hal yang sama dan terkadang kalian tidak membutuhkan notifikasi tersebut. Contohnya, Windows mengatakan perlu melakukan scanning pada sistem sedangkan kalian ingin melakukan scanning pada lain waktu.

Baca Juga : Cara Melihat dan Menonaktifkan Last Seen di Instagram

Apabila kalian termasuk sebagai orang yang ingin menonaktifkan Action Center pada Windows 10, dibawah ini adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk mematikan Action Center Windows 10. Ada dua cara berbeda yang bisa kalian coba.

Menonaktifkan Action Center Lewat Windows Registry

Mematikan Action Center pada Windows 10 dengan memakai Windows Registry adalah cara yang mudah dan bisa dilakukan oleh hampir semua orang.

Kalian memulai dengan menjalankan Registry Editor dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan lalu ketik regedit dan klik tombol Enter.

Setelah jendela Windows Registry terbuka, arahkan pada kunci HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows\

Baca Juga : Tips Menonaktifkan Komentar di Facebook Lewat Smartphone

Sesudah kalian berada pada posisi tersebut, buatlah kunci baru dengan cara Klik Kanan pada kunci Windows. Selanjutnya pilih New lalu klik opsi Key.

READ  Posting Foto ke Instagram Sekaligus ke Medsos Lainnya

Ubah nama key baru yang kalian buat menjadi Explorer. Sesudah itu arahkan kursor tetap pada Explorer lalu klik kanan pada panel sebelah kanan. Setelahnya klik New dan tap opsi DWORD 32-bit Value untuk membuat sebuah DWORD value yang baru.

Ubah nama value tersebut menjadi DisableNotificationCenter. Ingat, tulisan harus sama persis. Secara default, nilai dari value tersebut akan berisi 0 yang berarti Action Center diaktifkan.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Google Assistant di Android

Untuk bisa menonaktifkannya, kalian segera Klik dua kali pada pada DisableNotificationCenter lalu ubah nilainya menjadi 1. Klik tombol Ok untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan.

Restart sistem Windows 10 untuk melihat perubahan yang sudah kalian lakukan dan Action Center akan dinonaktifkan.

Menonaktifkan Action Center Melalui Group Policy Editor

Di samping dengan memakai Registry Editor, kalian juga bisa mematikan Action Center dengan memakai Group Policy Editor. Caranya. Klik tombol Windows + R lalu ketik gpedit.msc dan klik Enter.

Sesudah Group Policy Editor terbuka, arahkan pada grup User Configuration, klik menu Administrative Templates, kemudian tap opsi Start Menu and Taskbar.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara Waktu

Scroll ke bawah pada panel sebelah kanan lalu cari Remove Notifications and Action Center Policy. Klik dua kali untuk membuka jendela Policy Settings. Pilih radio button Enabled dan klik OK.

Dengan begitu kalian sudah menonaktifkan Action Center pada Windows 10. Restart sistem untuk mengaktifkan perubahan yang sudah kalian buat. Apabila kalian ingin mengaktifkannya kembali, cukup ubah pengaturan Remove Notifications and Action Center menjadi Not Configured atau pilih Disabled.

Itu tadi adalah cara untuk menonaktifkan Action Center pada Windows 10. APabila kalian mengalami kesulitan atau justru menemukan cara yang lebih mudah, kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Itu tadi cara untuk menonaktifkan Action Center pada Windows 10. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.