Tips Merawat AC, Mudah!

0

AC (air conditioner) atau yang biasa disebut sebagai pendingin ruangan kini menjadi hal utama yang paling dibutuhkan untuk suatu ruangan. Indonesia dikenal dengan cuacanya yang rata-rata memiliki suhu yang panas, contohnya seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, hingga Surabaya. Cuaca yang panas membuat AC harus bekerja lebih esktra untuk mendinginkan ruangan. Bahkan tidak hanya pada cuaca panas, saat sedang hujan pun AC tetap dijalankan di dalam gedung-gedung, toko-toko, atau restoran untuk membuat suhu ruangan tetap sejuk. Pemakaian AC yang secara terus menerus tentu dapat merusak AC itu sendiri. Perlunya perawatan dan tata cara pemakaian yang benar untuk menghindari kerusakaan pada AC. Bagaimana cara merawat Ac yang baik dan benar? Berikut penjelasannya di bawah ini!

 

Tips Merawat AC, Mudah!

 

1. Memahami Ukuran PK (PaardeKracht)

Sesuaikanlah ukuran PK dengan besar ruangan yang akan kalian pasang AC. Biasanya penjual AC akan menanyakan ukuran ruangan kalian untuk memberikan saran berapa PK yang cocok untuk AC kalian. Jika ukuran PK terlalu besar untuk ruangan kalian, maka AC akan terasa sangat dingin, dan sebaliknya. Parahnya, jika ukuran PK terlalu kecil untuk ruangan pasti secara otomatis pengguna akan selalu menyetel AC dengan mode yang paling dingin dan akan cepat merusak AC karena pemakaian berat yang terus menerus.  Jadi, carilah ukuran PK pada AC yang sesuai dengan ukuran ruangan kalian.

Baca Juga: Cara Mengatasi Foto dan Video yang Hilang dari Galeri Smartphone

2. Matikan AC Ketika Tidak Digunakan

Selain untuk menghemat listrik dan menjaga lingkungan, mematikan AC saat tidak digunakan akan memberikan waktu istirahat bagi AC yang mungkin sudah lama bekerja. AC yang memiliki waktu kerja yang sesuai dan istirahat yang cukup akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: Unroot Tanpa Takut Garansi Android Hilang

3. Gunakan Timer

Terkadang saat tertidur, kita sudah tidak sadar lagi dengan keadaan sekitar termasuk dengan hembusan udara dari AC. Gunakanlah timer untuk mengatur waktu nyala dan hidupnya AC kalian agar lebih hemat energi dan AC tidak bekerja secara berlebihan.

Baca Juga: Cara Koneksi Internet Android jadi Cepat

4. Bersihkan Secara Rutin

AC tidak selamanya bersih walaupun berada di tempat yang tinggi atau sulit di jangkau. Bersihkanlah AC secara rutin agar tidak ada debu yang mengendap dan membuat AC menjadi tidak dingin. Bersihkan saringan udara dari debu-debu yang menyangkut, bersihkan evaporator, membersihkan kipas, dan melakukan service salam minimal dua bulan sekali untuk menjaga performa dari AC.

Baca Juga: Jepang Siapkan Teknologi 6G untuk Tahun 2030

5. Jangan Merokok Saat AC Sedang Dinyalakan

Selain berbahaya untuk kesehatan kalian, ternyata asap rokok juga berbahaya untuk kesehatan AC. Asap rokok dapat terserap oleh AC dan akhirnya membuat bagian dalam AC menjadi kotor. Selain itu, nikotin yang terdapat pada asap rokok dapat mengendap di evaporator yang mengakibatkan AC menjadi tidak dingin dan pengap.

 

Berdasarkan penjelasan kami diatas, apakah perawatan yang selama ini kalian lakukan untuk AC sudah benar? Semoga artikel ini dapat membantu. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.