Tips Merawat Mobil Listrik

0

Perkembangan zaman pada tahun yang modern ini semakin terlihat sangat pesat. Otomotif menjadi salah bidang yang terkena dampak perkembangan zaman. Dari mobil dengan fitur yang mewah, kecepatan yang sangat memukau, hingga sistem canggih seperti auto pilot yang memungkinkan mobil tetap berjalan seperti normal tanpa pengemudi harus meletakkan tangan pada stir mobil tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Merawat DSLR agar Tidak Mudah Rusak

Perkembangan zaman tidak pernah berhenti, begitu pun dengan teknologi otomotif yang terus berkembang dan tidak pernah berhenti. Belum selesai menciptakan mobil dengan fitur-fitur yang canggih, beberapa pabrik mobil sudah berhasil menciptakan mobil listrik untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi udara. Namun, apakah perawatan mobil listrik sama seperti merawat mobil pada umumnya? Hal apa yang perlu diperhatikan saat merawat mobil listrik? Berikut penjelasannya di bawah ini!

 

Tips Merawat Mobil Listrik

 

1. Perawatan Fisik

Perawatan yang paling penting terhadap mobil listrik adalah perawatan fisiknya. Mobil listrik memang tidak perlu mengganti oli, namun perawatan seperti spooring, pengecekan ban dan lain-lain menjadi hal yang perlu diperhatikan. Terutama untuk pengguna mobil listrik yang memakai mobil ini untuk kegiatan sehari-hari, pengecekan fisik secara rutin adalah hal yang perlu.

Baca Juga: Aktif di Media Sosial namun Tetap Ingin Hemat Kuota? Begini Tipsnya!

2. Pengecekan Software

Software adalah hal yang vital dalam mobil listrik, semua program dalam mobil listrik sebagian besar dipantau oleh software. Software juga yang akan memberikan informasi kepada pengemudi jika terjadi kesalahan atau kegagalan sistem terhadap mobil listrik, agar semuanya berfungsi secara normal dan aman maka diperlukan perawatan software untuk mobil listrik.

Baca Juga: Hapus 17 Aplikasi Ini agar Android Aman

3. Perawatan Charger dan Baterai

Mobil listrik tentu perlu menggunakan charger dan baterai sebagai pengisi sekaligus penampung daya untuk mobil tersebut. Charger yang sering digunakan, akan rentan menjadi rusak jika tidak dirawat secara baik. Jauhkan penyimpanan charger pada tempat yang berdebu, lembab, atau berhadapan langsung dengan sinar matahari karena dapat merusak charger secara perlahan dan berbahaya bagi baterai mobil listrik tersebut. Baterai juga merupakan hal yang sangat penting untuk mobil listrik, baterai ini diibaratkan seperti jantung pada mobil listrik. Jika tidak ada baterai, maka mobil tersebut tidak akan berjalan normal seperti biasanya, Hindarilah pengisian ulang baterai saat baterai tinggal sedikit atau hampir habis, karena hal tersebut tidak baik untuk performa baterai sehingga dapat menyebabkan baterai yang cepat soak.

Baca Juga: Cara Feed Instagram Keren dengan Mudah

4. Menjaga Sirkulasi Udara

Air dan kelembapan masih menjadi hal yang perlu diperhatikan saat memiliki mobil listrik. Untuk menghindari mobil lembab atau ada air yang mengendap, simpan mobil listrik kalian pada tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab. Simpan mobil listrik tersebut di dalam garasi yang memiliki sirkulasi udara yang cukup agar tidak lembab.

 

Semoga penjelasan kami di atas dapat membantu kalian yang sedang memiliki atau ingin memiliki mobil listrik. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.