TIPS Merawat SMARTPHONE untuk GAMING

0

Smartphone Android, seiring perkembangan zaman tidak hanya dipakai untuk komunikasi, tetapi juga untuk bermain game. Banyaknya spesifikasi smartphone yang makain hari makin meningkat, plus makin banyaknya pula game menarik dari segala genre yang bisa kalian download gratis di Play Store maupun App Store membuat banyak pengguna smartphone gaming paling tidak pasti punya satu game untuk dimainkan di smartphone kalian.

Akan tetapi, ternyata masih ada para gamers yang tidak tahu bagaimana cara merawat smartphonenya.

Saat ini banyak orang yang bisa menghabiskan waktunya berjam-jam untuk main game di smartphone. Hal inilah yang selanjutnya memunculkan banyak masalah di smartphone kalian.

Bagi kalian yang suka main game lewat smartphone, di bawah ini ada beberapa tips ampuh agar smartphone jadi awet meski kalian sering memakai untuk gameing berjam-jam tanpa henti atau jeda.

Gunakan Slealu Charger Original

Kalau smartphone kalian kehabisan baterai untuk bermain game berjam-jam, pakailah charger yang original, bawaan dari pabrik smartphone kalian untuk melakukan proses pengisian baterai kalian.

Ini dilakukan semata-mata karena charger bawaan pasti sudah disetting sedemikian rupa dan sesuai dengan kebutuhan daya listrik smartpohone kalian.

Jangan pernah tergoda memakai charger palsu maupun powerbank abal-abal yang bisa merusak smartphon kalian ya.

 

Jangan Nyalakan Smartphone Setelah Mati Total

Saat kalian tidak memperhatikan peringatan kapasitas baterai yang menisi dan terus saja bermain game, kemungkna besar smartphone kalian nanti akan mati secara tiba-tiba padahal kalian sedang asyik main game.

Banyak orang umumnya melakukan proses pengisian baterai dengan terus menghidupkan smartphone dengan harapan kalian bisa melanjutkan permainan yang tadi secara cepat.

Gaes, jangan cepat-cepat menyalakan smartphone ya kalau smartphone kalian baru saja dicolok dan di layar masih ada tulisan angka 1%.

Smartphone kalian bisa saja gagal booting dan membuat smartphone kalian jadi looping terus menerus, serta jadi makin membutuhkan waktu leboh lama agar menampilkan layar utama smartphone.

Biarkan dulu smartphone paling tidak terisi 10% baterai.

 

Jaga Suhu Smartphone

Para pengguna smartphone saat ini dimanjakan dengan berbagai game yang membuat smartphone harus bekerja lebih ekstra lagi saat kalian para pengguna smartphone memainkan game-game tersebut.

Hal ini pastinya jadi membuat smartphone lebih cepat panas dari biasanya. perubahan suhu smartphone pasti akan terlihat sangat jelas ketika kalian bermain game, karena bersentuhan langsung dengan tangan kalian.

Saat smartphone sudah terasa panas, sebaiknya segera hentikan main gamenya dulu, dan biarkan smartphone cooling down terlebih dulu.

Kalian juga bisa menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan di background demi mengurangi load processor smartphone. Hal ini dilakukan untuk mencegah smartphone kalian jadi panas.

 

Rajin Bersihkan Chache

Cache adalah file sampah dari aplikasi ata pun game yang perlu kalian bersihkan sering-sering. Semua dilakukan agar tidak menggangu pekerjaan RAM smartphone kalian.

RAM yang penuh bisa mengurangi performa smartphone saat kalian memakai untuk game atau online untuk browsing atau membuka aplikasi yang lainnya.

Hapuslah file chache di smartphone kalian di setiap aplikasi secara teratur dan kontinyu agar RAM jadi leboh fresh dan bisa loading game dengan leboh baik.

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu kalian merawat smartphone meski sering kalian pakai untuk bermain game. 

Ikuti terus perkembangan teknologi dan jangan ketinggalan berita artikel atau tips terbaru yang bisa membuat hari kalian lebih bahagia.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.