Tips Merekam Video Call WhatsApp

0

WhatsApp menjadi aplikasi yang kini sudah wajib dipakai setiap orang. Ia menghadirkan banyak layanan yang mudah dimengerti dan  digunakan oleh berbagai kalangan. Fitur dan layannya beragam. Salah satunya adalah layanan Video Call.

Video call sendiri menjadi satu fitur yang ada di hampir semua platform media sosial dan chatting. Dengan video call, kalian bisa menghubungi seseorang dalam bentuk video dan saling bertatap muka.

Di samping itu, kalian juga tidak dikenakan biaya layanan sama sekali saat menikmati fitur video call di whatsapp. Kalian bisa melakukan video call kapan saja dan dimana saja.

Yang disayangkan, fitur video call ini tidak memberikan fitur untuk merekamnya. Hanya saja bukan berarti ini tidak mungkin untuk dilakukan

Kalau kalian ingin merekam aktivitas dari video call di whatsapp, maka kalian harus membaca semua artikel ini sampai habis. Karena saya akan mengupasnya satu persatu.

Tips Merekam Video Call WhatsApp Tanpa Aplikasi

Layanan  video call WhatsApp di smartphone kalian bisa direkam, Gaes. Iya, tanpa bantuan aplikasi tambahan. Ini disebabkan sebagian smartphone android terbaru sudah mempunyai fitur perekam layar sendiri.

Kalau kalian tidak menemukannya di smartphone kalian, bisa memakai fitur pencarian aplikasi di smartphone kalian. Saat kalian sudah melakukan video call, kalian bisa mengaktifkan perekaman layar smartphone android kalian.

Dengan demikian, kalian sudah berhasil merekam video call di whatsapp tanpa bantuan aplikasi. Tetapi, kalau tidak ada fitur perekam di smartphone kalian, kalian bisa baca artikel ini untuk mencari tips merekam video call di WhatsApp.

Aplikasi Perekam Video Call WhatsApp Android

Ketika smartphone android kalian tidak ada fitur perekam layar, atau kalian tidak cocok dengan aplikasi perekam yang ada di smartphone android, kalian bisa mencoba beberapa aplikasi yang akan saya bagikan untuk alternatif merekam video call di whatsapp.

Baca Juga : Cara Menonton Video Berurutan di VLC

Sebagai catatan, semua aplikasi untuk merekam layar android di bawah ini gratis ya, Gaes. Bahkan beberapa aplikasi sudah memberikan fitur edit video yang bisa dipakai untuk editing video.

DU Recorder

DU Recorder mampu merekam layar android dan langsung mengeditnya. DU Recorder juga memberikan opsi pengaturan jumlah FPS (maksimal 60 FPS), resolusi video (maksimal 1080p), dan opsi kualitas video.

Cara merekam video call whatsapp dengan DU Recorder yang pertama adalah dengan menginstal aplikasi DU Recorder dahulu di PlayStore / APKPure.

Setelah download selesai, buka aplikasinya dan akan tampil ikon aplikasi di pojok. Klik ikon tadi saat kalian melakukan video call whatsapp.

Ketika disentuh, aplikasi akan memulai untuk merekam. Sedangkan untuk berhenti, klik stop atau tanda silang dan secara otomatis hasil perekaman akan tersimpan di penyimpanan smartphone.

Az Screen Recorder

Hal yang harus kalian lakukan adalah install aplikasi Az Screen Recorder di smartphone dahulu. Kemudian buka aplikasi tersebut untuk mengaktifkannya.

Setelah aplikasi sudah aktif, maka akan tampil ikon di layar smartphone kalian. Selanjutanya untuk memulai perekaman, klik ikon lalu klik tombol yang berwarna merah dengan ikon kamera.

Saat kalian ingin berhenti, buka panel pemberitahuan dan klik Stop. Hasil video perekaman akan secara otomatis tersimpan di galeri smartphone.

Tips Merekam Video Call WhatsApp di iPhone

Bagi kalian para pengguna  iPhone, kalian tidak perlu bantuan aplikasi tambahan. Ini karena iPhone di iOS 11 telah memberikan fitur perekaman layar secara bawaan. 

Cara pengoperasiannya adalah, pertama-tama kalian buka menu Pengaturan di iPhone. Lalu scroll ke bawah dan masuk ke opsi menu Control Center.

Setelah masuk ke Customize Controls, kemudian masukkan Screen Recording ke atas atau Include.

Untuk mulai mereka layar, kalian cukup gesek layar ke atas untuk membuka control panel. Berikutnya tekan fitur Screen Recording dan dalam hitungan waktu 3 detik layar iPhone akan mulai direkam. Jika kalian merasa cukup atau ingin berhenti, segera klik tombol stop. Selesai.

Demikianlah artikel dari saya tentang tips merekam video call dari WhatsApp yang bisa kalian pakai baik untuk android atau pun  iPhone.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.